1 Kwintal Berapa Kg – Rumus, Cara Hitung, Contoh Soal

Posted on

Rumusbilangan.com– Pembahasan lengkap mengenai 1 kwintal berapa kg. Pengertian, rumus, dan cara menghitung kwintal ke kilogram dan beberapa contoh soal beserta pembahasannya.

Hallo sahabat… Pada bab ini, kita akan melanjutkan kembali pembahasan kita mengenai satuan berat yang mana dalam hal ini tentang Kwintal dan Kg dan menjawab pertanyaan: 1 Kwintal ada Berapa Kg?

Untuk itu pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertiannya terlebih dahulu kemudian selanjutnya akan diakhiri dengan Contoh Soal dilengkapi dengan Pembahasannya. Untuk itu, yuk disimak terus artikel ini ya …

1 kuintal berapa kg?
1 kuintal berapa kg?

Pengertian Kwintal

Kuintal merupakan satuan unit massa yang banyak digunakan di banyak negara. Kwintal adalah  satuan berat untuk benda yang memiliki berat 100 kilogram.

Satuan kwintal biasa digunakan untuk benda yang biasa ditimbang dalam jumlah yang banyak. Satuan kuintal merupakan satuan yang masuk kedalam kategori definisi berat.

Dalam ukuran yang biasa digunakannya, kuintal berada di bawah ukuran ton. Ton sendiri ialah ukuran untuk berat yang paling tinggi.

Contoh Barang – Barang Yang Biasa Di Nyatakan Dalam Kwintal

Satuan kuintal banyak dipakai untuk menyatakan sebuah jumlah barang komoditi tradisional. Beberapa macam benda atau barang yang umum memakai sebah satuan kuintal ialah bisa dilihat dibawah sebagai berikut:

Hasil dai bumi misal = kedelai, padi, lada, teh, sayur-sayuran, buah-buahan dan lain-lain.
Hasil dari laut misal = ikan, udang, cumi, rumput laut, kerang dan lain-lain.
Hasil dari hutan misal= damar, kayu manis, karet, sawit dan lain-lain.

Baca Juga :   1 inch berapa cm? Cara Menghitung Inch ke Cm dan Contoh Soal

Pengertian Kilogram (Kg)

Kg ialah kepanjangan dari Kilogram adalah merupakan satuan massa (berat) yang resmi dalam sistem satuan internasional (SI).

Kg juga merupakan simbol yang di gunakan untuk menandakan kilogram. Satuan kilogram diturunkan dari satuan dasar untuk berat dalam satuan internasional (SI) yaitu gram.

Satuan-satuan massa lainnya yang berdasar gram antara lain ialah:

  • Milligram (mg)
  • Centigram (cg)
  • Decigram (dg), dan seterusnya.

Konversi satuan berat kilogram ke satuan satuan internasional (SI) populer antara lain ialah sebagai berikut:
1 kg = 106 mg (milligram)
1 kg = 105 cg (centigram)
1 kg = 104 dg (decigram)

1 kg = 1.000 g (gram)
1 kg = 100 dag (decagram)
1 kg = 10 hg (hectogram)

1 kg = 10-6 ton

Dalam bidangnya, kuintal memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada Kg. Karena keduanya adalah merupakan sama-sama satuan yang berasal untuk massa, maka konversinya akan menjadi lebih mudah.

Perlu diingat dan diperhatikan bahwa kuintal bukanlah satuan internasional. Kuintal hanya digunakan di beberapa negara saja, contohnya di Indonesia salah satu negara yang menggunakan kata kuintal tersebut.

Penghitungan Kuintal ke Kg

Untuk menghitung nilai kuintel ke Kg tersebut, tentu saja sangat mudah. Namun perlu juga kita pahami bahwa 1 kuintal yang dikonversikan ke dalam kg akan menjadi sebuah patokan kita untuk menghitung sebuah konversi yang sama meskipun bilangannya berbeda.

Kunci dasar untuk hal ini ialah 1 kuintal = 100 kg. Angka tersebut merupakan angka yang banyak. Dengan memahami hukum tersebut, maka kita dapat memulai mempraktekan dengan menggunakan bilangan lain.

Mengapa perlu berlatih menghitung angka kuintal ke Kg ini? Karena kemungkinan besar hal ini akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari kita nantinya. Untuk melatihnya, kita sebenarnya cukup untuk mengalikan bilangan kuintal tersebut dengan angka 10 saja. Meskipun begitu, latihan tetap diperlukan.

Baca Juga :   Penjelasan Rumus Phytagoras Dan Contoh Soal Serta Pembahasannya

Rumus – Rumus Menghitung dari Kuintal Ke Kg

Rumus dari kintal ke Kg ialah :

..Kuintal x 100 = ….Kg

Contoh Soal dan Pembahasannya

1. Ada sebanyak 7 kuintal padi dan ingin dikonversikan menjadi kg?

Maka, sesuai kunci di atas, yaitu 7 kuintal dikalikan dengan 100. Hasilnya ialah 700. Sehingga 7 kuintal padi apabila dikonversikan menjadi kg menjadi sebanyak 700 kg.

atau sederhananya: Rumus: … kuintal x 100 = … kg

Maka: 7 kuintal padi x 100 = 700 kg

2. Terdapat 4,8 kuintal beras ingin diubah menjadi ukuran kg. Maka, pengukurannya pun sama seperti diatas, yaitu: menggunakan hukum dasar 1 kuintal berapa kg seperti diatas.

Maka, silahkan kalikan 4,8 dengan nilai 100. Maka kita akan mendapatkan hasilnya yaitu: 480.

Sehingga nilai 480 ini adalah nilai yang akan menjadi jawaban konversi dari kuintal ke kg tersebut.

Penghitungan sederhananya: Rumus: … kuintal x 100 = … kg

Maka: 4,8 kuintal padi x 100 = 480 kg

Demikianlah pembahasan kita mengenai 1 Kuintal berapa Kg?. Semoga dapat memberikan manfaat …

Artikel Terkait :