1 Meter Berapa Cm – Rumus, Cara Hitung Meter ke CentiMeter

Posted on

Rumusbilangan.com- Bab ini akan mengupas tuntas materi tentang 1 Meter Berapa Cm – Pengertian, Rumus, Cara Hitung Meter ke CentiMeter dan Contoh Soal serta Pembahasannya.

Hallo sahabat… ketemu lagi. Hari ini kami akan mengajak sahabat semua kembali membahas materi-materi matematika yang mudah dan menyenangkan.

Pada bab kali ini, kita akan membahas materi tentang 1 Meter Berapa Cm? meliputi Pengertian dan Contoh Soal serta Pembahasannya. Untuk yuk simak terus artikel ini ya, dan jangan lupa di share apabila pembahasan ini bermanfaat …

Pengertian Meter

Meter ialah satuan dasar untuk ukuran panjang dalam sistem Satuan Internasional (SI). Satuan ini didefinisikan sebagai suatu jarak yang ditempuh di dalam perjalanan cahaya di ruang hampa (vakum) selama 1/299.792.458 detik.

Simbol satuan meter disingkat menggunakan simbol huruf m. Meter biasa ditulis sebagai metre dalam bahasa Inggrisnya, atau meter dengan ejaan Amerikanya.

Asal – Usul Meter

Pada awalnya, Meter ditetapkan oleh Akademi Sains Perancis (Académie des sciences) sebagai 1/10.000.000 jarak sepanjang sebuah permukaan Bumi dari Kutub Utara sampai ke Khatulistiwa melalui meridian Paris pada tahun 1791, dan pada 7 april 1795 perancis yang menggunakan meter sebagai jarak resmi untuk panjangnya.

Ketidakpastian didalam sebuah pengukuran jarak tersebut menyebabkan Biro Berat dan Ukuran Internasional (BIPM – Bureau International des Poids et Mesures) menetapkan 1 meter sebagai jarak antara dua garisan pada batang platinum-iridium yang disimpan pada Sevres, Perancis sekitar pada tahun 1889.

Pada tahun 1960, ketika laser mulai diperkenalkan, Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran (Conférence Générale des Poids et Mesures/CGPM) ke-11 mengganti definisi meter sebagai 1.650.763,73 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranye-merah atomkrypton -86 didalam sebuah ruang hampa (vakum).

Baca Juga :   Persamaan Nilai Mutlak Satu Variabel Beserta Contoh Dan Cara Menyelesaikannya

Kemudian pada tahun 1983, BIPM menetapkan sebuah meter sebagai jarak yang dilalui cahaya melalui vakum pada 1/299.792.458 detik (kecepatan cahaya ditetapkan sebesar 299.792.458 meter per detik).

Oleh karenanya kecepatan cahaya dalam vakum ialah sama di manapun saja, definisi ini lebih universal atau menyeluruh dibandingkan dengan jarak ukur lilit bumi atau panjang batang logam tertentu.

Oleh karena itu, apabila batang logam itu hilang atau musnah, maka panjang meter standar masih dapat diulangi dalam laboratorium manapun. Selain itu ia secara teori dapat diukur juga dengan lebih tepat dibandingkan dengan ukuran yang lainnya.

Pengertian Cm

Sentimeter atau Centimetre adalah sebuah unit satuan internasional yang menyatakan sebuah panjang, seperseratus dari satu meter, sepersepuluh dari satu desimeter dan sepuluh  milimeter dari 1 meter.

Sentimeter biasa disimbolkan dengan hurum Cm.

Konversi Meter ke cm

Setelah kita mempelajari tenang pengertian baik meter maupun sentimeternya, selanjutnya kita bahas tentang konversi atau merubah dari meter ke cm.

Perhatikan gambar berikut:

1 Meter Berapa cm
1 Meter Berapa cm

Seperti kita ketahui dari gambar diatas, bahwa letak kedua satuan ini yaitu meter dan sentimeter berada dalam satu tangga satuan panjang.

Namun posisi meter lebih tinggi dua tingkat dari pada sentimeter. Dalam pengukuran atau konversi manapun, ketika satuan yang akan dikonversikan ternyata lebih tinggi posisinya, maka caranya ialah dikalikan. Dan sebaliknya, ketika satuan yang akan dikonversikan ternyata lebih rendah posisinya, maka caranya ialah dibagikan.

Hal ini pula berlaku untuk konversi dari bilangan meter ke cm.

Oleh sebab dari meter ke centimeter berjarak dua tangga, maka dalam konversinya dikalikan dengan bilangan 100. Sehingga ketika Anda ingin menemukan jawaban 1 meter ada berapa cm, maka Anda tinggal mengalikannya dengan angka 100 tersebut.

Baca Juga :   Bilangan Berpangkat Pecahan - Pengertian, Sifat, Rumus, Contoh Soal

Sehingga dapat diketahui hasilnya bahwa setiap 1 meter mewakili 100 centimeter.

Contoh yang lainnya akan yaitu sebagai berikut:

Apabila kita ingin mengonversikan 5 meter menjadi bilangan centimeter, maka kita hanya mengalikannya dengan bilangan 100. Bilangan 5 dikali dengan 100 ialah 500. Dengan demikian, 5 meter apabila dikonversikan menjadi centimeter adalah 500 cm.

Hal tersebut juga berlaku pada bilangan decimal.

Sebagai percontohan ialah bilangan 0,20 meter akan dikonversikan menjadi centimeter. Maka, kits hanya mengalikan angkanya 0,20 tersebut dengan angka 100. Hasil dari 0,20 dikalikan dengan 100 ada 20. Sehingga nilai 0,20 meter itu setara atau sama dengan 20 centimeter.

Maka dengan demikian, setiap bilangan meter yang akan dikonversikan menjadi centimeter haruslah dikalikan dengan bilangan 100.

Hal ini disebabkan setiap turun satu tingkat dikalikan bilangan 10. Apabila bilangan yang dimaksud ialah bilangan decimal, maka perlu ketelitian yang lebih lanjut.

Maka, Jawaban dari sebuah pertanyaan dalam judul: 1 meter berapa cm jawabannya yaitu: 100 cm

Rumus Perhitungan / Konversi dari Meter Ke Cm

 …meter x 100 = ….cm

Contoh Soal dan Pembahasannya

  1. Sebuah penggaris memiliki panjang 10 meter. Hitunglah jika bilangan meter tersebut dikonversi ke cm?

Pembahasannya:

Diketahui: 1 meter = 100cm

Rumus: meter x 100 = ….cm

Maka: 10m x 100 = 1000cm

Maka, hasilnya adalah 1000cm

2. Sebuah tembok diketahui tingginya sekitar 25m. Berapakah jumlahnya manakala tinggi tembok tersebut dikonversi ke cm?

Pembahasannya:

Diketahui: 1m = 100cm

Rumus: meter x 100 = …cm

Maka: 25m x 100 = 2500cm

Maka, hasilnya adalah 2500cm

Demikianlah pembahasan kita mengenai 1 meter berapa cm?. Semoga dapat memberikan manfaat ya ….

Artikel Terkait :