4 Contoh Paragraf Deskripsi

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi – Didalam sebuah karya tulis didalam pelajaran Bahasa Indonesia, kalian pasti dipertemukan dengan Paragraf. Paragraf dibagi menjadi beberapa jenis salah satunya adalah Paragraf Deskripsi. Apa yang dimaksuda dengan Paragraf Deskripsi?

Untuk mempersingkat waktu yuk kita simak pembahasan tentang Paragraf Deskripsi dan hal-hal terkait didalamnya.

4 Contoh Paragraf Deskripsi

Definisi Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menjelaskan sebuah objek secara rinci, sehingga seorang pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sebuah objek tersebut. Objek yang dipakai didalam paragraf deskripsi biasanya berupa Orang, Benda, atau objek yang lainnya, yang bisa dilihat dengan panca indera.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri yang ada didalam Paragraf Deskripsi yaitu, sebagai berikut ini :

  • Paragraf ini memakai beberapa bentuk kata sifat di dalamnya.
  • Deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan objek secara rinci.
  • Melibatkan fungsi dari panca indera didalam mendeskripsikan sebuah objek.
  • Paragraf ini selalu menyebutkan ciri-ciri dari objek tersebut mulai dari, Bentuk, Warna, Ukuran dan lain sebagainya.
  • Ketika mulai membaca, pembaca seolah-olah dapat melihat objek tersebut.

Macam-macam Paragraf Deskripsi

  1. Deskripsi Objektif yaitu paragraf deskripsi yang didalam sebuah penggambaran, objeknya tidak diikuti dengan opini sang penulis.
  2. Deskripsi Subjektif yaitu paragraf deskripsi yang didalam sebuah penggambaran, objeknya diikuti dengan opini sang penulis.
  3. Deskripsi Spasial yaitu paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara rinci khususnya didalam bentuk ruangan, benda,atau tempat.
  4. Deskripsi Waktu yaitu paragraf yang dijelaskan berdasarkan waktu dari suatu peristiwa cerita tersebut.
Baca Juga :   Contoh Hikayat

Contoh Paragraf Deskripsi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh Paragraf Deskripsi dengan berbagai macam tema yaitu, sebagai berikut ini :

Contoh Paragraf Deskripsi 1 : Tentang Sekolah

Sudah hampir tiga tahun aku duduk dibangku sekolah SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Sekarang aku sudah masuk ke kelas XII, aku mengambil sebuah jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Sekolahku merupakan salah satu sekolah yang cukup terkenal di wilayah ku. Sekolahku ini terdiri dari beberapa gedung dengan di beri warna kuning yang tidak terlalu mencolok. Gerbang masuknya saja mempunyai tinggi hampir 2 meter lebih yang dilenggkapi dengan besi runcing diatasnya. Ketika hendak memasuki gerbang sekolah, kendaraan dari para guru dan murid sudah terlihat berjara di bawah pohon beringin yang besar. Pohon beringin tersebut ada disetiap sekolah karena merupakan lambang sebuah Koperasi.

Contoh Paragraf Deskripsi 2 : Tentang Hewan

Merak Hijau merupakan salah satu jenis merak yang sangat unik yang terdapat di beberapa daerah. Sesuai dari namanya, merak ini memiliki warna bulu hijau dan cantik, Merak hijau jantan akan memiliki warna bulu yang sedikit lebih cerah dibandingkan dengan merak betina. Selain itu juga, warna bulu merak jantan lebih keemasan dibandingkan dengan merak betina yang bulunya lebih keabu-abuan. Selain warna bulunya yang berbeda antara jantan dan betina, ukuran dari tubuh merak jantan pun berbeda dengan betina. Merak jantan memiliki tubuh yang sedikit lebih besar, memiliki jambul, serta memiliki bulu ekor yang sangat panjang dan berpola seperti mata yang membuat burung merak terlihat semakin indah.

Contoh Paragraf Deskripsi 3 : Tentang Lingkungan Sekitar

Lingkungan daerah perkampungan ku masih sangat begitu asri karena belum tercemar oleh kendaraan yang lalu lalang. Daerah Perkampunganku masih terdapat pohon-pohon yang rindang tumbuh di hampir semua sudut jalan, serta aku masih menemukan udara segar dan mencium aroma tanah yang masih ada di kampung ku. Suara-suara dari kicau burung dan sebuah kokokan ayam masih saja sering terdengar ketika pagi sudah menyapa. Dimalam hari, terang dengan pancaran sinar kunang-kunang yang bermunculan dan menghiasi malam di kampung ku. Sayangnya, suasana kampung yang indah dan damai ini harus kutinggalkan, karena aku harus kembali ke Ibu Kota untuk bekerja seperti biasanya.

Baca Juga :   Pengertian Ikhtisar, Ciri, Fungsi Dan Kegunaan Serta Contoh-Contohnya

Contoh Paragraf Deskripsi 4 : Tentang Makanan Daerah

Dendeng Balado merupakan salah satu makanan yang khas dari daerah Sumatera Barat. Makanan berbahan dasar dari daging sapi yang sudah dipotong tipis dan permukaannya yang melebar. Kemudian daging tersebut dijemur di bawah sinar matahari yang sangat terik, hal ini dilakukan supaya daging sapi memiliki tekstur yang kering. Setelah selesai dijemur daging sapi akan melalui proses penggorengan sampi daging tersebut kering dan matang. Selanjutnya daging yang sudah matang akan diberi bumbu balado yang terbuat dari bahan yang terdiri dari cabai dan bumbu-bumbu lainnya. Bumbu balado tersebut akan menciptakan warna dendeng yang kemerahan, tekstur daging yang sangat kering, serta perpaduan dari bumbu balado tersebut akan menciptakan cita rasa yang gurih dan pedas saat Dendeng Balado disantap.

Sekian ulasan dari Contoh Paragraf Deskrisi secara Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Terimakasih

Baja Artikel Terkait :