Alat Musik Melodis

Posted on

Alat Musik Melodis- Pengertian, Gambar, Contohnya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini penulis akan berbagi ilmu mengenai sebuah alat musik melodis. Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai pengertiannya dan beberapa contoh – contohnya.

Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya di bawah berikut ini !

Pengertian Alat Musik Melodis

Pengertuan alat musik melodis ialah sebuah alat musik yang bisa membunyikan sebuah melodi dalam sebuah lantunan lagu. akan tetapi pada umumnya alat musik melodi ini tidak dapat memainkan kord secara sendirian.

Itu artinya, bahwa alat musik ini bisa menghasilkan sebuah nada atau notasi seperti nada : Do, Re, Mi, dan seterusnya yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh alat musik ritmis dan juga alat musik harmonis. Alat musik melodis ini juga dapat diartikan sebagai suatu alat musik yang mempunyai sebuah irama atau nada. Biasanya fungsi dari sebuah alat musik melodis ini adalah untuk mengatur sebuah nada di dalam sebuah lagu ataupun juga musik.

Ada banyak sekali macam jenis alat musik melodis ini yang mana bisa kita temukan, yakni mulai dari yang sifatnya tradisional maupun juga yang sifatnya modern. Namun ada beragam jenis alat musik tersebut juga dapat digolongkan berdasarkan pada cara memainkan alat musik tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa jenis alat musik melodis menurut cara memainkannya yang bisa kalian ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Dipetik, contohnya adalah seperti kecapi, mandolin, gitar dan sasando.
  2. Ditiup, contohnya adalah seperti pada alat seruling dan pianika.
  3. Ditekan, contohnya adalah seperti pada alat akordion dan piano.
  4. Digoyang, contohnya adalah seperti pada alat angklung.
  5. Digesek, contohnya adalah seperti pada alat biola.
  6. Dihisap, contohnya adalah seperti pada alat harmonika.
Baca Juga :   Kamus Arab Indonesia Online

Contoh – Contoh Alat Musik Melodis

Setelah kita memahami tentang pengertian mengenai alat musik melodis. Selanjutnya mari kita pahami beberapa macam contoh alat musik melodis ini lengkap dengan gambarnya yakni sebagai berikut :

1. Alat Musik Akordeon

Alat musik Akordeon ini adalah sebuah  alat musik sejenis mirip organ dengan bentuk yang lebih kecil lagi. Akordeon ini bisa dimainkan dengan cara digantungkan di badan ataupun ditopang di badan. Tentunya mungkin akan sangat melelahkan apabila kalian bermain dengan durasi yang cukup lama sebab beratnya alat musik ini.

Alat musik akordeon ini cara memainkannya yakni pemain bisa menekan pada tombol – tombol akor dengan menggunakan jari – jarinya yakni jari pada tangan kiri dan tangan yang kanan bisa memainkan melodi untuk mengiri lagunya, namun apabila sudah bisa atau ahli, maka umumnya cara menggunakan tangannya bisa secara bergantian.

Kemudian suara yang bisa di hasilkan dari alat musik ini yakni berasal dari pergerakan udara yang di salurkan kedalam lidah – lidah akordeon. Udara ini dapat timbul dari pada gerakan tangan pemain yakni berupa dorongan dan tarikan.

2. Alat Musik Angklung

Alat musik ini bernama Angklung yang merupakan salah satu jensi alat musik tradisional dari Jawa Barat dan sampai saat ini alat musik masih banyak bisa kita temukan permainannya.

Alat musik tradisional ini bisa dimainkan dengan cara digoyang – goyang. Dan suara yang dihasilkan dari pada alat musik Angklung ini memak tidak begitu unik, namun jika di mainkan secara berkelompok maka akan menghasilkan sebuah alunan musik yang sangat indah sekali.

Angklung ini bisa di padukan dengn alat musik modern lainnya seperti dipadukan dengan alat musik keyboard, drum, gitar listrik dan lain sebagainya.

ALat musik angklung ini sangat terkenal hingga ke luar Indonesia. Berikut di bawah ini adalah 15 macam jenis angklung yang sudah di kenal di seluruh dunia yaitu sebagaiberikut :

  1. Jenis Angklung Padaeng
  2. Jenis Angklung Sarinande
  3. Jenis Angklung Badeng
  4. Jenis Angklung Buncis
  5. Jenis Angklung Dogdog Lojor
  6. Jenis Angklung Badud
  7. Jenis Angklung Bungko
  8. Jenis Angklung Toel
  9. Jenis Angklung Sri Murni
  10. Jenis Angklung Kanekas
  11. Jenis Angklung Reog
  12. Jenis Angklung Banyuwangi
  13. Jenis Angklung Bali
  14. Jenis Angklung Gubrag
Baca Juga :   Contoh Soal Skala

3. Alat Musik Biola

Biola adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara digesek – gesek dengan menggunakan alat gesek atau disebut bow yang mana yang terbuat dari bahan sintetis atau juga bisa dari bahan rambut kuda asli.

Biola ini bisa menghasilkan suara yang sangat merdu sehingga banyak yang menyukai alat musik ini

Seoarang pemain biola biasanya akan menggunakan pakaian jas hitam sehingga tampak elegan.

Biasanya pemain biola akan menggunakan tangan kirinya untuk menekan senarnya dan tangan kanannya untuk menggesek, atau juga dapat dibalik jika si pemain biola tersebut adalahkidal.

4. Alat Musik Bonang

Jenis alat musik melodis yang bernama bonang ini adalah jenis alat musik tradisional yang pada bagian tengahnya terdapat tonjolan yang berbentuk bundar, dan secara sekilas Bonang ini mirip dengan alat musik yang bernama Gong yang ditidurkan.

Alat musik Bonang itu sendiri dimainkan dengan cara yakni bisa dipukul menggunakan alat pukul yang khusus.

Alat musik bonang ini berfungsi sebagai penuntun dan juga pembawa melodi atau juga bisa sebagai pembatas nada yang nantinya akan datang.

5. Alat Musik Calung

Calung adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat dan sudah lama berkembang di masyarakat.

Nada tangga pentatonik adalah jenis nada yang di hasilkannya.

Calung masuk ke dalam kategori sebagai alat musik idiofon atau juga alat musik yang dapat menghasilkan suara dari vibrasi dalam alat musik itu sendiri, sama hal seperti pada cara memainkan alat musik Triangle.

Berikut ini adalah beberapa nama calung yang sudah dikenal di tengah – tengah masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Calung rantay
  2. Calung Banyumas
  3. Calung jinjing

Semua jenis calung di atas memiliki perbedaan masing -masing.

6. Alat Musik Gitar

Alat musik melodis yang satu ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dengan tampilan yang bisa dibilang sangat fleksibel serta cocok untuk membawakan lagu – lagu hampir dari seluruh genre.

Baca Juga :   Soal Tema 6 Kelas 3

Gitar dapat dimainkan dengan cara mengambil sikap berdiri ataupun juga dengan sikap duduk tergantung pada kenyamanan dan keadaan.

Seorang pemain gitar umumnya biasa dikenal dengan istilah sebutan Gitaris atau piun guitarist. Di dalam sebuah band, gitaris adalah salah satu posisi yang sangat paling banyak menarik perhatian penontonnya.

Gitar juga dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mengiringi sebuah alat musik tradisional, musik-musik yang ada di Indonesia juga masih dominan menggunakan alat musik petik jenis ini.

Teknik bermain alat musik gitar ini juga bermacam-macam, butuh waktu sampai bertahun-tahun untuk menguasai model permainan alat musik gitar yang satu ini.

7. Alat Musik Harmonika

Alat musik melodis jenis Harmonika ini bisa menghasilkan sebuah suara dari tiap hembusan dan tarikan udara yang mana berasal dari mulut sang pemain harmoni ini.

Lubang yang ada pada jenis alat musik harmonika ini hanya mempunyai jarak yang hampir berhimpitan, hal inilah yang dapat membuat permainannya menjadi sangat sulit dan tidak mudah.

Di negara Indonesia sendiri, jenis permainan Harmonika ini sering dipopulerkan oleh salah satu musisi terkenal dan yang bisa dibilang sangat  melegenda yaitu seorang musisi yang bernama Iwan Fals seperti di dalam lagunya yang berjudul yaitu : “Ujung Aspal Pondok Gede”.

Keindahan dari suara yang dihasilkan oleh alat musik harmonika ini dan teknik permainan harmonika ini juga tergantung dari pemainnya, semakin baik dan akurat dalam memainkannya, maka akan semakin baik juga permainan yang bisa dihasilkan.

Demikianalh pembahasan makalah tentang Alat Musik Melodis lengkap dengan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat ….

Baca juga: