Anatomi Tubuh Manusia

Posted on

Anatomi Tubuh Manusia – Hallo Guys! Kita balik lagi nih dengan segudang pembahasan, pada kesempatan hari ini kita akan mengulas tentang Anatomi Tubuh Manusia secara detail. Apa sih Anatomi Tubuh itu? Membicarakan tentang Anatomi Tubuh Manusia tentunya kalian pasti langsung tertuju dengan Sistem Organ Tubuh Manusia.

Anatomi Tubuh Manusia

 

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama sama penjelasan Anatomi Tubuh Manusia dibawah ini.

Pengertian Anatomi

Anatomi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata ana’ dan tome. Ana berarti mengurai, sedangkan tome berarti memotong. Jadi, secara keseluruhan anatomi (anatome) bisa diartikan dengan membedah. Secara Ilmiah, anatomi mempunyai pengertian, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia.

Struktur Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Anatomi Tubuh Manusia merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia. Tubuh Manusia terdiri dari Sel, Jaringan, Organ, dan suatu Sistem Organ. Sistem Organ adalah suatu bagian yang menyusun tubuh manusi.

Di dalam sistem oragan terdapat berbagai macam jenis organ, yang mempunyai struktur dan fungsi khusus. Masing-masing dari suatu sistem organ saling berhubungan satu sama lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Antomi Tubuh Manusia terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem rangka

Tubuh Manusia didukung oleh Sistem Rangka, yang tersusun dari 206 tulang yang terhubung oleh sebuah Tendon, Ligamen dan juga Tulang Rawan. Tulang ini disusun oleh suatu Kerangka Aksial dan Kerangka Apendikular. Kerangka Aksial terdiri dari 80 tulang yang ada di sepanjang tubuh manusia. Kerangka Aksial tersusun dari Tulang Tengkorak, Tulang Hyoid dan Tulang Telinga Tengah, Tulang Rusuk serta Tulang Belakang.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Kerangka Apendikular terdiri 126 Tulang yang merupakan jenis tulang-tulang pelengkap yang terhubung oleh Kerangka Aksial. Kerangka Apendikular tepatnya berada di daerah Tungkai Atas, Tungkai Bawah, Panggul dan juga bahu. Sistem Rangka berfungsi untuk memudahkan bergerak, menopang tubuh serta memberikan bentuk tubuh, melindungi organ dalam, dan juga merupakan tempat untuk menempelnya otot-otot manusia.

Baca Juga :   Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 5 Semester 2

2. Sistem Otot

Sistem Otot mempunyai beberapa tugas utama, yaitu untuk menggerakan tubuh manusia seperti berjalan dan melakukan pekerjaan, berlari, berdiri, makan, dan lain sebgainya yang dilakukannya secara sadar. Selain itu, sistem Otot juga berfungsi untuk menyebarkan darah ke seluruh tubuh, menggerakan mata dan juga dapat membentuk ekspresi untuk wajah.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Jaringan Otot terbagi menjadi 3 jenis yaitu Otot Visceral, Otot Cardiac, dan Otot Skeletal. Otot Visceral merupakan salah satu jenis otot yang paling lemah dan berada di dalam perut, pembuluh darah, dan juga usus. Otot Visceral disebut juga sebagai Otot Tak Sadar karena dikendalikan oleh otak dibagian bawah sadar.

Otot Cardiac atau yang biasa dikenal dengan otot jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Sama seperti Otot Visceral, otot jantung juga dikendalikan oleh otak dibagian bawah sadar. Sedangkan Otot Skeletal atau yang disebut sebagai otot rangka merupakan salah satu jenis otot yang dikendalikan secara sadar. Otot Selektal berfungsin untuk berkontraksi sehingga akan muncul sebuah gerakan.

3. Sistem Peredaran Darah

Dalam sebuah sistem peredaran darah tersusun dari Jantung, Pembuluh Darah, dan ada sekitar 5 liter darah yang dibawa oleh sebuah Pembuluh Darah. Sistem Peredaran Darah didukung oleh sebuah Jantung, yang hanya memiliki ukuran sekepalan tangan yang tertutup. Bahkan disaat dalam beristirahat, rata-rata jantung mudah memompa darah lebih dari 5 liter ke seluruh tubuh setiap menitnya.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Sistem Peredaran Darah memiliki fungsi utama yaitu sebagai berikut ini :

  • Fungsi Sistem Peredaran Darah yang pertama adalah mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah menghasilkan nutrisi penting bagi tubuh dan memberikan oksigen serta menghilangkan limbah dan karbon dioksida untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Hormon diangkut ke dalam tubuh melalui cairan plasma yaitu darah.
  • Fungsi yang kedua adalah melindungi tubuh melalui sebuah Sel Darah Putih yang melawan suatu Patogen atau kuman yang masuk ke dalam bagian tubuh. Di dalam darah terdapat trombosit yang berfungsi untuk menghentikan perdarahan saat terluka dan mencegah kuman memasuki area tubuh. Darah juga membawa sebuah Sel Antibodi yang memberikan kebalan yang Spesifik pada Patogen yang sebelumnya sudah terpapar di dalam tubuh atau yang sudah divaksinasi.
  • Fungsi yang ketiga adalah mempertahankan Homeostasis atau keseimbangan suatu kondisi tubuh pada beberapa kondisi internal atau kondisi tertentu. Pembuluh darah dapat membantu menjaga suhu tubuh agar stabil dengan cara mengendalikan aliran darah ke permukaan kulit.
Baca Juga :   Pengertian Destilasi

4. Sistem Saraf

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Sistem Saraf memiliki fungsi untuk mengumpulkan, mengirim, dan juga memproses sebuah informasi. Secara keseluruhan sistem saraf terdiri dari beberapa Sistem Saraf Pusat dan Sistem Saraf Perifer. Sistem Saraf terletak dibagian Otak, Sumsum Tulang Belakang, Neuroglia, Meninges, Cairan Cerebrospinal, Sel-sel saraf dan dari kelima panca indera.

5. Sistem Penapasan

Sel-sel tubuh manusia sangat membutuhkan aliran oksigen untuk bertahan hidup. Sistem Pernapasan menyediakan sebuah oksigen yang akan dikirim ke sel tubuh dengan mengeluarkan Karbondioksida dan produk limbah yang dapat mematikan jika dibiarkan menumpuk di dalam tubuh.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Sistem Pernapasan dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu, saluran napas, paru-paru, dan juga otot-otot respirasi. Saluran napas terdiri dari hidung, mulut, faring, laring, trakea, bronkus, dan juga bronkiolus. Saluran ini membawa  sebuah udara yang melewati hidung menuju ke paru-paru.

Paru-paru yang berfungsi sebagai organ utama dari suatu sistem pernapasan dengan pertukaran oksigen ke dalam tubuh dan dikrlurakannya karbon dioksida dari tubuh. Sedangkan Otot Respirasi, termasuk kedalam bagian diafragma dan otot interkostal yang bekerja sama untuk memompa dan mendorong udara masuk dan keluar dari sebuah paru-paru saat kita bernapas.

6. Sistem Pencernaan

Dalam sebuah Sistem Pencernaan melibatkan beberapa organ tubuh yang disebut sebagai Saluran Pencernaan. Saluran Pencernaan manusia terdiri dari mulut termasuk juga gigi dan lidah, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan juga usus besar.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Tugas utama dari suatu Sistem Pencernaan adalah sebagai sebuah proses mengubah makanan menjadi Zat-zat gizi yang dibutuhkan olah tubuh untuk kemudian diserap di dalam tubuh. Pada akhir dari suatu sistem pencernaan akan menghasilkan sebuah kotoran yang berupa urin dan feses yang harus dikelurkan melalui anus.

7. Sistem Urin

Sistem urin terdiri dari beberapa bagian organ tubuh seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan juga uretra. Ginjal memiliki sebuah tugas untuk menyaring darah dalam tubuh dan menghasilkan air seni. Ureter memiliki tugas untuk mengalirkan air seni yang dihasilkan Ginjal menuju Kantung Kemih. Kemudian Air seni tersebut akan ditampung sementara didalam kantung kemih.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Ketika air seni jumlahnya sudah semakin banyak, saraf yang berada didalam kantung kemih akan mengirim sebuah informasi ke otak dan otak akan mengirim perintah untuk membuang air seni melalui sebuah saluran yang disebut dengan Uretra. Uretra ini terletak didekat bagian area Genital.

Baca Juga :   Daur Sulfur (Belerang)

8. Sistem Endokrin

Dalam suatu Sistem Endokrin terdiri dari beberapa macam kelenjar yang bertugas mengeluarkan hormon ke dalam darah. Kelenjar tersebut seperti Hipotalamus, kelenjar Pituitari, kelenjar Tiroid, kelenjar Pineal, kelenjar Adrenal, kelenjar Paratiorid, Pankreas, dan juga kelenjar Kelamin atau biasa disebut dengan Gonad. Kelenjar mengontrol secara langsung sebuah rangsangan dari sistem saraf dan dari sebuah reseptor kimiawi dalam darah serta hormon yang dihasilkan oleh kelenjar lain.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Dengan mengatur fungsi organ yang ada di dalam tubuh, kelenjar ini dapat membantu Homeostasis untuk menjaga tubuh. Sedangkan metabolisme seluler, reproduksi, perkembangan seksual, homeostasis gula dan mineral dan pencernaan adalaha salah satu dari banyaknya sebuah proses yang dikontrol oleh hormon.

9. Sistem Reproduksi

Didalam sebuah sistem reproduksi manusia terdapat dua jenis, yaitu sistem reproduksi pria dan wanita. Terdapat perbedaan dibeberapa organ dan sebuah mekanisme dari kedua jenis sistem reproduksi tersebut. Tetapi, keduanya akan saling berhubungan sehingga akan menghasilkan sebuah keturunan yang merupakan fungsi dari sebuah sistem reproduksi tersebut.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Sistem reproduksi wanita terdiri dari Ovarium, Saluran Telur, Rahim, Vagina, Vulva, Payudara dan juga sebuah Kelenjar Susu, sedangkan didalam sistem reproduksi pria terdiri dari sebuah Skrotum, Testis, Saluran sperma, Kelenjar Seks, dan juga sebuah alat Vital adalah Penis.

10. Sistem Panca Indera

Dalam suatu Sistem Indera mempunyai fungsi penting untuk menerima sebuah sensor rangsangan yang berada pada lingkungan disekitarnya. Terdapat 5 jenis dari sistem indera atau sering disebut dengan Panca Indera.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Berikut 5 panca indra yang terdiri dari Indera Penglihatan atau mata, Indera Pendengaran atau telinga, Indera Penciuman atau hidung, Indera Peraba atau kulit, dan juga Indera Pengecap atau lidah. Dari setiap bagian Panca Indera mempunyai tugas dan peranan yang berbeda-beda.

Demikianlah ulasan tentang Sistem Anatomi Tubuh Manusia beserta dengan Pengertian Dan Jenis-jenis nya. Semoga dengan adanya tulisan ini membantu kalian untuk lebih mengenal Sistem Organ yang ada di tubuh kita. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau tulisan. Teramakasih

Baca Juga Artikel Berikut :

Kingdom Animalia

Sistem Gerak Pada Manusia Serta Fungsi Kegunaannya

Anatomi Tubuh Manusia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar