Baliho

Posted on

Baliho- Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Contoh Lengkap – Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kita akan membahas makalah tentang Baliho yang meliputi Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Contoh Lengkap.

Sama dengan media informasi lainnya seperti brosur, spanduk, pamflet dan lainnya. Baliho ini juga merupakan salah satu media yang berguna untuk memberikan sebuah inforamasi kepada masyarakat luas.

Baiklah mari langsung saja simak uraian materinya yang lebih lengkap di bawah berikut ini!

Pengertian Baliho

Kata baliho berasal dari sebuah bahasa arab yang memiliki arti artinya menyampaikan, atau mendakwahkan yakni tentang sebuah informasi, pesan tersirat, promosi, iklan, dan yang lainnya yang sifatnya adalah agar isi dari baliho ini bisa di ketahui oleh masyarakat luas.

Baliho merupakan sebuah sarana atau alat media yang biasa digunakan untuk promosi yang mana mempunyai suatuunsur guna memberitakan sebuah informasi tentang kegiatan, peristiwa, acara, event dan lainnya yang berhubungan terhadap masyarakat yang luas. Baliho ini juga bisa di pakai untuk sebuah periklanan dalam suatu produk tertentu.

Adanya sebuah baliho adalah salah satu perwujudan dari majunya teknologi dan ilmu pengetahuan yakni mengenai mesin cetak digital yang semakin lama samakin canggih.

Baca Juga :   Soal Muatan Lokal Kelas 3

Di dalam kalangan masyarakat, baliho ini adalah salah satu media yang di gunakan untuk menebar informasi penting selain media pamflet, bulletin, brosur, spanduk, majalah dan lain – lain.

Ciri – Ciri dari Baliho

Ada beberapa macam ciri – ciri dari baliho ini yang mana diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mempromosikan tentang suatu produk dan juga kegiatan tertentu
  2. Mempunyai ukuran yang besar
  3. Umumnya dipasangkan pada tempat – tempat khusus yang ada dipinggiran jalan, baik jalan kota maupun desa.

Itulah beberapa ciri – ciri dari baliho. Selanjutnya adalah fungsi baliho.

Fungsi Dan juga Manfaat dari Baliho

Ada beberapa macam fungsi dan manfaat dari pada baliho ini. Fungsi dan manfaat ini anatara lain adalah sebagai berikut yaitu :

  1. Memberikan sebuah informasi mengenai materi periklanan
  2. Sebuah alat media promosi yang sangat mudah untuk dierjakan karena biaya yang dikeluarkannya tidaklah terlalu besar
  3. Bisa di kerjakan secara cepata atau biasa disebut sebagai media promosi kontemporer
  4. Buat menaikan suatu penjualan ataupun marketing
  5. Serta di gunakan untuk menaikan sebuah pamor atau juga popularitas dari si pengiklan

Ukuran Baliho

Ukuran dari baliho ini bisa dibuat di dalam berbagai macam ukuran, yakni tergantung dengan selera kita masing – masing dengan perhitungan marketing kalian.

Tentang bagaimana cara mengatur suatu promosi pada iklan dengan biaya yang minim namun dapat menghasilkan hasil sebuah hasil yang maksimal. Pada titik pemasangannya pun juga harus dipikirkan dengan secara matang, sehingga apda konsultasi terhadap penyedia jasa baliho itu sangatlah diperlukan sekali.

Pemasangan Baliho

Pada dasarnya baliho yang di pasang itu bisa dibongkar pasang, dan juga untuk memasang baliho ini memanglah terasa gampang – gampang susah, sebab terkadang dengan ukurannya yang cukup besar ini akan rentan terhadap terpaan oleh angin kencang yang sehingga kita pasti berhati – hati di dalam memasang baliho. Akan berbeda halnya dengan banner yang dapat dipasang dengan mudah, seerta ala t- alat yang biasa digunakan di dalam memasang baliho yaitu seperti kayu dan juga logam serta kain di tambah dengan fiber glass.

Baca Juga :   Soal Penjas Kelas 6

Macam – Macam Jenis Baliho

Ada beberapa macam jenis dari baliho ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Baliho Sosial ialah sebuah papan baliho yang berisi tentang sebuah info atau sebuah himbauan untuk mengajak warga masyarakat agar mau melakukan suatu tindakan yang dianggap lebih baik.
  2. Baliho Komersial ialah sebuah papan baliho yang berisikan mengenai suatu info produk agar dilihat oleh warga masyarakat supaya mereka berkenan tertarik dengan produk yang di tawarkan tersebut.

Contoh dari Baliho

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari baliho dan gambarnya yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Baliho untuk Sekolah

Contoh baliho pendidikan atau sekolah adalah baliho yang menerangkan atau memberikan informasi seputar di dunia sekolah, seperti himbauan, kabar penerimaan siswa baru, pengadaan seminar pendidikan, dan lain – lain.

Berikut salah satu cotohnya :

2. Contoh Baliho untuk Caleg

Contoh baliho caleg adalah baliho yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai daftar calon legislatif, atau informasi tentang seputar dunia politik.

Berkut adalah salah satu gambar contoh dari baliho caleg yaitu :

3. Contoh Baliho yang Keren

Baliho keren adalah contoh baliho yang menyajikan informasi dan desain yang keren, menarik dengan tujuan agar benyak khalayak yang berminat untuk memperhatikan dan membacanya.

Berikut adalah contohnya :

4. Contoh Baliho untuk Pendidikan

Contoh baliho pendidikan adalah baliho yang menyajikan atau menginformasikan tentang dunia pendidikan baik sekolah atau yang lainnya yang masih berkaitan dengan pendidikan.

Berikut adalah contohnya yaitu :

5. Contoh Baliho tentang Dilarang Merokok

Baliho ini adalah baliho yang memberikan himbauan mengenai larangan untuk merokok.

Berikut ini adalah contohnya :

6. Contoh Baliho mengenai Acara Maulid

Contoh baliho ini adalah baliho yang memberikan informasi seputar keagamaan dalam hal ini adalah tentang acara maulid.

Baca Juga :   Huruf Jar (حَرْفُ الجَرِّ)

Berikut ini adalah contohnya yaitu :

7. Contoh Baliho tentang Acara Musik

Contoh baliho tentang acara musik adalah baliho yang memberikan informasi mengenai seputar dunia permusikan, seperti : pementasan musik, dan lain – lain.

Contohnya adalah sebagai berikut :

8. Contoh Baliho tentang Rental Mobil dan Motor

Baliho ini adalah contoh dari baliho yang memberikan informasi mengenai tempat rental mobil maupun motor. Tujuannya untuk menarik minat masyarakat agar mau berkenan menyewa mobil atau motor ditempat tersebut.

Berikut contohnya adalah :

9. Contoh Baliho tentang Promosi

Baliho ini adalah contoh baliho tentang promosi sebuah produk baru agar diminati oleh masyarakat.

Berikut adalah salah satu contohnya adalah :

10. Contoh Baliho tentang Jaga Kebersihan

Baliho ini adalah contoh baliho yang memberikan informasi tentang ajakan untuk saling mejaga kebersihan.

Berikut adalah salahsatu gambar contohnya :

11. Contoh Baliho tentang Kesehatan

Baliho ini bertujuan memberikan sebuah informasi mengenai seputar dunia kesehatan, seperti anjuran menjaga pola makan, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain – lain.

Dibawah ini adalah salah satu contohnya yaitu :

12. Contoh Baliho tentang Kebersihan

Contoh baliho ini adalah contoh baliho yang memberikan informasi mengenai ajakan untuk bersama saling menjaga kebersihan.

Contohnya adalah sebagai berikut :

13. Contoh Baliho tentang Ajakan untuk Bersama Mencegah Virus Corona

Baliho ini berisikan tentang himbauan atau ajakan untuk bersama mencegah penularan virus Corona atau juga virus – virus berbahaya lainnya.

Berikut adalah salah satu contoh baliho nya yaitu :

Demikianlah pembahasan makalah tentang Baliho yang meliputi tentang pengertian, ciri, fungsi, jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :