Cara Menulis Angka Arab

Posted on

Cara Menulis Angka Arab – Hallo sahabat, pada hari ini kita akan membahas makalah materi tentang cara menulis angka Arab dengan baik dan benar pada komputer. Sebagaimana sebelumnya kita sudah membahas makalah dengan materi Bahasa Arab “Angka Arab” dan Angka Hijaiyah Bilangan dalam Bahasa Arab 1 Sampai 50.

Cara Menulis Angka Arab
Cara Menulis Angka Arab

Kenapa setelah diaktifkan pengetikan Arab dikomputer tapi untuk mengetik angka Arab kok masih belum bisa ?

Pernahkan kalian mengalami hal yang sama seperti diatas ? jika pernah, maka disini akan kita bahas salah satu permasalahan tersebut. Pada awalnya pun saya mengira apabila suatu komputer sudah mendukung tulisan Arab maka semua tulisan Arab mulai dari huruf Arab sampai dengan angka Arab bisa kita ketik langsung di microsft Office Word.

Namun pada kenyataannya tidak, walaupun komputer sudah diaktifkan pengetikan Arab, untuk mengetik angka Arab kita perlu melakukan pengaturan khusus lagi. Sebab jika tidak di atur lagi maka yang keluar pada layar komputer saat kita ketik angka adalah angka – angka biasa, bahkan tulisan simbol yang memuat angka Arab pun juga tidak akan tampil.

Untuk itu, mari langsung saja yuk ke pembahasannya !

Baca : Download Kamus Bahasa Arab untuk HP

Fungsi Angka Arab pada Komputer

Salah satu fungsi angka Arab yakni angka arab ini sering kita gunakan ketika kita sedang mengerjakan tulisan Arab di komputer.

Contoh seperti ketika kita mengetik huruf Arab tentang ayat-ayat al-Quran maka kita akan membutuhkan angka Arab untuk mengisi tanda waqaf (berhenti). Dan terkadang juga kita harus menulis nama – nama bulan Islam atau bulan Hijriyah beserta tanggal dan tahunnya maka disini juga memerlukan tulisan angka – angka Arab pada Komputer. Kalau komputer kita tidak bisa mengetik angka Arab, maka solusi yang diambil adalah menulisnya secara manual. Jumlah angka Arab masih sama dengan angka umum yang paling sering digunakan, yaitu jumlahnya terdapat 10 angka, yakni terdiri dari : 1234567890 maka jika ditulis dengan angka Arab adalah : ٠, ١, ٢, ٣, ٤, ٥, ٦, ٧, ٨, ٩, 

Baca Juga :   Soal Tema 2 Kelas 4

Baca : Bahasa Arab ‘Amiyah / العامية (Gaul)

Cara Mengaktifkan Angka Arab pada Komputer

Terdapat cara khusus agar pada saat di komputer kita ingin mengetik angka Arab juga bisa. Sebab seperti kasus – kasus yang sering terjadi sebelumnya, bahwa meskipun mode pengetikan sudah dirubah ke dalam bentuk penulisan Arab, namun tidak jarang angkanya tetap tidak berubah menjadi angka Arab pula.

Untuk itu, mari kita perhatikan cara – caranya dibawah berikut ini !

1. Pertama buka microsoft Word boleh memakai microsoft word tahun 2003 sampai tahun 2013, kemudian kalian harus pastikan bahwa tulisan arab dikomputer kalian sudah diatur ke dalam mode pengetikan Arab.

Caranya : Tekan Alt + Shift pada keyboard kalian dan perhatikan perubahannya seperti pada gambar berikut ini :

Merubah Mode Pengetikan

Jika sudah seperti pada gambar diatas, maka kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Selanjutnya klik kanan pada tool bar dan akan muncul seperti pada gambar dibawah berikut ini !

Lalu pilih dan klik Customize the Ribbon. Lalu akan muncul gambar seperti gambar dibawah berikut !

Kemudian kalian ikuti alur seperti pada gambar diatas. Alurnya yaitu :
Setelah muncul seperti pada gambar diatas, kemudian kalian pilih dan klik Advanced, kemudian kalian scroll cari pengaturan seperti pada gambar diatas tersebut lalu atur menjadi Contetx. Setelah itu Klik Ok.

3. Terakhir kita lihat hasilnya, coba kalian klik angka pada keyboard apakah sudah berubah menjadi angka Arab atau belum. Kalau menurut kayakinan penulis sih pasti sudah berubah 😀

Hasil akhirnya :

Hasil Akhir

Yang penting mode pengetikan sudah dirubah terlebih dahulu menjadi mode pengetikan Arab seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama tadi.

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara menulis angka Arab pada komputer. Semoga bermanfaat ya ….