Cerita Fantasi

Posted on

Cerita Fantasi – Didalam pelajaran bahasa indonesia kita akan dipertemukan dengan berbagai jenis cerita, seperti Cerita Fantasi, Fiksi, Fabel dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cerita Fantasi secara lengkap. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak pembahasan dibawah ini.

Cerita Fantasi

Pengertian Cerita Fantasi

Cerita Fantasi merupakan bentuk dari cerita fiksi yang berisi sebuah dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis, yang mana didalam cerita fantasi hal yang tidak mungkin bisa jadi mungkin. Tokoh dan latar yang diciptakan oleh seorang penulis tidak terdapat di dunia nyata. Sedangkan Cerita Fantasi menggunakan beberapa tema seperti Magik, Supranatural atau Futuristik.

Struktur Cerita Fantasi

Dibawah ini merupakan struktur dari Cerita Fantasi pada umumnya hampir sama dengan struktur dari teks narasi yaitu tersusun dari orientasi, konflik, resolusi dan ending. Berikut ini penjelasan dari struktur Cerita Fantasi yitu, sebagai berikut ini :

1. Orientasi

Orientasi merupakan salah satu bagian dimana sang pengarang memberikan sebuah pengenalan mengenai apa-apa saja yang terdapat didalam sebuah Cerita Fantasi seperti penokohan, tema, dan sedikit alur cerita kepada pembacanya.

2. Konflik

Konflik merupakan bagian dari Cerita Fantasi yang berisi sebuah permasalahan, dimulai dari awal terjadinya sebuah permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan.

3. Resolusi

Resolusi merupakan bagian penyelesaian atau terdapat sebuah solusi permasalahan yang akan menuju ke sebuah akhir dari Cerita Fantasi.

4. Ending

Ending merupakan bagian penutup atau akhir dari Cerita Fantasi. Ending umumnya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  • Happy Ending, merupakan bentuk akhir cerita dimana tokoh utama dari Cerita Fantasi mengalami kemenangan dan hidup bahagia.
  • Sad Ending merupakan bentuk akhir cerita dimana tokoh utama tewas setelah ia mencapai apa yang menjadi tujuannya.
Baca Juga :   Command Sentence

Ciri-Ciri Cerita Fantasi

Dibawah ini merupakan beberapa karakteristik dari sebuah cerita fantasi yang dapat membedakannya dari cerita lainnya, yang terdiri dari :

  • Mempunyai sebuah ide cerita yang tidak dibatasi oleh sebuah realita dan kenyataan di dunia atau bersifat fiksi.
  • Didalam suatu Cerita Fantasi terdapat sebuah keanehan seperti Ilmu Sihir, Makhluk Ajaib, ataupun sesuatu yang misterius.
  • Penggunaan dari latar dapat menembus sebuah ruang dan waktu.
  • Tokoh utama biasanya diciptakan dengan memiliki keunikan tersendiri seperti mempunyai kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.
  • Karena didalam cerita fantasi memakai sebuah khayalan maka cerita ini termasuk kedalam kategori dari cerita fiksi.

Unsur-unsur Cerita Fantasi

  1. Ide dari cerita sangat terbuka

Ide cerita didalam sebuah cerita fantasi pada umumnya tidak mempunyai sebuah batasan dari kenyataan dan dapat dikembangkan sesuka hati seorang pengarang.

  1. Terdapat keanehan, misterius, dan keajaiban

Didalam suatu cerita fantasi memiliki sebuah unsur-unsur yang sangat unik seperti terdapat sebuah keanehan, misterius dan hal-hal yang ajaib yang tidak mungkin ada di dunia nyata.

  1. Latar

Latar yang dipakai dalam sebuah cerita fantasi biasanya dapat menembus suatu ruang dan waktu.

  1. Tokoh yang unik

Tokoh yang digunakan didalam teks cerita fantasi pada umumnya dibuat dengan memiliki kelebihan tersendiri yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

  1. Fiksi atau khayalan

Fantasi merupakan cerita yang bersifat fiksi dan merupakan sebuah khayalan semata, oleh sebab itu cerita fantasi  tidak akan bisa untuk dinalar dengan sebuah akal pikiran jika dibandingkan dengan kehidupan kita di dunia nyata.

  1. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang dipakai didalam suatu cerita pada umumnya tidak selalu terikat dengan menggunakan bahasa yang formal tetapi bisa juga menggunakan bahasa yang sangat bervariasi.

Contoh Cerita Fantasi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari cerita Fantasi yang sangat menarik yaitu, diantaranya sebagai berikut :

Contoh Pertama

Rara dan Tiga Butir Jagung Emas

Contoh Cerita Fantasi

Didalam sebuah gubuk yang sudah tua, tinggalah seorang gadis yang bernama Rara bersama dengan ibu dan adiknya. Ayah Rara sudah lama meninggal, sehingga yang menjadi tulang punggung keluarganya adalah ibunya. Rara harus berhenti sekolah, dikarenakan ibunya tidak sanggup lagi untuk membiayai sekolahnya. Untuk membantu meringankan beban ibunya, Rara harus bekerja dengan tetangganya yang mempunyai rumah besar untuk membantu bersih-bersih. Disuatu hari tepatnya di pagi yang cerah, ketika hendak berangkat bekerja Rara bertemu dengan seorang kakek tua.

Baca Juga :   Present Perfect Tense

Kakek itu terlihat sangat lelah sehingga ia tersungkur di jalan, kemudian kakek tua itu meminta pertolongan dan tanpa menunggu lama lagi, Rara langsung membantu kakek tersebut. Rara kemudian membantu untuk mengobati luka kakek sembari berbincang-bincang dengan kakek tua itu. Kakek tersebut bertanya seputar kehidupan Rara, dan Rara pun langsung menceritakan semuanya. Setelah kakek merasa cukup untuk beristirahat Rara menawarkan diri untuk mengantar si kakek akan tetapi, kakek tersebut malah menolak dan memberikan sepotong kain kepada Rara.

Di dalam sebuah kain yang diberikan oleh kakek tua, berisi 3 butir jagung yang berwarna emas. Kakek tua itu berpesan kepada Rara bahwa jagung ini merupakan jagung ajaib. Jika jagung ini ditanam dengan perasaan yang ikhlas dan sabar, maka hasilnya akan sangat memuaskan. Rara mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada sang kakek dan ia pun melanjutkan perjalanannya untuk bekerja. Setelah pulang bekerja, Rara langsung menceritakan kejadian tadi pagi dan jagung emas itu kepada ibunya.

Si ibu lalu meminta kepada Rara untuk langsung menanam jagung tersebut di halaman belakang rumahnya. Setiap pagi Rara yang menyiram jagung tersebut dan disiang harinya ibu Rara membantu untuk merawat jagung tersebut. Setelah jagung yang ia rawat itu tumbuh, dan betapa terkejutnya ketika Rara ingin memasak jagung tersebut namun seluruh bijinya terbuat dari emas. Rara kemudian menceritakan hal tersebut kepada ibunya, dan keduanya berencana untuk menjual jagung emas tersebut.

Jagung emas itu selalu menghasilkan satu buah setiap minggunya sehingga, kini keluarga Rara memiliki kehidupan yang sejahtera. Setelah Rara merasa serba kecukupan, hasil dari panen jagung yang lainnya ia bagikan kepada tetangga dan orang-orang miskin, agar mereka juga bisa menikmati hasil dari jagung tersebut. Rara selalu menggunakan biji jagung tersebut untuk membantu sesama.

Contoh Kedua

Menjelajah Dunia Air yang Indah

Contoh Cerita Fantasi

Disungai ini airnya sangat jernih sekali. Banyak bebatuan yang terlihat dari permukaan air sehingga mampu menambah keindahan dari sungai tersebut. Bahkan terdapat banyak ikan ikan kecil yang sangat lucu. Kania dan keluarga besarnya baru saja pindah rumah didekat rumah neneknya. Kania biasa dipanggil oleh kerabat dekatnnya dengan sebutan Nia. Di dekat rumah Kania yang baru terdapat sebuah danau yang sangat indah, Kania merasa ingin sekali berenang dan bermain di dalam danau tersebut.

Baca Juga :   Contoh Pantun Karmina

“Nia! Kita main yuk di danau itu, airnya jernih loh!” Ucap Mala terhadap Kania, Mala merupakan teman baru Kania. “Yaudah yuk” Jawab Kania dengan perasaan yang girang. Akhirnya mereka pun menaiki sepeda masing-masing dan pergi menuju ke danau. Sesampainya di danau tersebut, mereka berdua langsung memarkirkan sepeda.

Byurrr!!! Huufft segar sekali, sini dong Nia turun!” Ucap Mala sambil menggeret tangan Kania. Tiba tiba, saat mereka sedang asyik berenang, mereka tertarik oleh sebuah gelombang yang berasal dari dalam danau. “Wahhhh, tolongggg!!! Jressss… Teriakan mereka berdua yang tidak terdengar oleh orang lain.

Beberapa menit kemudian, “Hah, dimana ini?” Ucap mereka berdua bebarengan dan anehnya mereka berdua bisa bernafas di dalam air. Tiba-tiba terdengar suara yang mengagetkan mereka, “Hai kalian berdua yuk ikut aku, akan kuperlihatkan dunia air yang indah!” Dan ternyata itu suara seorang putri duyung yang cantik menyambut kehadiran mereka.

“Ini kita pasti sedang bermimpi, mana ada putri duyung yang hidup di dalam danau!” hardik Kania. Mala dan Kania langsung diajak berenang dan berkeliling untuk melihat kehidupan di dunia air oleh Amira, seorang putri duyung cilik. Setelah beberapa jam mereka berkeliling didunia air yang sangat indah, kemudian Amira berkata “Ini sudah saatnya kalian untuk pulang kerumah!” WUSSS!!! Dalam waktu sekejap dan sekarang mereka sudah berada di daratan lagi. “Wow, ini akan menjadi rahasia besar kita!” Ucap Mala kepada Kania.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Cerita Fantasi secara lengkap. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Artikel Terkait Lainnya :

Cerita Fantasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar