Cerita Inspiratif

Posted on

Cerita Inspiratif- Perjuangan, Keidupan Nyata, Kemanusiaan, Pendidikan, Ibu, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesepatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Cerita Inspirasi. Ada banyak macam tentang cerita, seperti novel, cerpen, dan lain – lain. Serta jenisnya juga beragam, ada cerita rakyat, cerita inspirasi, cerita komedi dan lain sebagainya. Semua itu memiliki ciri dan khas masing – masing.

Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas makalah tentang cerita inspirasi mulai dari pengertian dan contohnya. Mari langsung saja kita simak !

Pengertian Cerita Inspirasi

Cerita inspiratif merupakan salah satu bentuk prosa yang berisi sebuah kisah seseorang yang memiliki tujuan untuk memberikan sebuah inspirasi atau motivasi kepada pembaca. Prosa ialah suatu karangan bebas yang tidak terikat oleh sebuah aturan seperti : yang terdapat dalam pantun puisi. Cerita inspieatif umunya mengacu berdasarkan suatu pengalaman pribadi oleh seseorang kemudian diceritakan kembali dalam bentuk atau model prosa.

Ciri – Ciri dari Teks Cerita Inspirasi

Ada beberapa ciri – ciri yang ada dalam sebuah cerita inspiratif. Dan berikut ini ada beberapa ciri – ciri dari teks cerita inspirasi, terdiri atas yaitu :

  1. Suatu teks yang dapat menginspirasi ialah memiliki struktur teks yang terdiri atas suatu orientasi, kemudian komplikasi peristiwa, lalu komplikasi, dan resolusi serta kode.
  2. Teks yang menginspirasi pada dasarnya mempunyai suatu tema spesifik yang bisa dikembangkan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik.
  3. Selain dari temanya, teks inspirasional juga mempunyai suatu alur cerita tertentu sehingga para pembaca bisa memahami cerita yang disajikan serta pesan yang terkandung yang ada di dalamnya.
  4. Sebuah teks yang menginspirasi juga mempunyai sebuah pesan atau pesan yang ingin disampaikan tersebut kepada pembaca. Misalnya seperti hidup bahagia dengan segala kekurangan yang dimilikinya.
  5. Sebuah teks yang menginspirasi ialah sebuah naratif sebab mereka menceritakan tentang seseorang atau sesuatu yang bisa menginspirasi siapa saja untuk membaca ceritanya.
  6. Sebuah teks yang mengilhami atau menginspirasi pada umumnya menceritakan kisah kehidupan karakter yang dapat menjadi sebuah panutan oleh para pembacanya. Karakter yang ada dalam teks inspirasional bisa dengan berupa karakter dalam kehidupan nyata ataupun juga fiksi. Hal ini juga dapat menjadi teks yang menginspirasi yang bisa terkandung dalam sebuah cerita binatang ataupun dongeng.
Baca Juga :   Soal Tema 1 Kelas 2

Struktur dalam Cerita Inspirasi

Adapun tentang struktur penyusun dari teks cerita inspiratif yaitu :

  1. Struktur bagian orientasi, ialah suatu tahap pengenalan atau penyituasian yang biasanya bisa berisi tentang pengenalan tokoh, latar belakang tempat, dan latar belakang cerita.
  2. Struktur bagian rangkaian peristiwa, yaitu dimulai dari awal terjadinya sebuah alur peristiwa sampai pada puncaknya masalah.
  3. Struktur bagian komplikasi, ialah tahap puncak dari peristiwa – peristiwa yang bisa dikembangkan pada sebuah tahap rangkaian peristiwa sampai pada masalah tersebut kemduian di temukan jalan keluarnya.
  4. Struktur pada bagian resolusi, ialah sebuah tahap penyelesaian suatu masalah. Peristiwa atau masalah yang bisa dikembangkan pada bagian rangkaian peristiwa ini serta komplikasi dikendurkan pada tahap suatu resolusi.
  5. Struktur pada bagian koda, ialah pada bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dengan sebuah jenis teks narasi lainnya. Dalam tahapan ini juga disampaikan suatu kesimpulan dan pesan moral yang bisa diambil dari dalam cerita tersebut.

Unsur dalam Teks Cerita Inspirasi

Unsur – unsur dalam teks cerita inspiratif ini ada beberapa poin yaitu :

1. Tokoh dan Penokohan

Tokoh ialah seoarang atau individu rekaan yang mengalami peristiwa di dalam sebuah cerita. Penokohan ialah sebuah penyajian watak dari tokoh dan penciptaan citra pada tokoh dalam cerita.

2. Latar Cerita atau Setting

Latar yaitu suatu unsur dalam sebuah cerita yang menunjukan di mana, kemudian bagaimana, dan kapan peristiwa dalam cerita tersebut berlangsung.

3. Alur atau Jalan Cerita

Alur ialah seubah jalinan peristiwa, yang memperlihatkan antara kepaduan yang diwujudkan oleh suatu hubungan sebab dan akibat, tokoh utamanya, dan tema serta kegiatannya.

4. Sudut Pandang atau Point Of View

Tentang sudut pandang bisa diartikan sebagai posisi pengarang terhadap suatu peristiwa – peritiwa di dalam sebuah cerita.

Baca Juga :   Kalimat Majemuk- Pengertian, Jenis dan Contoh-Contohnya

– Macam – Macam Sudut Pandang dalam Cerita

Terdapat 6 poin tentang sudut pandang dalam sebuah cerita inspiratif. Macam – macam sudut pandang yaitu :

  1. Sudut pandang orang pada pertama
  2. Sudut pandang orang pada pertama sentral
  3. Sudut pandang orang pada pertama sebagai pembantu
  4. Sudut pandang orang pada ketiga
  5. Sudut pandang orang pada ketiga serba tahu
  6. Sudut pandang orang pada ketiga terbatas

5. Tema Cerita

Tema ialah sebuah ide atau gagasan, atau tentang pikiran utama, yang digunakan untuk sebagai dasar dalam menuliskan sebuah cerita.

6. Amanat dalam Sebuah Cerita

Amanat ialah sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada setiap pembaca melalui cerita yang telah di buatnya.

Contoh Teks Cerita Inspirasi

Dibawah ini adalah contoh teks inspiratif yaitu tentang “Perang Saudara”. Berikut adalah ceritanya yaitu :

Perang pada Surabaya

Sekitar pada tanggal 10 November telah meletus sebuah perlawanan rakyat di Surabaya untuk mengusir para penjajah Belanda dan para sekutunya dari tanah air tercinta ini. Ternyata awal dari pertemuan perang ini adalah berawal dari sebuah kemarahan oleh tentara inggris akibat dari terbunuhnya salah seorang pimpinan mereka, yaitu : bernama Brigadir Jenderal Mallaby. Sebab tewasnya pimpinan mereka tersebut seingga pihak Inggris dan sekutunya memberikan sebuah ultimatum kepada seluruh para pejuang yang da di Surabaya waktu itu untuk menyerah saja.

Namun bukannya menyerah, malah dia kemudian menganggap bahwa sebuah penghinaan oleh para pejuang dan rakyat. Mereka membentuk sebuah milisi – milisi perjuangan demi menghadapi pihak Inggris yang mengancam untuk menyerang surabaya.

Mengetahui utimatumnya tersebut ditolak, maka akhirnya dari pihak Inggris dan sekutunya marah besar, kemudian pada tenggal 10 November pagi mereka melancarkan serangan demi serangan besar – besaran melalui laut, kemudian darat dan udara dengan mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang di luncurkan, tank dan kapal perang. Kota Surabaya pada waktu diserang habis – habisan dan bekerja sama dengan pihak sekutu. Mereka mengebom semua gedung – gedung pemerintahan dan membunuh para pejuang itu. Kejadian waktu itu sangatlah mengerikan sekali, pembunuhan terjadi di mana – mana dan membuat para pejuang menjadi sangat terdesak.

Baca Juga :   Materi Investasi

Namun, diluar dugaan tiba – tiba muncul sebuah rencana mereka untuk menaklukan kota Surabaya dalam 3 hari gagal. Seluruh pejuang dan rakyat Surabaya kemudian turun ke jalan untuk melakukan sebuah perlawanan.

Semangat wahai berjuang seperti para pahlawan waktu itu muncul berkat seorang pemuda yang bernama Bung Tomo, Ia dengan gagah beraninya dan sebuah pidato untuk membakar seluruh semangat bagi para pejuang.

Akhirnya pertempuran Surabaya berlangsung sekitar selama 3 minggu dan dimenangkan oleh hidup pihak sekutu. Meskipun kota Surabaya sudah jatuh ketangan sekutu, namun perlawanan rakyat Surabya pada waktu itu membangkitkan semangat juang kepada seluruh rakyat Indonesia.

Demikianlah pembahasan makalah tentangCerita Inspiratif. Semoga bermanfaat …

Baca juga :