Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan (عُطْلَةٌ)

Posted on

Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan – Hari libur merupakan hari yang ditunggu – tunggu oleh semua orang terutama bagi pelajar dan karyawan – karyawan perusahaan. Sebab, pada hari libur tersebut mereka bisa bebas untuk melakukan apa saja tanpa terikat, tekanan atau tugas yang diberikan oleh atasan atau guru bagi para pelajar.

Dalam bahasa Indonesia, hari libur artinya adalah suatu masa di mana orang-orang dapat meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan.

Dalam istilah bahasa Arab, libur disebut  عُطْلَةٌ جـ عُطْلَاتٌ  atau  إِجَازَةٌ جـ إِجَازَاتٌ  dan untuk hari libur resmi disebut ٌعُطْلَة رَسْمِيَّةٌ.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang cerpen bahasa Arab tentang liburan. Apakah kalian juga sering melakukan liburan ? Apakah kalian juga pernah menceritakan bagaimana cerita liburan kalian setidaknya dalam bentuk cerpen (cerita pendek) ? 😀

Baiklah tidak perlu panjang lebar, mari kita simak cerpen tentang liburan berikut dibawah ini !

Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan

Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan (عُطْلَةٌ)

Dibawah ini adalah cerita pendek dengan tema Berlibur Kepantai !

عُطْلَةٌ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ

أَتَكَلَّمُ عَنْ عُطْلَتِيْ مَعَ عَائِلَتِيْ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ. أَنَا علي ، وَقَدْ دَرَسْتُ فِي المَدْرَسَةِ ثَانِيَةَ الدَّوْرِ، فَحَانَ وَقْتُ عُطْلَةِ المَدْرَسَةِ، أُخَطِّطُ مَعَ عَائِلَتِيْ لِقَضَاءِ العُطْلَةِ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ فَاعَنْدَارَانْ جَاوَى الغَرْبِيَّةِ ثَلَاثَ أَيَّامٍ. إِنَّمَا نَسْتَغْرِقُ أَيَّامَ العُطْلَةِ بِالْعُطْلَةِ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ لِلْإِسْتِرَاحَةِ مِنْ أَعْمَالِنَا اليَوْمِيَّةِ، وَالتَرْكِ مِنَ التَّعَبِ وَالمَشَقَّةِ.

فَأَسْتَعِدُّ كُلَّ شَيْءٍ مَعَ أَبِيْ وَأُمِّيْ وَأُخْتِي الصَّغِيْرَةِ قَبْلَ سَافَرْنَا إِلَيْهِ، نَحْنُ نَأْخُذُ المُؤْنَاتِ الكَافِيَةَ مِثْل المَصْرُوْفِ وَالمَلَابِسِ وَالأَطْعِمَةِ وَالمَشْرُوْبَاتِ وَغَيْرِهَا مِنْ مُؤْنَاتِ الَّتِيْ نَحْتَاجُ فِيْهِ، ثُمَّ نُدَخِّلُهَا إِلَى السَّيَّارَةِ.

بَعْدَ مَا نَسْتَعِدُّ كُلَّ شَيْءٍ سَافَرْنَا إِلَيْهِ بِالسَّيَّارَةِ. نَحْنُ نَذْهَبُ مِنَ البَيْتِ فِيْ بَانْدُوْنج إِلَى فَاعَانْدَارَان فِي السَّاعَةِ العَاشِرَةِ صَبَاحًا، وَيَسْتَغْرِقُ لِلذِّهَابِ إِلَيْهِ حَوَالَيْ خَمْسَةَ سَاعَةٍ. فِي السَّفَرِ نَنْظُرُ تَنَوُّعَ المُوَاصَلَاتِ وَالعِمَارَاتِ وَالمَنَاظِرَ الجَمِيْلَةَ، وَفِيْ أَوْسَطِ السَّفَرِ عِنْدَمَا حَانَ وَقْتُ الظُّهْرِ نَحْنُ نَقِفُ فِيْ مِنْطَقَةِ اسْتِرَاحَةٍ لِصَلَاةِ الظُّهْرِ فَنَسْتَرِيْحُ لِنَبْذِ التَّعَبِ وَالنُّعَاسِ حَوَالَيْ ثَلَاثِيْنَ دَقِيْقَةً، وَبَعْدَ مَا نَنْشَطُ نَسْتَمِرُّ سَفَرَنَا.

فَوَصَلْنَا إِلَى فَاعَانْدَارَان فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ مَسَاءً، نَوْقَفَ السَّيَّارَةَ فِي مَوْقِفِ السَّيَّارَاتِ. نَنْظُرُ فِيْهِ السَّيَّارَاتِ السِّيَاحِيَّةِ الَّتِيْ يَسْتَعْمِلُهَا السُّيَّاحُ. وَبَعْدَ ذلِكَ نَحْجِزُ الحُجْرَةَ فِي الفُنْدُقِ القَرِيْبِ مِنْ شَاطِئِ البَحْرِ، فَنَدْخُلُ الحُجْرَةَ ثُمَّ نُقِيْمُ بِصَلَاةِ العَصْرِ وَنَسْتَرِيْحُ فِيْهَا.

فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ صَبَاحًا نَذْهَبُ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ أَخْذًا بِالمُؤْنَاتِ الَّتِيْ قَدْ أُسْتُعِدَّتْ. بَعْدَ مَا وَصَلْنَا إِلَيْهِ نَحْنُ نَنْتَشِرُ الحَصِيْرَةَ عَلَى الرِّمَالِ، نَضَعُ المَأْكُوْلَاتِ وَالمَشْرُوْبَاتِ عَلَيْهَا، فَنَجْلِسُ عَلَيْهَا، وَطَقْسُ ذلِكَ اليَوْمِ مُشَمَّسٌ وَنَسِيْمٌ يَنْفَخُنَا، فَنَنْظُرُ البَحْرَ الَّذِيْ لَوْنُهُ أَزْرَق، فِيْ بَعْضِ الأَحْيَانِ نَنْظُرُ دَارَفِيْلَ الَّتِيْ تَقْفَزُ بِطَرِيْقَةٍ أَجْمَل، وَكَذلِكَ نَنْظُرُ المَنَاظِرَ الجَمِيْلَةَ، وَهُنَاكَ سُّيَّاحٌ يَلْعَبُوْنَ الرِّمَالَ وَالمِيَاهَ، فَأَحْمَدُ اللهَ الأَكْبَرَ عَلَى قُدْرَتِهِ فِي الخَلْقِ وَالتَّرْبِيَةِ عَلَى هذِهِ العَالَمِ الأَجْمَل.

فَنَأْكُلُ فِيْهِ مَعًا، ثُمَّ بَعْدَ ذلِكَ نَسْبَحُ فِي البَحْرِ السَطْحِيِّ وَنَلْعَبُ فِيْهِ الرِّمَالَ وَالمِيَاهَ، فَفَرَحْنَا كَثِيْرًا. وَفِي اليَوْمِ الثَّالِثِ مِنَ العُطْلَةِ نَتَمَاشِيْ إِلَى السِّيَاحَاتِ الكَائِنَاتِ الأُخْرَى الَّتِيْ كَانَتْ فِيْهِ. وَأَخِيْرًا نَحْنُ نَتَسَوَّقُ اللُّهَنَ مِنَ المَلَابِسِ وَالمَوَاهِبِ وَالمَأْكُوْلَاتِ وَغَيْرِهَا ذِكْرَيَاتٍ مِنْ فَاعَنْدَارَان. فَبَعْدَ انْتَهَيْنَا مِنْ عُطْلَتِنَا فِيْ شَاطِئِ البَحْرِ فِيْ فَاعَنْدَارَان نَرْجِعُ إِلَى بَيْتِنَا

Artinya :

Liburan Ke Pantai

“Saya akan membahas liburan saya dengan keluarga saya. Nama saya Alli, saya belajar selama 2 semester. Ketika liburan sekolah tiba, saya mengatur liburan dengan keluarga saya selama 3 hari di Pantai Pangandaran di Jawa Barat. Tujuan kami adalah menyingkirkan rasa penat dari segala rutinitas yang kami lakukan sehari-hari.

Jadi saya menyiapkan semuanya dengan ayah, ibu dan saudara perempuan saya sebelum pergi ke pantai Pangandaran. Kami memiliki persediaan yang cukup bersama kami seperti , pakaian, makanan ringan hingga makanan berat dan tentunya air minum dan hal-hal lain untuk berada di sana. Ini benar-benar diperlukan setelah stok siap. Kami kemudian memasukkannya ke dalam mobil.

Ketika semuanya sudah siap, kami pergi untuk mengendarai mobil. Kami meninggalkan Bandung menuju Pangandaran pada pukul 10 pagi untuk tiba. Selama perjalanan kami melihat berbagai moda transportasi, bangunan, dan pemandangan indah.

Dalam perjalanan, ketika tiba waktunya untuk beribadah kami berhenti di tempat istirahat untuk berdoa dan beristirahat sebentar untuk menghilangkan kepenatan dan beristirahat sekitar 1 jam setelah kami merasa sudah tidak ngantuk dan lelah kami semua melakukan perjalanan lagi.

Kami tiba di Pangandaran pada jam 3:00 malam. dan pertama kita memarkir mobil di tempat parkir di mana kita melihat banyak mobil digunakan oleh wisatawan. Setelah itu kami aku dan ayah kemudian memesan kamar di sebuah hotel di dekat pantai, lalu kami memasuki kamar, kemudian kami shalat Ashar dan kemudian kami semua beristirahat lagi.

Pukul 7 pagi kami pergi ke pantai dengan makanan siap saji. Ketika kami sampai di pantai kami membentangkan karpet di atas pasir tempat kami membawa makanan dan minuman dan duduk di sana, cuaca sangat cerah, angin bertiup ke arah kami ketika kami melihat lautan yang begitu biru sehingga kadang-kadang terlihat melompat di bawah lumba-lumba beberapa kali untuk memancing dengan cara yang mengejutkan. Kami melihat pemandangan yang indah. Ada banyak turis yang bermain pasir dan air. Saya memuji Tuhan Yang Mahakuasa atas kekuatannya yang maha kuasa untuk menciptakan dan melestarikan kualitas yang indah ini.

Kami makan di sana setelah berenang di air dangkal dan bermain dengan pasir dan air. Kami sangat bahagia. Pada hari ketiga liburan kami, kami mencapai pemandangan lebih lanjut. Pada akhirnya kami membeli oleh-oleh berupa pakaian, perhiasan, makanan, dan oleh-oleh pangandaria lainnya. Setelah selesai liburan di Pantai Pangandaran, kami pulang. “

Demikianlah pembahasan makalah tentang Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan. Semoga bermanfaat ….