Ciri Ciri Hedonisme

Posted on

Ciri Ciri Hedonisme – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Hedonisme yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dalam bahasa itu, hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “hedone”, yang berarti kesenangan. Hedonisme mengajarkan bahwa kesenangan atau kesenangan adalah makna hidup dan indikasi perilaku dalam anggota masyarakat.

Apa Itu Hedonisme ?

Hedonisme adalah sejenis ideologi atau konsepsi kehidupan yang mengatakan bahwa kebahagiaan dicapai hanya dengan mencari sebanyak mungkin untuk kesenangan pribadi dan menghindari perasaan menyakitkan.

Untuk memahami hedonisme, kesenangan pribadi atau kesenangan dalam kelompok adalah yang terpenting. Mereka tidak peduli dengan perasaan atau kegembiraan orang lain.

Karena itu, dapat dikatakan bahwa hedonisme adalah gaya hidup yang didasarkan pada keinginan. Pengikut hedonisme disebut hedonis. Hedonisme terkait erat dengan kemakmuran, kesenangan batin, kesenangan seksual, kekuasaan dan kebebasan.

Sejarah Dari Hedonisme

Sejarah Dari Hedonisme

Hedonisme dimulai pada sejarah awal filsafat pada 433 SM. Chr. (V. Chr.) Muncul. Karakter utama yang menghasilkan hedonisme adalah Aristippus dari Kirene (433-355 SM), yang menjawab pertanyaan filosofis yang terkenal. Pertanyaan itu diajukan oleh Socrates: “Apa tujuan hidup manusia?” Aristippus menjawab bahwa yang terbaik adalah “kesenangan.”

Aristippos ini adalah filsuf Yunani dari Kirene, Afrika Utara. Aristippus memiliki hubungan yang baik dengan Socrates. Setelah kematian Socrates, Aristippos menjadi guru profesional di Athena. Kemudian ia mendirikan sebuah sekolah yang disebut “Sekolah Cyrenaic” di Kyrene (kota kelahirannya). Sekolah ini menyampaikan perasaan senang sebagai kebenaran dalam hidup.

Baca Juga :   Soal Seni Budaya Kelas 11

Menurutnya, kehidupan orang bijak selalu berusaha untuk menjamin kesenangan maksimal. Sebenarnya, Aristippos setuju dengan Socrates bahwa kebajikan dalam hidup adalah “hal yang baik,” tetapi ia menyamakan makna “yang baik” dengan kesenangan, mungkin ia hanya berpikir bahwa “yang baik” itu baik untuk Anda. Aristippos melihat kesenangan dalam bentuk olahraga (kesenangan fisik), menurutnya ada tiga jenis gerakan, yaitu:

  • Gerakan kasar, gerakan yang menyebabkan ketidaksenangan dan rasa sakit.
  • Gerakan lembut, gerakan yang membuat Anda bahagia.
  • Tidak ada gerakan, yang merupakan keadaan netral, misalnya saat tidur.

Karakter utama lain dari hedonisme adalah Epicurean.

Dia 342 SM. Lahir di Samos, Yunani, dan meninggal pada 270 SM. Di Athena Ajaran Epicurean menekankan bahwa “apa yang baik adalah sesuatu yang memberi kesenangan, dan apa yang buruk adalah sesuatu yang mengarah pada pemiskinan.

” Namun, kesenangan yang dirujuk di sini bukanlah kesenangan bebas tanpa aturan, melainkan kesenangan yang mendalam. Kenikmatan biasanya dicapai dengan memenuhi keinginan kita. Epicureans membagi keinginan menjadi tiga cara, yaitu:

  • Keinginan alam yang harus dipenuhi (makanan untuk melanjutkan)
  • Keinginan alami yang bisa dipenuhi atau tidak (makanan enak)
  • Hasrat alami yang sia-sia (kekayaan berlebihan)

Epikuros mengajarkan bahwa penting untuk membatasi kepuasan keinginan untuk mencapai kenikmatan tertinggi, oleh karena itu ia mengusulkan untuk hidup sederhana. Tujuannya adalah untuk mencapai “ataraxia”, ketenangan jiwa, batan, bebas dari kegelisahan gelisah dan dalam kondisi seimbang.

Kebahagiaan yang dicari para pecinta adalah kebahagiaan pribadi, tetapi mereka mengakui bahwa berteman dan kerabat bisa menjadi kesenangan nyata (Ataraxia). Sayangnya, pemahaman ini dalam perkembangannya telah menjadi pemahaman yang terbatas pada kesenangan, kesenangan, dan kebahagiaan, baik dalam bentuk uang atau aset lainnya.

Baca Juga :   Soal UNBK SMP 2019

Sementara di Eropa Barat pada Abad Pertengahan dimulai pengembangan hedonisme di Eropa. Pada abad ke-18, Eropa diperintah oleh tiga kelompok besar, raja dan kaum bangsawan, gereja dan rakyat jelata (penguasa feodal). Sekarang gereja memiliki otoritas tertinggi di antara ketiga kelompok ini, ia memiliki hak khusus untuk mengatur kehidupan ekonomi dan politik, bahkan jika itu dapat membatasi kebebasan setiap individu dalam semua aspek kehidupan.

Raja dan kaum bangsawan juga adalah mereka yang memiliki hak-hak khusus, sedangkan rakyat jelata dianggap sebagai tanpa hak. Ini akan memperlakukan orang tanpa manusia dengan kejam. Oleh karena itu, perlawanan penduduk mulai.

Perlawanan ini kemudian memicu revolusi, sehingga ada banyak perubahan di semua bidang kehidupan. Ideologi baru telah muncul di berbagai bidang, yaitu hedonisme di bidang sosial budaya, liberalisme di bidang politik, nilai bebas di bidang sains, dan kapitalisme di bidang ekonomi.

Ciri – Ciri Dari Hedonisme

  • Kenikmatan pribadi adalah tujuan utama dalam hidup.
  • Mengabaikan perasaan atau kebahagiaan orang lain dalam memenuhi keinginan.
  • Materialis yang tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki, selalu mencari lebih banyak kekayaan dan kekayaan adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan.
  • Konsumen serakah dengan memprioritaskan keinginan untuk membeli sesuatu daripada memprioritaskan kebutuhan.
  • Pergaulan bebas.
  • Diskriminasi, individu membedakan berdasarkan kekayaan dan menganggap diri mereka lebih tinggi dari orang lain sehingga mereka cenderung sombong.

Kelebihan Dari Hedonisme dan Kekurangannya

Manfaat Hedonisme

  • Motivasi yang kuat untuk memenuhi keinginannya.
  • Jangan pernah menyerah dan bersikeras.
  • Hargai waktu dan peluang, karena setiap peluang digunakan untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan.

Kurangnya Hedonisme

  • Untuk menghentikan semua cara untuk memenuhi keinginan mereka sehingga mereka cenderung menggunakan metode negatif (tidak baik).
  • Egosi dan tidak memiliki kepekaan sosial.
  • Yang lain mengganggu karena orang-orang di sekitar mereka tidak ada artinya bagi mereka jika mereka menyadari kehendak mereka
Baca Juga :   Pengertian Museum

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Ciri Ciri Hedonisme. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Ciri Ciri Hedonisme Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar