Contoh Adat Istiadat

Posted on

Contoh Adat Istiadat – Di Negara Indonesia kita ini, beragam sekali Suku, Budaya, Adat Istiadat yang masih dilestarikan sampai sekarang dari Zaman Nenek Moyang. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang Adat Istiadat secara rinci. Apasih Adat Istiadat itu? Nah mau tahu lebih jelas kan? Yuk kita simak penjabaran dibawah ini.

Contoh Adat Istiadat

Definisi Adat Istiadat

Adat Istiadat merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh nenek moyang indonesia yang masih dilestarikan sampai sekarang oleh masyarakat didaerah tersebut yang masih mempercayainya sebagai tradisi yang harus dilestarikan.

Pengertian Adat Istiadat Menurut Para Ahli

J. C. Mokoginta

Menurut J. C. Mokoginta yaitu, Adat Istiadat merupakan salah satu bagian dari tradisi yang telah mengaitkan kebudayaan di kahidupan masyarakat. Adat Istiadat atau sebuah Tradisi dalam artian lain mengungkapkan bahwa kebiasaan ini merupakan sebagai salah satu warisan atau suatu penerimaan sebuah norma kemasyarakatan secara umum yang berada di dalam lingkungan masyarakat.

Harjito Notopura

Menurut Harjito Adat Istiadat yaitu, hukum adat merupakan hukum yang tidak tertulis, dengan berbagai ciri khas yang menjadi sebuah pedoman kehidupan di lingkungan masyarakat dalam melaksanakan keadilan dan juga kesejahteraan masyarakat.

Raden Soepomo

Raden Soepomo mengungkapkan bahwa hukum adat merupakan sinonim dari sebuah hukum yang bersifat tidak tertulis yang berada didalam suatu peraturan Legislative. Hukum, berkembang sebagai konvensi di suatu badan hukum negara, dan hidup sebagai sebuah peraturan dan kebiasaan didalam kehidupan kota maupun pedesaan.

Baca Juga :   Fungsi Perjanjian Internasional

 Koen Cakraningrat

Menurut Koen Cakraningrat Adat Istiadat merupakan salah satu wujud dari suatu budaya yang digambarkan sebagai sebuah peraturan tingkah laku. Adat merupakan sebuah norma atau aturan yang tidak tertulis namun kehadirannya memberi pengaruh yang sangat kuat dan mengikat. Jika terdapat seorang masyarakat yang melanggar sebuah peraturan adat maka akan diberikan sanksi yang dapat menghukumnya.

Jenis Adat Istiadat

Dibawah ini merupakan penjelasan dari beberapa jenis Adat Istiadat yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

Adat Original

Adat Original merupakan salah satu Adat Istiadat yang asli dari daerah tersebut tanpa adanya sebuah campuran dari tradisi daerah luar. Adat Original biasanya terdapat di suatu daerah yang belum mendapat atau sangat sulit untuk dijangkau oleh masyarakat luar. Adat Original bisa terjadi disebabkan oleh masyarakat yang menempati suatu daerah yang sangat sulit untuk menerima sebuah perbedaan.

Adat yang Diadatkan

Adat yang Diadatkan merupakan salah satu adat istiadat yang dibentuk karena adanya sebuah Integrasi Nasional dari beberapa Unsur Asimilasi dan Akulturasi Budaya. Penggabungan dan perpaduan dari Unsur Asimilasi dan Akulturasi budaya di beberapa wilayah di Indonesia yang terjadi karena adanya sebuah perbedaan dari kebudayaan tersebut. Adat yang Diadatkan ini memiliki kemampuan untuk membentuk sebuah kebudayaan yang baru. Hal ini bisa terjadi karena sebuah kebudayaan asli di suatu wilayah sudah tercampur dengan kebudayaan dari daerah lain.

Contoh Adat Istiadat dan Daerah Asalnya

Di Indonesia memiliki banyak sekali Adat Istiadat yang sudah ditanamkan dari berbagai macam daerah yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

Adat Istiadat di Daerah Jawa

Contoh Adat Istiadat

Sebagian besar Adat dari masyarakat Jawa berasal dari sebuah warisan Nenek Moyang. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan masuknya sebuah agama Islam ke Pulau Jawa, beberapa adat dan tradisi sudah mengalami Asimilasi dan mulai berubah sesuai dengan ajaran dari agama Islam.

Baca Juga :   Pengertian Sel

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari adat istiadat Jawa yang perlu kita ketahui yaitu, sebagai berikut ini :

  • Pernikahan.
  • Tingkepan (Mitoni).
  • Tradisi Grebeg (Acara Muludan).
  •  Upacara Sekaten.
  • Ruwatan (Upacara Menghilangkan Kesialan).

Adat Istiadat di Daerah Bali

Contoh Adat Istiadat

Tradisi unik yang diselenggarakan di berbagai tempat di daerah Bali, menjadi suatu hal yang sangat Istimewa untuk dinikmati oleh sebagian besar wisatawan yang datang ke daerah Bali. Para Wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di pulau Dewata, akan mendapatkan sebuah pengalaman yang Istimewa yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari adat istiadat Bali yang perlu kita ketahui yaitu, sebagai berikut ini :

  •  Tradisi Mekare-Kare (Perang Pandan).
  • Tradisi Makepung (Pacuan Kerbau).
  • Tradisi Mesbes Bangke.
  • Tradisi Mesuryak.
  • Upacara Melasti.

Adat Istiadat di Daerah Lampung

Contoh Adat Istiadat

Banyak momen atau waktu yang digunakan untuk menggelar sebuah Upacara Adat Lampung, ada yang dilaksanakan sebelum prosesi Pernikahan, ada juga yang digelar ketika bayi baru lahir hingga Upacara untuk mensyukuri rumah yang baru akan ditempati. Dari berbagai macam Upacara yang ada, ada yang memiliki sifat sakral dengan segala macam ritualnya dan juga ada yang bersifat sekedar hanya untuk sebuah hiburan.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari adat istiadat Lampung yang perlu kita ketahui yaitu, sebagai berikut ini :

  • Djujor (Nyakak/Matudau).
  • Gawi (Ritual Kehidupan).
  • Ngebabali (Ritual Pembukaan Lahan Baru).
  • Ngambabekha (Ngusih Pulan).
  • Ngumbai Lawok (Upacara rasa Bersyukur).

Adat Istiadat di Daerah Sumatra Barat

Contoh Adat Istiadat

Daerah Minangkabau, Sumatera Barat biasanya dikenal dengan sebutan bumi Sitti Nurbaya. Sebutan ini muncul karena terbentuk dari salah satu novel Marah Rusli yang berjudul Kasih Tak Sampai, novel ini terdapat salah satu tokoh yang sangat populer yaitu Sitti Nurbaya.

Baca Juga :   Mobilitas Sosial

Selain mempunyai kebudayaan yang unik dari sesosok gadis Minang, Minang juga mempunyai banyak sekali keragaman budaya yang terkenal yaitu, sebagai berikut ini :

  • Upacara Turun Mandi (Upacara Kelahiran Bayi).
  • Makan Bajamba (Makan barapak).
  • Batagak Pangulu.
  •  Tabuik (Upacara Memperingati Meninggalnya Cucu Nabi Muhammad .Saw).
  • Pacu Jawi.

Demikianlah ulasan menganai Adat Istiadat beserta Contohnya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Baca Artikel Terkait lainnya :

Contoh Adat Istiadat Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar