Contoh Brosur

Posted on

Contoh Brosur- Simple, Sekolah, Sederhana, Wisata, Perusahaan, Menarik- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini penulis akan berbagi ilmu mengenai Contoh Brosur yang simple dan menarik meliputi cotoh brosur sekolah, wisata, perusahaan, dan lain – lain.

Materi ini sangat cocok mengingat bulan ini adalah bulan – bulannya mendekati ujian akhir kelulusan. Itu artinya banyak calon siswa yang akan mencari sekolah mana yang akan mereka daftar. Salah satu cara mengenalkan tentang informasi suatu madrasah atau sekolah kepada calon siswa adalah dengan menggunakan brosur.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak materinya baik – baik di bawah berikut ini ya ….

Pengertian Brosur

Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau di singkat KBBI, brosul adalah sebuah publikasian singkat yang tersusun atas beberapa jumlah halaman tanpa di jilid.

Publikasi tersebut bisa berupa promosi tentang sebuah produk, layanan, lowongan pekerjaan ataupun tentang pengenalan dan penerimaan siswa baru pada seklah atau madrasah.

Brosur juga dapat si artikan sebagai suatu selebaran yang di cetak dengan isi tentang suatu keterangan singkat mengenai sebuah instansi atau lembaga, perusahaan atau jasa, organisasi maupun kepentingan umum lainnya.

Menurut Alan Swann, beliau mengatakan bahwa brosur itu ialah sebuah pamflet atau booklet kecil dan berbentuk selebaran yang berisi tentang penjelasan tentang produk atau karakter suatu produk ataupun sebuah jasa serta gambarannya.

Brosur Bentuk Selembaran yang terlipat

Yaitu sebuah brosur yang terdiri atas selembaran sebuah kertas yang kemudian dikemas dengan menggunakan cara di lipat, boleh itu satu kali lipatan atau dua kali lipatan.

Contohnya perhatikan gambar di bawah :

Perbedaan antara Brosur dengan Poster

Jika di amati maka sekilas akan terlihat sama antara brosur dengan poster. Namun, masih ada perbedaannya, perbedaan tersebut terletak pada metode penyebarannya dan cara pengemasannya.

Baca Juga :   Contoh Struktur Kalimat Majemuk Bertingkat

Jika brosur dapat dikemas dengan beberapa kali lipatan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, sedangakan poster di kemas dalam bentuk lembaran yang utuh. Kemudian, jika brosur dalam hal penyeberannya langsung diberikan kepada para khalayak, maka jika poster cara penyebarannya adalah dengan menempelkannya di tempat – tempat yang strategis seperti di pohon, tembok, dan lain – lain.

Fungsi Kegunaan dari Brosur

Fungsi di buatnya sebuah brosur adalah untuk membantu dalam hal promosi atau pemasaran suatu produk. Namun, terdapat fungsi utama brosur, yaitu : untuk memberikan sebuah informasi kepada masyarakat umum tentang suatu produk yang akan ditawarkan secara detail dan lengkap.

Ciri-Ciri Brosur

Ketika kita mengetahui sesuatu agar tidak salah, maka kita harus mengetahui beberapa ciri – ciri yang terkandung. Ciri – ciri ini lah yang membedakan antara brosur dengan media – media promosi lainnya.

Dan berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari brosur yaitu sebagai berikut :

  1. Pada umumnya brosur mempunyai pesan tunggal.
  2. Tujuan brosur adalah memberikan sebuah informasi mengenai suatu produk kepada khalayak masyarakat luas.
  3. Diterbitkan hanya sekali.
  4. Brosur di buat dengan semenarik mungkin supaya dapat menarik minat dan perhatian publik.
  5. Dikeluarkan sendiri oleh suatu perusahaan atau lembaga instansi.
  6. Membuat suatu desain yang sangat menarik dan kandungan isinya yang sangat jelas.

Tujuan Brosur

Secara umum brosur memiliki fungsi dan tujuan yakni sebagai alat atau media penyampai sebuah informasi secara persuasif dan informatif.

Sebagai media informati contohnya adalah brosur yang di gunakan untuk memberikan atau menyampaikan sebuah informasi tertentu seperti : informasi tentang suatu produk, jenis produk, dan lain – lain.

Dan sebagai media persuasif yaitu, brosur di gunakan sebagai alat pengaruh keada khalayak agar mau dan berkeinginan untuk melakukan suatu perubahan dalam hal perilaku, sikap, sosial dan pendapat.

Jenis – Jenis Suatu Brosur

Menurut bentuknya, maka brosur ini di bagi menjadi 5 jenis. Adapun kelima jenis bentuk brosur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Brosur

Brosur adalah saalh satu jenis media informasi berbentuk kertas selebaran yang bisa di lipat sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga :   Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang

Contoh :

2. Leaflet

Leaflet merupakan jenis brosur tradisional dalam promosi atau periklanan. Leaflet ini biasa di cetak dengan menggunakan sebuah kertas yang berbahan kertas. BIasanya kerts yang di gunakan adalah kerta carton atau paper.

MOdelnya sama dengan brosur yang bisa di lipat menurut keinginan, bedanya dari segi cetakannya saja.

Contohnya :

3. Booklet

Boolet merupakan selebaran berjenis brosur bedanya adalah dia hanya terdiri dari satu lipatan saja. Namun satu lipatan itu bisa terdiri dari beberapa lembar atau halaman. Bentuknya seperti buku namun tidak di jilid.

Booklet memiliki sebuah isi atau informasi lebih banyak dan lengkap di banding dengan leaflet. Sebab, booklet ini memiliki banyak halaman atau lembaran.

Booklet ini sangat berguna bagi para perusahaan untuk menjelaskan tentang beberapa macam produk yang ada dalam perusahaan tersebut, sehingga pihak perusahaan tidak perlu menjelaskan panjang lebar.

Booklet ini juga dapat memudahan para pembeli ketika menginginkan sesuatu maka tidak perlu datang langsung ke toko namun pembeli bbisa melihat-lihatnya terlebih dahulu di dalam booklet tersebut.

Contoh booklet :

4. Poster

Poster artinya adalah surat tempelan, maksudnya adalah sebuah surat yang berisikan suatu informasi yang di tempel pada sesuatu yang mudah di lihat oleh orang – orang.

Poster ini memiliki suatu ukuran panjang dan lebarnya sesuai dengan kebutuhan.

Poster ini umumnya memberika sebuah informasi mengenai suatu produk atau jasa dengan penyajiannya yang relatif singkat atau ringkas karena keterbatasan ruang dengan tujuan untuk menarik minat dan perhatian masyarakat agar mau mengetahui tentang suatu produk yang sedang di tawarkan atau tentang sebuah himbauan.

Contoh poster seperti :

5. Folder

Folder merupakan sebuah gabungan dari leaflet, booklet dan brosur. Bentuk folder ini seperti maap yang di dalamnya terdapat sebuah kantung yang berguna untuk menyimpan beberapa macam berkas seperti brosur, leaflet, surat, dan lain – lain.

Folder ini memiliki fungsi sebagai wadah penyimpanan aneka macam berkas tentang promosi, informasi dan lain – lain.

Dan folder ini mampu memberikan informasi lebih banyak dari pada brosur, leaflet dan booklet. Sebab, semua model berkas bisa di simpan di dalamnya.

Baca Juga :   Cerpen Bahasa Arab Tentang Liburan (عُطْلَةٌ)

Contoh folder seperti :

Kelebihan dan Kekurangan dari Brosur

Adapun kelebihan dan kekurangan dari brosur, yaitu sebagai berikut :

Kelebihan Brosur

Kelebihan dari brosur ini ada 5 amaca, yaitu :

  1. Semua pesan-pesan yang akan disampaikan bisa menjangkau semua khalayak dengan jumlah yang banyak, sesuai dengan jumlah pada brosur yang telah dicetak dan disebarkan kepada seluruh khalayak.
  2. Apabila ada kesempatan, maka penyebar brosur memiliki cukup waktu untuk menjelaskan mengenai materi yang ada di dalam brosur secara detail kepada para khalayak.
  3. Khalayak mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan suatu jawaban langsung mengenai sesuatu segala hal yang ada dan berkaitan dengan isi pada brosur dari penyebar brosur tersebut.
  4. Pelaku dari promosi, di dalam hal ini yaitu penyebar brosur, harus bisa melihat langsung mengenai kondisi emosi (psikologis) para khalayak, sehingga apabila ada sebuah kesempatan maka pelaku promosi bisa menambah ataupun mengubah tentangcara menyampaikan pesan tersebut dalam seketika.
  5. Pelaku promosi yaitu : penyebar brosur, bisa dengan mudah memperoleh para khalayak (calon konsumer) yang di anggap potensial.

Kekurangan Brosur

Selain kelebihannya, ada juga beberapa macam kekurangan dari brosur tersebut. Kekurangan dari brosur tersebut meliputi :

  1. Di dalam sebuah penyebarannya, brsur sangat bergantung kepada jumlah tenaga penyebar, maka sehingga kerap hanya bisa sanggup menyentuh sedikit khalayak di dalam satu waktu.
  2. Jikalau ada kesempatan tertentu untuk menambah atau mengubah cara penyampaian suatu pesan, maka prosesnya akan sangat bergantung kepada kemampuan para penyebar brosur tersebut dalam memperkuat suatu persuasi dan menyampaikan tentang informasi-informasi yang ada pada brosur.
  3. Tidak semua khalayak memperoleh penjelasan yang lebih lanjut oleh penyebar brosur tersebut.

Contoh Brosur

Berikut ini ada beberapa macam contoh brosur yaitu sebagai berikut :

Contoh Brosur Simple

Contoh Brosur Sekolah

Contoh Brosur Sederhana

Contoh Brosur Wisata Menarik

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Brosur. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: