Contoh Cerpen

Posted on

Contoh Cerpen- Cerpen Pendidikan, Pengalaman, Motivasi, Panjang, Remaja, Terbaik, Lucu, Dll- Hallo sahabat pembacayang budiman, pada kesempatan yang berbahagia ini, kita akan membahas makalah tentang Contoh Cerpen, baik itu cerpen tentang pendidikan dan lainnya. Cerpen di kenal sebagai karang cerita pendek yang di buat secara ringkas, adat dan jelas. Temanya bermacam-macam, mulai dari pendidikan, kisah lucu, dan lain sebagainya. Anak – anak pasti suka membaca atau dibacakan tentang cerita – cerita yang ada dalam karangan cerita pendek ini.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian tentang beberapa contoh cerpen dibawah berikut ini!

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah singkatan dari dua kata yaitu cerita pendek, yang memiliki pengertian yaitu sebuah jenis karya sastra bentuk prosa yang bersifat fiktif, yang berisikan tentang cerita atau penggambaran dari suatu kejadian atau kisah yang telah dialami oleh seseorang dalam tokoh ceritanya dengan menyertakan beberapa konflik dan juga solusi penyelesaian dari konflik tersebut.

Cerpen lebih cenderung pada cerita yang singkat atau ringkas, langsung pada tujuan dan padat. Terdiri kurang dari 10.000 kata serta terdapat puncak dari masalah dalam cerita dan solusi penyelesaiannya. Kemudian, cerpen ini lebih fokus kepada satu tokoh cerita saja.

Ciri – Ciri Cerpen

Adapun ciri – ciri dari cerpen adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah katanya terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata dalam satu cerita.
  2. Dapat selesai dibaca dengan hanya sekali duduk saja.
  3. Karangan ceria bersifat fiktif.
  4. Fokus pada satu alur atau hanya memiliki 1 alur saja (alur tunggal).
  5. Isi dari sebuah cerita pendek ini berasal dari kehidupan dalam sehari – hari.
  6. Kata – kata yang di gunakan adalah kata – kata yang mudah untuk dipahami oleh para pembaca.
  7. Lebih singkat bentuk tulisannya
  8. Memiliki jumlah penokohan yang lebih relatif sederhana.
  9. Hanya mengangkat beberapa peristiwa dari dalam kehidupan.
  10. Meninggalkan kesan dan pesan yang sangat mendalam sehingga dapat mempengaruhi parapembacanya.
Baca Juga :   Ragam Bahasa

Contoh – Contoh Cerpen

Berikut ini kita sajika beberapa contoh dari cerpen dengan berbagai tema. Mari kita baca ceritanya dibawah ini :

Contoh Cerpen tentang Persahabatan

“Baiknya Luar Dalam Sahabatku”

“Don, ada Diva tuh di samping nyariin kita kata Ria, temuin yuk. Dah nungguin kita dari tadi pagi.” Sahut Diva kepada Indah yang sedang menyelesaikan tugas sekolah di rumah Indah.

“Bi Sarti, bilang saja saya gak ada, sedang keluar atau cari alasan yang lain gitu.” Pintanya Indah pada Bi Sarti yang bekerja di rumahnya itu.

“Baik, Non.”

“Kamu kok gtu sama Diva? Padahal dia sudah datang jauh – jauh lho malah kamu gituin. Diva itu anak yang baik lho, In.”

“Iya dia memang kelihatan luarnya baik, ramah, santun dan manis. Tetapi apa hanya itu aja kamu mengukur dari sifat seseorang? Dari luar memang kelihatan baik. Tapi dalamnya tuh jahat.”

“Jahat bagaimana maksudnya?”

“Diva itu sering sekali ngomongin keburukan temannya sendiri jika di belakang orangnya. Dan banyak pokoknyalah, yang tidak dapat aku jelasin ke kamu.

“Tapi beda sama kamu, lihatlah dirimu ini. Judes, ceplas – ceplos kalo bicara sama aku. Tapi hatimu baik, Nin, bukan hanya baik di luar tapi dalamnya busuk.” Jelas Indah.

Contoh Cerpen tentang Komedi

“Cowok Idaman Cewek”

Pagi itu si Ina berangkat ke madrasah bersama Ika salah seorang sahabatnya. Sembari menyusuri lereng jalan yang biasa mereka lalui, Ina bertanya kepada Ika.

“Ka, menurut kamu tipe cewek idaman Si Ardi itu seperti apa sih?”

Sambil tersenyum Rina lantas menjawab. “Bagaimana ya? Setahu aku tipenya Ardi itusih gak muluk-muluk na. Sebab, setahu aku juga dia lebih suka sama cewek yang bersifat natural gitu lah.”

Baca Juga :   Kata Pengantar Laporan

“Hmm begitu ya, berarti gak suka sama cewek yang hobi dandan ya” Sambut Ina dengan wajah yang semakin berbinar kegirangan dalam hatinya.

“Ya bisa di kira – kira seperti itu lah.”

“Terus bagaimana dong supaya wajah ku tetep cantik meski gak pake make up tebal, tipis aja gtu biar kelihatan narutal?” Tanya Ina lagi.

“Coba saja Ina kamu pakai masker dengan bahan buah bengkoang dan scrub gula pasir agar bibir merah merona gitu” Jawab Ika.

“Wah bener juga ya, nanti malam aku coba deh Ka”

Dalam waktu beberapa hari ini Ina mencoba ide yang diberikan oleh temennya Ika. Ina pun sangat senang sebab wajahnya lama kelamaan mulai tampak menjadi lebih cerah serta berseri. Bekas jerawat diwajhnya yang awalnya tampak sangat jelas pun sekarang sudah mulai menghilang.

Masker buang Bengkoang dan Scrub dari gula pasir untuk wajah dan bibir pun tak pernah Ina lupa untuk terus ia gunakan karena mengingat seminggu lagi bakal ada acara pensi di Madrasah.

Sudah Pasti pada acara ini Ina bakal ketemu sama Ardi dan ia harus tampil cantik serta mempesona agar dapat menarik perhatian oleh Ardi, Lelaki idamannya itu.

Contoh Cerpen tentang Pendidikan

“Kewirausahaan”

Ola ialah salah satu mahasiswi lulusan pertanian yang memilih bidang berwirausaha daripada bekerja di kantoran. Uniknya, dia menjual produk yang berasal dari hasil olahannya sendiri yang dia racik berdasarkan penelitian yang dia lakukan di kampus. Produk dia yang ia jual ialah sambal dengan campuran bahan dari rumput laut yang ekonomis serta sehat.

Awalnya Ola memasarkan di kalangan teman kuliahnya sendiri hingga ke dosen dan berapa staf kampus. Hasil risetnya sampai masuk dalam kategori produk riset terbaik pada tahun 2019. Selain dari hargannya yang relatif sangat terjangkau dan sesuai dengan kantong mahasiswa, produknya juga berkualitas dan menyehatkan.

Baca Juga :   Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

“Ol, apa sih yang membuat kamu menjadi lebih suka berwirausaha? Padahal kamu itu termasuk mahasiswa berprestasi lho, dapat masuk perusahaan manapun yang kamu mau dengan mudah bahkan tanpa tes. Apalagi produk sambalmu ini kamu jual dengan harga terjangkau dan murah, bagaimana kamu dapat meraih keuntungan?” Tanya oleh salah satu temannya yang penasaran.

“Iya memang, aku dapat saja menjual produkku ini dengan harga yang tinggi apabila aku mau. Dan pasti juga laku. Di tambah laig bagi orang yang paham kesehatan. Aku juga dapat saja bekerja di perusahaan yang bonafit dengan gaji yang tinggi, dapat saja, Namun mohon maaf teman, aku kuliah tinggi- tinggi bukan demi uang atau balik modal dari seluruh biaya yang telah aku keluarkan. Aku bahagia apabila pekerjaan aku dapat bermanfaat bagi orang lain baik dari segi biaya dan kesehatan mereka.” Jelas Ola.

Setelah mendengar penjelasan Ola, temannya langsung terdiam membisu.

Demikianlah pembahasan makalah kita tentang contoh cerpen serta beberapa pembahasan pengertiannya. Semoga bermanfaat ya …

Baca juga :

Related posts: