Contoh Kritik Dan Saran

Posted on

Contoh Kritik Dan Saran, Contoh Kritik Dan Saran Untuk Organisasi, Contoh Kritik Dan Saran Untuk Sekolah, Dll – Hallo sahabat yang budiman, semoga kita selalu dalam limpahan rahmat dan hidayah dari Allah ta’alaa. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas makalah tentang Contoh Kritik Saran yang baik. Kritik dan saran biasanya di lontarkan kepada seseorang, atau sebuah karya seseorang dengan maksud untuk perbaikan dengan penyampaiannya menggunakan cara yang sopan dan santun tidak untuk menjatuhkan atau menyakiti. Itulah kritik dan saran yang baik.

Ada kata bijak yang mengatakan : “Kritik adalah vitamin, saran adalah suplemen.”

Baiklah mari kita langsung saja simak beberapa uraian materinya dan beberapa contohnya yaitu sebagai berikut !

Definisi Kritik

Kritik menurut KBBI ialah kecaman atau tanggapan atau kupasan yang terkadang disertai untaian dan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya dari seseorang.

Kalimat kritik biasanya bisa berupa tanggapan terhadap hasil karya atau komentar terhadap suatu objek. Kritik dapat dilandasi atas dasar setuju atau tidak setuju pendapat seseorang akan suatu hal atau masalah.

Walaupun kritik lebih sering kadang cenderung bersifat negatif. Namun pemberian kritik terhadap seseorang hedaknya disertai dengan argument yang membangun.

Baca : Pantun Bersajak AB AB

B. Definisi Saran

Saran menurut KBBI ialah pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk atau agar dipertimbangkan. Kalimat saran merupakan kalimat yang berupa pendapat atau bisa juga sebuah solusi terhadap suatu permasalahan atau objek.

Saran harus bersifat membangun untuk memberikan petuah atau nasehat yang baik. Saran sebaiknya dikemukakan dengan cara yang santun dan tidak menyinggung perasaan pihak lain yang diberikan saran.

Baca Juga :   Pengertian Orde Lama

Cara Menyampaikan Kritik Dan Saran Secara Baik Serta Contohnya

1. Pertama yaitu dengan cara kita menyimak terlebih dahulu secara seksama dari awal hingga akhir. Sehingga kritik dan saran yang diberikan dapat membangun dan tepat pada sasaran.

Contoh :

Situasi saat presentasi materi keagamaan tentang melestarikan alam di depan kelas, ada seorang murid yang memberikan saran supaya gambar yang disajikan pada papan tulis lebih jelas karena menurutnya gambarnya kurang detail membantu menjelaskan yang sedang dipresentasikan.

2. Bahasa yang digunakan harus santun dan sopan.

Ketika menyampaikan kritik dan saran ada hal yang harus diperhatikan adalah ketika memilih diksi yakni harus yang santun dan sopan supaya tidak menyinggung perasaan orang yang sedang diberikan kritik dan saran.

Contoh :

Dengan situasi yang sama seperti pada contoh diatas seorang murid dapat menyampaikan sarannya seperti, presentasimu bagus namun apabila gambar yang membantu menjelaskan keagamaan dengan tema melesatarikan alam dapat lebih jelas akan lebih membantu kami yang sedang menyimak.

Atau dbisa juga menggunakan kalimat sebagai berikut:
Akan lebih membantumu dalam presentasi apabila gambarmu lebih jelas dan detail sehingga kami yang menyimak akan lebih mudah memahami.

Baca : Pantun Kebersihan

3. Diikuti sebuah fakta yang benar

Contoh :

Dalam situasi yang sama seperti pada contoh sebelumnya, bahwa gambar yang disajikan di papan tulis terlalu kecil sehingga murid – murid yang sedang menyimak kesusahan melihat gambar yang dijelaskan.

4. Berikan sebuah jalan keluar.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaikan kritik dan saran ialah menggunakan bahasa yang santun. Hal – hal yang dapat perlu diperhatikan dalam bahasa yang santun itu adalah :

a. menyampaikan hal dengan jelas dan lugas
b. Ditunjukkan langsung kepada objek yang dijadikan kritikan
c. Diberikan masukan atau saran atau solusi
d. Beri penilaian yang logis dan masuk akal pada objek.

Baca Juga :   Contoh Recount Text - Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dan Contohnya

Contoh :

Pada situasi diatas presentator diberi kritik dan saran oleh seorang murid berupa “akan lebih membantumu dalam presentasi apabila gambarmu lebih jelas dan detail sehingga kami yang menyimak akan lebih mudah memahami”.

  1. Dalam menyampaikan kritik dan saran tersebut menggunakan bahasa yang jelas dan lugas
  2. Objek yang dijadikan kritikan ialah gambar pada papan tulis yang terlalu kecil sehingga tidak jelas dilihat oleh murid lainnya yang menyimak
  3. Masukan yang disampaikan adalah presentator dapat menggunakan gambar lain yang lebih baik dan jelas supaya murid – murid dapat lebih mudah melihat gambar yang ditunjukkan
  4. Hal yang disampaikan merupakan hal yang masuk akan dan logis sebab objek yang ditujukkan keresahan yang dirasakan murid sebagai penyimak.

Contoh Kritik Dan Saran Yang Baik

Berikut ini adalah contoh dari pengertian kritik dan saran, yaitu :

  1. Contoh Kalimat kritik adalah “Gambar yang kamu pilih terlalu kecil
  2. Contoh Kalimat saran  adalah “Seharusnya kamu memilih gambar yang lebih besar agar mudah dilihat”
  3. Contoh Kalimat kritik dan saran  adalah  “Gambar yang kamu pilih kecil, seharusnya pilih gambar yang lebih besar agar mudah dilihat“.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Kritik dan Saran. Semoga bermanfaat ….