Contoh Majas Paradoks

Posted on

Contoh Majas Paradoks – Majas mempunyai banyak sekali macamnya seperti salah satunya Majas Paradoks yang akan kita bahas hari ini. Apasih Majas Paradoks itu?

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, saya membahas tentang Majas Paradoks beserta dengan Struktur dan hal-hal yang terkait didalamnya.

Contoh Majas Paradoks

Definisi Majas Paradoks

Paradoks berasal dari bahasa Yunani yang berarti sebuah pendapat yang saling bertentangan. Majas ini merupakan salah satu kelompok majas pertentangan yang menyatakan dua hal yang memiliki makna saling berbeda. Ciri-ciri yang dapat membedakan majas ini dengan majas pertentangan yang lainnya adalah, didalam majas ini terdpat dua hal yang mengungkapkan sebuah pertentangan dalam satu kalimat, tetapi kedua hal tersebut mengungkapkan sebuah kebenaran.

Paradoks merupakan salah satu bentuk kalimat opini atau sebuah argumen dari pernyataan yang berlawanan dengan pendapat umum, sehingga terdengar sangat aneh. Beberapa dari para ahli mengungkapkan bahwa paradoks merupakan sebuah kalimat oposisi yang mengandung sebuah kalimat yang salah tetapi juga benar. Sehingga tidak jarang membuat heran bagi lawan bicaranya. Didalam suatu kalimat paradoks menyimpan sebuah kebenaran yang dapat dipertahankan.

Ciri-Ciri Majas Paradoks

Didalam Majas Paradoks terdapat 2 macam jenis ciri khas dari majas tersebut yang bisa membedakan majas ini dengan majas yang lainnya yaitu, dianataranya yang sudah tersedia dibawah ini :

1. Dua Kontek Berbeda Dalam Satu Kalimat

Didalam Majas Paradoks ini terdapat dua komponen yang sifatnya berlawanan. Jika kita hanya membaca dari deskripsi nya saja akan sangat sulit untuk mengkategorikan suatu kalimat yang akan kita identifikasi kedalam Majas Paradoks.

Baca Juga :   Daftar Pustaka

Contohnya : Cuaca boleh panas, tetapi hati dan fikiran kita harus tetap dingin.

Keterangan :

Pada contoh diatas, terdapat 2 kata yang saling bertentangan (tidak memenuhi syarat kalimat pararel), yaitu Panas dan Dingin.

2. Dua Konteks Berbeda Mengarah Satu Kalimat Kebenaran

Didalam Majas Paradoks ini untuk bisa membuat sebuah kalimat, kita harus menciptakan keselarasan dari penggabungan kata agar menghasilkan satu kata yang sama dan memiliki sebuah makna kebenaran.

Contohnya : Merasa sangat kesepian ditengah-tengah keramaian penduduk didalam kota.

Didalam contoh kalimat diatas, terdapat 2 jenis kata yang saling berlawanan, tetapi memiliki arti yang sama untuk kita dapatkan, yaitu Tinggal ditengah keramaian penduduk didalam kota, tetapi tidak semua orang kenal dengan penduduk kota yang lainnya.

Contoh Kalimat Majas Paradoks

Didalam Majas Paradoks terdapat beberapa contoh yang berbentuk kalimat yang bisa kita pahami maknanya yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Dia sudah menjadi buta terhadap laki-laki lain, karena didalam hatinya hanya terlihat seorang laki-laki yang sudah lama dia cintai.
  • Walaupun banyak sekali kata-kata yang ingin aku ucapakan, namun bibir ini seakan-akan membisu tak mampu mengeluarkan kata-kata sedikitpun.
  • Bentuk badannya memang seperti petinju tetapi tingkah lakunya sangat lemah lembut dan sopan santun.
  • Minuman keras masih sangat marak dijual bebas dipasaran, walaupun sudah sangat sering aparat dari kepolisian untuk merazia minuman tersebut.
  • Aku merasa begitu nyaman walaupun aku harus tidur di tempat yang tidak nyaman sekalipun.
  • Walaupun dia sudah menghabiskan kopi hitam sebanyak hampir 2 gelas, namun tetap saja dia terlihat mengantuk.
  • Sungguh miris, di negara kita yang kaya ini, masyarakat malah hidup didalam lingkaran sebuah kemiskinan.
  • Kenapa kamu baru datangkemari, ketika semua orang sudah mulai pergi dari sini.
  • Tubuhnya seakan-akan tidak mau tumbuh menjadi besar, padahal porsi makannya selalu banyak.
  • Aku akan tetap berada di sini, walaupun orang lain sudah mulai meninggalkan tempat ini.
  • Tanah itu tetap mengalami kesuburan, meski sekarang kekeringan sedang melanda dalam jangka waktu yang begitu lama.
  • Dia baru saja pulang ke rumah, tetapi saat ini yang lain justru sudah pergi dari rumah.
  •  Kenaikan harga dollar mengakibatkan penurunan terhadap kesejahteraan kehidupan rakyat.
Baca Juga :   Pengertian Ikhtisar, Ciri, Fungsi Dan Kegunaan Serta Contoh-Contohnya

Sekian dari artikel pembahasan yang mengenai Majas Paradoks beserta hal-hal yang terkait didalam nya secara lengkap. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Contoh Majas Paradoks Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar