Contoh Makalah

Posted on

Contoh Makalah- Makalah Sederhana, Penelitian, Mahasiswa, Pdf, Penelitian Ilmiah, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Makalah, Pengertian dan Contohnya lengkap.

Dalam dunia pendidikan, membuat makalah adalah kegiatan sehari – hari khususnya bagi para mahasiswa. Namun, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui apa pada hakekatnya makalh itu. Apakah hanya sebuah kata – kata yang terangkum dalam sebuah lembaran – lembaran ? atau yang lainnya, serta bagaimana cara membuatnya. Pada umumnya, ketika kita membuat sebuah makalah kita hanya bermodal dengan cara meniru, seperti meniru polanya, bagian – bagian komponennya tanpa meneliti atau mempelajari lagi apakah makalah itu sudah benar atau belum.

Jika tidak ada koreksi dari pihak guru atau dosen, maka kita tidak akan tahu kebenaran makalah yang kita buat.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi tentang makalah sebagai tambahan ilmu kita tentang pengetahuan makalah. Langsung saja mari kita simak dibawah ini!

Pengertian Makalah

Makalah ialah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu topik masalah tertentu yang tercakup di dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan.
Dalam pengertian yang lain, makalah ialah sebuah tulisan resmi yang membahas tentang sesuatu pokok yang memiliki tujuan untuk di presentasikan di depan muka umum atau dalam sebuah persidangan yang sering di susun untuk di terbitkan.
Pada dasarnya, makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan akan kebenarannya.

Ciri – Ciri dari Makalah

Ketika kita ingin membedakan sesuatu hal atau menemukan sesuatu, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri – cirinya. Begitu juga dengan makalah, ketika kita ingin mengetahui seperti apa itu makalah, maka kita harus mengetahui beberapa ciri – ciri dari makalah tersebut. Dan dibawah ini adalah beberapa ciri – ciri dari makalah tersebut : yaitu :

  1. Setiap makalah memiliki isitentang sebuah kajian literatur atau laporan suatu kegiatan pada lapangan yang sesuai dengan pokok pembahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.
  2. Berisikan tentang pendemonstrasian pemahaman dari seorang pemakalah tentang suatu permasalahan teori dan kemudian dikaji dengan menerapkan sebuah prosedur, kemudian teori, serta prinsip yang berhubungan langsung dengan mata kuliah atau mata pelajaran materi tertentu.
  3. Bisa menggambarkan tentang suatu kemampuan seorang pemakalah dalam meramu tentang berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh dan padat. Oleh karena itu, makalah yang dibuat itu harus benar – benar tersusun dengan rapi dan sempurna oleh pemakalah dengan cara selalu memperhatikan kaidah penulisannya (EYD), tata gaya bahasa, etika dalam menulis, etika dalam mengutip, serta cara menyimpulkan suatu gagasan dalam makalah tersebut yang juga harus diperhatikan.
  4. Suatu makalah harus mempunyai sistematika yang baik, tentang peletakan bab dan sub – sub babnya, dan lain – lain.  
Baca Juga :   Ragam Bahasa

Macam – Macam Jenis Makalah

Adapun macam jenis makalah ini di bagi menjadi tiga macam, yaitu :

  1. Makalah Induktif.
    Yang pertama adalah makalah induktif yaitu jenis makalah yang disusun yang berdasarkan dari sebuah hasil data empiris yang didapatkan melalui hasil penelitian di lapangan, dan pastinya penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang masih relevan dengan pokok bahasan yang akan dibahas di dalam makalah tersebut. 
    Dapat disebut makalah induktif juga apabila makalah tersebut dikembangkan dengan pola induksi, yakni : pada makalah tersebut harus diawali terlebih dahulu dengan hal – hal yang lebih bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi hal yang lebih bersifat umum atau bisa diatakan bahwa induktif adalah kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.
  2. Makalah Deduktif.
    Yang kedua yakni makalah deduktif ialah sebuah makalah yang disusun yang berdasarkan tentang suatu kajian teori yang dapat diperoleh dari sebuah literatur yang sudah ada. Bisa disebut makalah deduktif apabila makalah tersebut dikembangkan dengan pola deduksi.
    Deduksi ialah suatu makalah yang dapat dijelaskan dari hal yang bersifat umum terlebih dahulu kemudian menuju ke sifat yang lebih khusus.
    Dalam artian lain yaitu paragraf utama berada di awal paragraf, dan kemudian diikuti oleh kalimat – kalimat pendukung atau kebalikan dari Induktif.
  3. Makalah Campuran.
    Yang terakhir ini yaitu makalah  campuran ialah jenis makalah yang terdiri dari gabungan dari dua makalah yaitu gabungan antara makalah induktif dengan makalah deduktif, yang mana keduanya dasar penyusunannya ialah suatu kajian yang menggunakan teori dan sebuah data empiris. Paragraf – paragraf yang ada dalam makalah ini juga diawali dengan hal – hal yang lebih bersifat umum yang diikuti dengan suatu kalimat – kalimat penjelas yang lebih bersifat khusus, kemudian ditutup lagi dengan kesimpulan yang lebih bersifat umum. 

Kerangka Makalah

Kerangka adalah komponen – komponen penyusun dari sebuah makalah, yaitu terdiri dari :

1. Hal – Hal yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pembuatan Makalah

  1. Cover atau Sampul makalah menggunakan Kertas Buffalo atau juga boleh kertas yang berwarna
  2. Kemudian isi dari makalah tersebut menggunakan Kertas A4
  3. Model huruf umunya yang di gunakan adalah model Times New Roman
  4. Ukuran huruf umunya yang di pakai adalah 12
  5. Jarak spasi umunya adalah 1,5
  6. Margin atau rata – rata yaitu :
    Bagian Atas : 4 cm, Bagian Bawah : 3 cm, Bagian Kanan : 3 cm, dan Bagian Kiri : 4 cm
Baca Juga :   Bahasa Arab Perawat

2. 8 Poin Penting dalam Makalah

Poin ini sangat penting dalam sebuah makalah, untuk itu kita wajib mengetahuinya. 8 poin penting tersebut meliputi :

  1. Cover Makalah (Sampul)
  2. Kata Pengantar pada Makalah
  3. Daftar Isi pada Makalah
  4. Pendahuluan pada Makalah
  5. Pembahasan pada Makalah
  6. Penutup pada Makalah
  7. Daftar Pustaka pada Makalah
  8. Lampiran pada Makalah (khusus yang ini adalah apabila ada yang perlu dilampirkan, seperti : foto, dokumen penandatanganan dan yang lainnya)

Contoh Makalah

MAKALAH TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER”

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa menyusun Tugas Bahasa Indonesia ini dengan baik dan tepat pada waktuny. Seperti  yang telah kita ketahui bersama bahwa “Pendidikan Karakter” adalah suatu hal yang sangat penting bagi anak bangsa dari mulai sejak dini. Semua akan dibahas pada makalah ini seperti tentang kenapa  Pendidikan Karakter itu sangat dibutuhkan dan layak untuk dijadikan sebagai materi pelajaran.Tugas ini kita buat untuk memberikan  penjelasan tentang suatu keberadaan Pendidikan Karakter bagi kemajuan bangsa. Semoga makalah yang kita buat ini bisa membantu menambah wawasan kita untuk menjadi yang lebih luas lagi. Kami menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam menyusun sebuah makalah ini. Oleh sebab itu,  kritik dan saran yang sifatnya membangun sangatlah kami harapkan guna kesempurnaan makalah ini. Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Pembina mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu bapak Idoy Suraji, dan  untuk pihak  yang lain yang telah membantu dan ikut serta dalam penusunan penyelesaian makalah ini. Atas perhatiannya serta waktunya, kami haturkan banyak terima kasih.

                                                                               Bandar Lampung, 27 Maret 2020

                                                                                     Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar    …………………………………………………………  i
Daftar Isi   …………………………………………………………………… ii

Bab I PENDAHULUAN   ………………………………………………… 1          
1.1  Latar Belakang Masalah ………………………………………….. 1          
1.2  Rumusan Masalah …………………………………………………… 2          
1.3  Tujuan Masalah   …………………………………………………….. 2

Bab II      PEMBAHASAN  ………………………………………………. 3          
2.1  Pengertian tentang Pendidikan Karakter ………………….. 3          
2.2  Pengertian Beda Karakter dan Kepribadian ………………. 4          

Bab III PENUTUP  ………………………………………………………….. 11          
3.1  Kesimpulan  ……………………………………………………………… 11          
3.2  Saran  ………………………………………………………………………. 12

Daftar Pustaka   ……………………………………………………………. 13

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Saat ini Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia dengan jumlah yang banyakk serta mutu yang harus memadai, sebab ini adalah sebagai pendukung utama dalam suatu pembangunan. Maka, agar dapat memenuhi sumberdaya manusia tersebut, maka pendidikan mempunyai peran yang sangat penting.
Hal ini sudah sesuai dengan peraturan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa suatu pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan.

Baca Juga :   Soal Olimpiade Biologi SMP

1.2  Rumusan Masalah
Adapaun rumusan dari makalah ini adalah :
1. Bagaimanakah peran pendidikan karakter demi kemajuan bangsa?
2. Bagaimanakah hubungan pendidikan karakter dengan suatu keberadaban bangsa?

1.3  Tujuan Masalah

Adapun tujuan dari makalah ini adalah :
1. Agar mampu mengetahui hubungan pendidikan karakter dengan keberadaban sebuah bangsa.
2. Agar mampu mengetahui upaya-upaya dalam meningkatkan sebuah mutu dari pendidikan karakter.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan Karakter.
Karakter ialah suatu jawaban mutlak untuk menciptakan sebuah kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat. Karakter ialah suatu nilai – nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, dengan diri sendiri, dengan sesama manusia, dengan lingkungan, dan dengan kebangsaan yang terwujud dalam sebuah pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan yang berdasarkan oleh norma – norma agama, hukum, tata krama, dan budaya, serta adat istiadat tertentu.

2.2 Pengertian Beda Karakter dan Kepribadian.
Kepribadian ialah hadiah dari Tuhan Sang Pencipta saat manusia yang dilahirkan dan setiap orang yang memiliki kepribadian pasti ada kelemahannya dan kelebihannya masing – masing dalam aspek kehidupan sosial dan masing-masing pribadi. 

Secara umum kepribadian manusia terdiri dari beberapa jenis yaitu :

1. Koleris
2. Sanguinis
3. Phlegmatis
4. Melankolis
Sedangkan karakter yaitu suatu perangkat sifat yang selalu dikagumi dan merupakan tanda – tanda kebaikan, kebajikan dan kematangan oleh moral seseorang.

Secara etimologi, istilah karakter merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin yaitu : character, yang berarti sebuah watak atau tabiat dan sifat – sifat kejiwaan serta budi pekerti dari kepribadian dan akhlak seseorang.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa :

Bangsa Indonesia sedang melakukan usahauntuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan karakter melalui lembaga sekolah-sekolah, terutama pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), sebab anak usia SMP sangat cocok untuk diberi pembelajaran tentang pendidikan karakter.

3.2 Saran
Adapaun saran yang dapat kita berikan adalah bahwa pemerintah harus selalu memantau atau mengawasi dunia pendidikan, sebab dari dalam dunia pendidikan Negara bisa maju dan sebab dunia pendidikan juga Negara bisa hancur, apabila pendidikan sudah disalah gunakan.
Akhirnya semoga karya tulis yang sederhana sekali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca. Amin..

DAFTAR PUSTAKA

https://rumusbilangan.com/makalah-makhorijul-huruf-
https://rumusbilangan.com/contoh-cerpen/

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Makalah. Semoga bermanfaat ya ,,,,

Baca juga :