Contoh Paragraf Campuran

Posted on

Contoh Paragraf  Campuran –  Jika membicarakan mengenai Paragraf, Paragraf memiliki macam-macam bentuk yaitu, Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif dan Campuran. Pada kesempatan kali ini kita hanya membahas mengenai Paragraf Campuran beserta dengan struktur-strukturnya.

Untuk lebih mudah memahaminya, yuk kita simak bersama-sama tentang penjelasan Paragraf Campuran dibawah ini.

Contoh Paragraf Campuran

Definisi Paragraf Campuran

Paragraf Campuran yaitu merupakan Paragraf yang terdiri dari dua kalimat Utama atau Ide Pokok yang terdapat di Awal Paragraf dan Akhir Paragraf. Jenis dari Paragraf ini biasa disebut sebagai Gabungan dari 2 bentuk Paragraf yaitu, Paragraf Indukti dan Paragraf Deduktif. Sedangkan kalimat yang yang lainnya hanya sebuah kalimat penjelas.

Ciri-ciri Paragraf Campuran

Dibawah ini terdapat beberapa Ciri ciri yang bisa dipakai untuk membedakan Paragraf Campuran dengan jenis Paragraf yang lainnya yaitu, sebagai berikut :

  1. Paragraf CAmpuran memiliki dua kalimat Utama atau Ide Pokok.
  2. Ide Pokok yang pertama terletak pada Awal Paragraf, kemudian Ide Pokok yang kedua merupakan kalimat yang mempertegas isi dari paragraf tersebut dan terletak pada Akhir Paragraf.
  3. Kalimat penjelas terletak di tengah-tengah dari suatu Paragraf.
  4. Memiliki pengulangan kata pada kata kunci di dalam kedua kalimat utama tersebut.
  5. Struktur penulisan Paragraf Campuran adalah umum-khusus-khusus-umum.

Contoh Paragraf Campuran

Struktur Penulisan Paragraf campuran

Setelah kita mengetahui Ciri-ciri dari Paragraf Campuran di atas, sekarag kita akan memahami struktur dari Penulisan Paragraf Campuran yaitu, sebagai berikut ini :

  • Penulisan Paragraf Campuran diawali dengan sebuah kalimat Umum.
  • Kemudian disusul dengan sebuah kalimat Khusus.
  • Kemudian disusul lagi dengan sebuah kalimat Khusus.
  • Penulisan Paragraf Campuran diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang mempertegas Ide Pokok secara umum.
Baca Juga :   Contoh Hikayat

Contoh Paragraf Campuran

Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari Paragraf Campuran yaitu, sebagai berikut ini :

Contoh Pertama

Kalimat :

Akhir-akhir ini keberadaan sebuah Pasar Tradisional sudah mulai kalah saing dengan banyaknya populasi Pasar Modern. Masyarakat yang hidup di Zaman Milenial lebih suka berbelanja ke sebuah Supermarket walaupun sebenarnya mereka mengethui bahwa harga yang ditawarkan di sebuah Supermarket lebih tinggi dibandingkan dengan Pasar Tradisional. Selain itu juga lingkungan Supermarket dianggap lebih bersih dibandingkan dengan Pasar Tradisonal yang sangat berantakan dan tidak pernah bersih. Hal tersebut bisa membuat nasib orang kecil yang berdagang di Pasar Tradisional mengalami kerugian besar. Oleh sebab itu saat ini sangat dibutuhkan peran Pemerintah untuk membantu nasib dari para pedagang kecil yang berdagang di Pasar Tradisional dengan cara membatasi keberadaan dari sebuah Supermarket di berbagai daerah. Dengan begitu, keberadaan dari sebuah Supermarket tidak akan menjadi sebuah ancaman bagi keberadaan sebuah Pasar Tradisional, yang sudah bertahun-tahun menjadi sumber mata pencaharian dari banyak orang.

Keterangan : 

  1. Ide Pokok Paragraf Campuran terdapat pada “Akhir-akhir ini keberadaan sebuah Pasar Tradisional sudah mulai kalah saing dengan banyaknya populasi Pasar Modern.
  2. Kalimat Penjelas terdapat pada Masyarakat yang hidup di Zaman Milenial lebih suka berbelanja ke sebuah Supermarket walaupun sebenarnya mereka mengethui bahwa harga yang ditawarkan di sebuah Supermarket lebih tinggi dibandingkan dengan Pasar Tradisional. Selain itu juga lingkungan Supermarket dianggap lebih bersih dibandingkan dengan Pasar Tradisonal yang sangat berantakan dan tidak pernah bersih. Hal tersebut bisa membuat nasib orang kecil yang berdagang di Pasar Tradisional mengalami kerugian besar. Oleh sebab itu saat ini sangat dibutuhkan peran Pemerintah untuk membantu nasib dari para pedagang kecil yang berdagang di Pasar Tradisional dengan cara membatasi keberadaan dari sebuah Supermarket di berbagai daerah.
  3. Ide Pokok Kedua terdapat pada “Dengan begitu, keberadaan dari sebuah Supermarket tidak akan menjadi sebuah ancaman bagi keberadaan sebuah Pasar Tradisional, yang sudah bertahun-tahun menjadi sumber mata pencaharian dari banyak orang.
Baca Juga :   Teks Anekdot - Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Contoh Kedua

Kalimat :Hutan memiliki peran yang sangat penting bagi semua Makhluk Hidup yang ada di dunia ini. Penebangan hutan dengan cara yang ilegal dan secara terus-menerus mengakibatkan hutan akan mengalami kegundulan. Padahal, hutan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mencegah bencana tanah longsor, pemanasan global, dan merupakan habitat dari berbgai jenis hewan dan tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan Manusia. Oleh Sebab itu hutan sangat wajib untuk dijaga kelestariannya karena berperan sangat penting dalam berlangsungnya sebuah kehidupan Manusia, Hewan serta Tumbuhan.

Keterangan :

  1. Ide Pokok dari Paragraf Campuran terdapat pada “Hutan memiliki peran yang sangat penting bagi semua Makhluk Hidup yang ada di dunia ini.
  2.  Kalimat Penjelas terdapat pada Penebangan hutan dengan cara yang ilegal dan secara terus-menerus mengakibatkan hutan akan mengalami kegundulan. Padahal, hutan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mencegah bencana tanah longsor, pemanasan global, dan merupakan habitat dari berbgai jenis hewan dan tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan Manusia.
  3. Ide Pokok Kedua Paragraf Campuran terdapat pada Oleh Sebab itu hutan sangat wajib untuk dijaga kelestariannya karena berperan sangat penting dalam berlangsungnya sebuah kehidupan Manusia, Hewan serta Tumbuhan.

Contoh Ketiga

Kalimat :Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki berbagai macam Suku Bangsa dan kebudayaan yang berbeda-beda dari setiap Suku. Contohnya yaitu di Pulau Sumatra terdapat berbagai macam suku yaitu, Suku Batak, Suku Minang , Suku Aceh, Suku Melayu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan di Pulau Jawa juga memiliki berbagai macam suku yaitu, Suku Jawa, Sunda, Betawi Badui, dan suku lain sebagainya. Oleh Karena itu kita wajib menjaga dan melestarikan kekayaan berbagai macam Suku Bangsa yang ada Di Indonesia.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Majemuk Campuran - Pengertian Dan Jenisnya

Keterangan :

  1. Ide Pokok Paragraf Campuran terdapat pada Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki berbagai macam Suku Bangsa dan kebudayaan yang berbeda-beda dari setiap Suku.
  2. Kalimat penjelas terdapat pada Contohnya yaitu di Pulau Sumatra terdapat berbagai macam suku yaitu, Suku Batak, Suku Minang , Suku Aceh, Suku Melayu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan di Pulau Jawa juga memiliki berbagai macam suku yaitu, Suku Jawa, Sunda, Betawi Badui, dan suku lain sebagainya.
  3. Ide Pokok Kedua terapat pada Oleh Karena itu kita wajib menjaga dan melestarikan kekayaan berbagai macam Suku Bangsa yang ada Di Indonesia.

Sekian penjelasan mengenai Paragraf Campuran yang meliputi struktur-struktur yang ada di dalamnya beserta dengan contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Terimakasih

Baca Juga Artikel yang Terkait :

Contoh Paragraf Campuran Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar