Contoh Paragraf Deduktif

Posted on

Contoh Paragraf Deduktif – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Contoh Paragraf Deduktif yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan,contoh secara lengkap.

Apa Itu Paragraf Deduktif ?

Paragraf deduktif adalah paragraf yang klausa utamanya ada di awal paragraf.

Dapat dibuka dengan penjelasan umum dan diberikan penjelasan khusus, yang mencakup contoh, bukti, detail spesifik dan sebagainya. Karena parafrase ini dikembangkan oleh pernyataan umum, pola kalimat bersifat umum hingga spesifik.

Ciri Dari Paragraf Deduktif

  • Klausa utama adalah di awal paragraf.
  • Kalimat dimulai dengan pernyataan umum diikuti dengan penjelasan.

Contoh Dari Paragraf Deduktif Singkat

Contoh Dari Paragraf Tentang Komunikasi

Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi antara individu dan dirinya sendiri. Komunikasi ini dapat mengambil bentuk perenungan, pengamatan diri, pemikiran atau imajinasi. Komunikasi ini sangat penting bagi individu untuk mengetahui dan memahami satu sama lain dengan lebih baik.

Contoh Paragraf Deduktif Terhadap Lingkungan

Kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap orang harus selalu memperhatikan kebersihan dirinya dan lingkungannya. Selain itu, ia juga harus memastikan kebersihan makanan yang ia konsumsi setiap hari. Karena jika dia tidak mengkonsumsi sesuatu dengan hati-hati, kemungkinan dia terkena penyakit.

Baca Juga :   Pengertian Antonim Kata

Mari kita mulai dengan mampu melestarikan dan melestarikan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung di tengah-tengah komunitas yang sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah wabah penyakit dan bencana alam yang disebabkan oleh sampah yang berserakan di sungai atau parit.

Contoh Paragraf Deduktif Mengenai Pendidikan

Pendidikan moral adalah salah satu pendidikan yang harus diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka. Karena pendidikan ini sangat penting. Orang tua harus mengajarkannya terlebih dahulu sebelum mengajarkan pengetahuan lain. Karena jika seseorang tidak memiliki moral, maka dia akan melakukan apa yang diinginkannya.

Dia tidak lagi peduli dengan tindakan baik atau buruk yang mereka lakukan, mereka hanya menginginkan kesenangan. Saat ini, tidak sedikit anak yang menjadi korban kerusakan moral. Salah satu penyebabnya adalah karena hubungan mereka tidak terpelihara.

Contoh Pargraf deduktif Mengenai Sosiologi

Orang yang tenang seharusnya tidak dijauhi atau dianggap aneh. Karena tidak selalu orang yang tenang kecanduan narkoba, sombong, sakit jiwa atau teroris. Orang yang tenang hanya orang yang tidak banyak bicara dan tidak terlalu senang berada di tempat yang ramai terlalu lama.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Budaya

Di spesialisasi Padang, ada varian dendeng yang berbeda, salah satunya adalah daging sapi kering dari sapi Balado. Makanan ini adalah daging sapi yang dipotong tipis dan lebar. Daging sapi kemudian dijemur hingga kering. Setelah dijemur, daging sapi disangrai dan diberi label bumbu cabai atau yang biasa disebut bumbu balado.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang lalu lintas

Di Jakarta, lalu lintas telah menjadi norma. Kelebihan beban disebabkan antara lain oleh beberapa faktor. Pertama, jumlah kendaraan tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kurangnya disiplin bagi semua pengguna jalan.

Baca Juga :   Struktur Kalimat Yang Salah - Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas, seperti pasar, kereta api, halte bus yang tidak beroperasi, banjir, PKL dll. Akhirnya, ada ketidakjelasan otoritas yang terlibat dalam perang melawan pelanggaran lalu lintas.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah

Bahkan jika dosen menunjukkan slide kepada siswa, pembelian materi kuliah masih harus dilakukan. Karena slide dosen hanya merupakan materi inti dan buku kuliah berisi diskusi mendalam tentang materi.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pekerjaan

Bekerja di startup atau startup memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Anda memiliki kesempatan untuk belajar membangun bisnis dari awal. Kedua, Anda dapat bekerja di berbagai posisi dalam perusahaan, yang mengajarkan Anda bahwa banyak hal dan keterampilan meningkat dan meningkat.

Contoh Paragraf Deduktif Pada Kesehatan

Narkoba adalah obat ilegal mematikan yang telah menyebabkan hampir jutaan orang meninggal akibat efek dari obat ini. Obat-obatan ini tidak baik untuk kesehatan Anda, tetapi beberapa orang masih menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak masuk akal. Sifat obat kokain Menurut data, hampir 21 persen dari total pengguna kokain di seluruh dunia menjadi tergantung padanya dengan hanya satu upaya.

Kokain sekali pakai segera memicu perasaan ketergantungan. Karena hormon dopamin dapat memicu pada seseorang tiga kali tingkat normal – menurut tes pada hewan laboratorium. Hindari obat-obatan karena itu membunuh Anda dengan lambat.

Contoh Paragraf Deduktif Mengenai Sampah

Sampah adalah salah satu masalah terbesar di lingkungan kita. Objek ini tampaknya menjadi musuh nyata bagi setiap keluarga. Selain baunya yang sangat mengganggu ternyata sampah juga bisa memicu datangnya berbagai penyakit.

Selalu berusaha membuang sampah di tempatnya untuk menghindari wabah demam berdarah oleh nyamuk yang bersarang di tumpukan sampah dan genangan air yang tidak akan digunakan

Baca Juga :   Bahasa Arab "Ucapan Selamat Pagi"

Kurangi penggunaan plastik karena plastik sangat sulit untuk diproses. Ini dapat berdampak negatif bagi lingkungan. Jika kita membuang plastik di sungai, di jalan atau di selokan. Hampir setiap detik seseorang meninggal karena demam berdarah. Mari kita bersama-sama merawat dan melindungi lingkungan kita, karena kesehatan harus datang dari dalam diri kita sendiri.

Baca Juga :

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Paragraf Deduktif. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Contoh Paragraf Deduktif Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar