Contoh Paragraf Persuasi

Posted on

Contoh Paragraf Persuasi- Kesehatan, Pendidikan, Budaya, Lingkungan, Banjir, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Contoh Paragraf Persuasi, yang meliputi pengertian, ciri – ciri hingga bebarap contohnya lengkap.

Untuk itu mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi yaitu sebuah paragraf yang berisikan tentang himbauan atau ajakan terhadap orang lain guna untuk melakukan sesuatu seperti yang akan diharapkan oleh para penulisnya.

Oleh sebab itu, umumnya pada paragraf ini akan disertai penjelasan dan jugafakta-fakta sehingga dapat meyakinkan dan dapat mempengaruhi para pembaca. Pendekatan yang bisa di gunakan pada paragraf persuasi ini ialah pendekatan emotif yang maan berusaha untuk membangkitkan dan merangsang sebuah emosi.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Berikut ini terdapat beberapa Ciri-ciri paragraf persuasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Paragraf persuasi merupakan karya yang berasal dari suatu pendirian dala pikiran manusia dan bisa diubah.
  2. Bisa memberikan sebuah kepercayaan bagi para pembacanya.
  3. Paragarf persuasi harus bisa menciptakan sebuah kesepakatan dan juga sebuah penyesuaian melalui kepercayaan antara para penulis dengan para pembaca.
  4. Persuasi sebisanya agar mampu menghindari sebuah konflik supaya sebuah kepercayaan tidak akan hilang dan juga supaya kesepakatan pendapatnya bisa cepat tercapai.
  5. Paragraf persuasi memerlukan sebuah fakta dan juga sebuah data.

Syarat dalam Menyusun Paragraf Persuasi

Agar mampu bisa menyusun paragraf persuasif dengan baik maka ada 3 hal syarat yang harus dipenuhi. Yakni ketiga syarat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kredibilitas, adalah seorang penulis harus mampu memahami persoalan yang ditulisnya dengan sangat baik. Hal ini bisa akan terlihat dari pada diksi, struktur kalimat, dan juga gaya bahasa yang digunakan oleh penulis. Selain itu juga para penulis harus jujur kepada pembaca sehingga bisa mendapatkan kepercayaan yang muncul pada diri pembacanya itu.
  2. Kemampuan dalam mengidentifikasi emosi, yaitu bahwa seorang penulis itu harus jeli untuk bisa mengobarkan emosi dan juga sentimen pembaca.
  3. Bukti-bukti, yaitu seorang penulis harus mempunyai kemampuan salam memberikan suatu bukti-bukti tentang suatu kebenaran.
Baca Juga :   Struktur Ginjal

Langkah-Langkah dalam Menyusun Paragraf Persuasi

Ada beberapa langkah dalam menyusun sebuah paragraf yang perlu kita ketahui. Langkah – langkah tersebut adalah sebagai berikut :

Menentukan Sebuah Topik dan Tujuan Dalam Paragraf Persuasif

Didalam paragraf persuasif ini, suatu tujuannya bisa di paparkan dengan secara langsung. Tujuan ini di berikan dengan maksud untuk meyakinkan para pembaca tentang topik yang di baha.

Membuat Sebuah Kerangka Karangan Paragraf Persuasif

Sebuah kerangka ini di buat untuk membuat agar paragraf bisa lebih sistematis dan juga logis sesuai dengan kaidahnya.

Mengumpulkan Semua Bahan Untuk Paragraf Persuasif

Bahan adalah suatu hal yang sangat penting dalam penyusunan paragraf persuasi ini. Bahan ini bisa di dapatkan dengan cara yaitu : melakukan pengamatan, inteview dan juga bisa menggunakan angket.

Menarik Kesimpulan dari Paragraf Persuasif

Penarikan sebuah kesimpulan ini bisa di lakukan ketika suatu data sudah melalui tahapan analisis terlebih dahulu. Metode dalam penarikan sebuah kesimpulan ini bisa di lakukan dengan cara yaitu dengan cara deduktif dan juga induktif.

Penutup dalam Paragraf Persuasif

Penutup merupakan bagian paling akhir, isinya yaitu mengenai penginformasian tentang inti dan maksud dari pembahasan fakta yang ada tertulis dalam sebuah paragraf tersebut. Kemudian di lengkapi dengan sebuah kalimat tentang ajakan atau himbauan.

Jenis-Jenis pada Paragraf Persuasi

Ada beberapa macam jenis dalam paragraf persuasi. Berikut ini adalah beberapa jenis – jenisnya yaitu :

Paragraf Persuasi Politik

Jenis paragraf ini ialah sebuah paragraf yang mana isinya untuk melakuan suatu usaha dalam mengajak dan juga untuk memberikan pengaruh para pembacanya buat melakukan tentang sesuatu atau pun untuk terjun langsung ke dalam sesuatu seperti dalam dunia politik. Paragraf jenis ini umumnaya banyak digunakan oleh orang-orang yang berafiliasi dalam dunia politik untuk kepentingan partainya ataupun kepentingan suatu Negara.

Paragraf Persuasi tentang Pendidikan

Paragraf persuasi jenis ini umum digunakan oleh lembaga ataupun bagi orang-orang yang sedang berafiliasi di dalam sebuah dunia pendidikan untuk dapat membantu tujuan dari sebuah pendidikan. Paragraf ini umumnya berupa suatu himbauan, anjuran, motivasi atau pun juga panduan. Biasanya pada paragraf ini digunakan oleh para guru untuk mempengaruhi anak – anak didiknya agar bisa giat belajar.

Baca Juga :   Surat Tugas

Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf jenis ini biasa dibuat untuk suatu tujuan komersil yang biasa digunakan oleh para produsen-produsen produk tertentu untuk memperkenalkan atau menawarkan suatu barang atau jasa kepada para konsumennya.

Paragraf Persuasi Propaganda

Persuasi jenis propaganda umumnya dapat menyampaikan tentang sebuah informasi yang bertujuan supaya para pembacanya berminat untuk melakukan atau pun untuk mempercayai sesuatu yang bisa disampaikan oleh penulis ke dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda sekarang adalah banyak dan bisa ditemukan di media-media cetak contohnya seperti majalah, koran, dan lain – lain.

Contoh Paragraf Persuasi

Adapun contoh – contoh tentang paragaraf persuasi adalah sebagai berikut !

Contoh Paragraf Persuasi Budaya

Masyarakat beragama Hindu di Bali memiliki sebuah upacara kematian yang sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebuah ritual yang unik ini biasa disebut dengan ngaben.

Ngaben ialah sebuah ritual pembakaran mayat guna sebagai simbol pensucian roh bagi orang yang sudah meninggal. Sebab di dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai hal perlengkapan dengan biaya yang tidak sedikit, maka tidak semua orang yang sudah meninggal dapat langsung di aben.

Bagi jenazah yang belum di aben maka biasanya akan dikuburkan terlebih dahulu sampai menunggu persiapan perlengkapan ngaben sudah siap. Apabila ingin melihat sebuah ritual yang sangat unik ini, tiada ada salahnya kalian berkunjung ke Provinsi Bali ini sebab Upacara Ngaben umum dilakukan oleh hampir semua masyarakat yang beragama Hindu di Bali.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

Pendidikan ialah suatu salah satu sarana untuk dapat menghasilkan penduduk yang bisa berkualitas sebagai sebuah modal pembangunan. Di tingkat pendidikan seseorang ingin berpengaruh bagi setiap penguasaan ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang amat sangat penting pada abad ke-21 ini.

Indonesia yang merupakan sebagai negara berkembang, masih mempuyai tingkat pendidikan yang mana dapat dibilang masih cukup rendah. Menurut data dari lembaga United Nation Development Programme (UNDP), memberikan keterangan bahwa tingkat pendidikan pada masyarakat Indonesia masih berada di peringkat 124 dari 187 negara yang sudah disurvei.

Tingginya sebuah angka putus sekolah sebab ketidak adaannya seuatu biaya mungkin menjadi salah satu sebab rendahnya tingkat pendidikan masyarakat negara Indonesia ini. Oleh sebab itu, sudah menjadi sebuah tanggungjawab bagi seluruh komponen bangsa untuk membantu mereka yang sedang membutuhkan agar bisa melanjutkan pendidikannya.

Contoh Paragraf Persuasi Lingkungan

Kita semua dapat mengetahui bahwa suatu kondisi lingkungan Kota di Jakarta telah menjadi sangat memprihatinkan sekali. Banyak sekali sungai yang telah menjasdi kotor akibat pembuangan sebuah limbah yang tidak teratur di tambah dengan adanya pencemaran udara yang di akibat oleh asap kendaraan bermotor yang mana semakin banyak.

Baca Juga :   Contoh Teks Editorial

Itu semua bisa menyebabkan sebuah gangguan bagi makhluk hidup di Kota Jakarta sendiri, temasuk bagi manusia. Pernapasan akan bisa terganggu dan keindahan Kota di Jakarta akan tercemar.

Oleh sebab itu, maka alangkah baiknya apabila kita sebagai penduduk Kota Jakarta mau berusaha untuk melestarikan lingkungan kotanya dengan berbagai macam bentuk usaha.

Di antaranya ialah dengan cara melakukan penghijauan, pembangunan taman kota, dan juga pelarangan membuang sampah sembarangan tempat. Ini semua akan bisa mengendalikan keindahan Kota di Jakarta ini.

Contoh Paragraf Persuasi Banjir

Banjir sudah menjadi sebuah masalah umum bagi masyarakat Jakarta. Banyak sekali yang mengalami kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam banjir tersebut. Mulai dari kerugian material dan sampai kerugian non material.

Namun ada yang perlu kita sadari dari penyebab banjir sendiri yaitu ulah manusia yang selalu suka merusak alam. Di mulai dari penebangan pohon secara liar , membuang sampah dengan sembarangan hingga mengotori sungai.

Oleh sebab itulah agar kejadian banjir ini tidak akan terulang kembali, maka perlu adanya sbuah sikap nyata dari kita semua bahwa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya.

Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan

Penggunaan sebuah pupuk kimia memang bisa untuk mempercepat pertumbuhan sebuah tanaman. Penggunaan pupuk kimia ini juga bisa memberikan sebuah keuntungan yang cukup melimpah bagi para petani dari hasil panennya.

Tapi ada sebuah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh pupuk kimia ini yang dirasa bisa sangat berbahaya. Sebab bisa menimbulkan pengaruh negatif terhadap sebuah lingkungan.

Selain itu juga para penggunaan pupuk kimia juga bisa membuat buah yang mana bisa dihasilkan dapat terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga menjadikan kualitasnya berkurang.

Oleh karena itulah, mari kita beralih kepada pupuk kompos yang murah dan juga cukup terjangkau serta aman bagi hasil panen kita.

Demikianlah pemahasan makalah mengenai Contoh Paragraf Persuasi. Semoga bermanfaat ya….

Baca juga :