Contoh Populasi Dan Sampel

Posted on

Contoh Populasi Dan Sampel- Pengertian, Macam, Jenis, Sifat, Dan Tehniknya- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah mengenai Contoh Populasi Dan Sampel- Pengertian, Macam, Jenis, Sifat, Dan Tehniknya lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi

Pengertian populasi ialah berarti semua orang yang mana bertempat tinggal pada satu tempat. Didalam ekosistem, yang telah dimaksud bahwa populasi ialah seluruh individu sejenis yang mana menempati suatu daerah yang tertantu. Pada suatu organisme ini disebut dengan sejenis jika memenuhi suatu persyaratan seperti dibawah berikut ini:

  1. Bertempat pada satu tempat atau satu habitat yang sama
  2. Memiliki suatu persamaan yakni : anatomil morfologi dan fisiologi.
  3. Memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah keturunan yang fertil, yakni keturunan yang mana dapat berkembang biak dengan secara melakukan perkawinan.

Populasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini ialah pengertian dan definisi populasi menutu para ahli yaitu :

Dr. Ir. Adji Sastrosupadi, MS

Populasi ialah suatu keseluruhan bahan ataupun data yang mana kita teliti, contohnya seperti : tinggi badan dari mahasiswa.

Nursalim

Berpendapat bahwa populasi didalam sebuah penelitian ialah subjek yakni : manusia atau klien yang telah memenuhi suatu kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Anonim

Populasi yaitu suatu kumpulan tiap individu terlokalisir yang mana tergolong masuk ke dalam spesies yang dikategorikan sama.

Wahyuddin Djumanta

Populasi yaitu merupakan semua objek yang telah menjadi suatu sasaran pada pengamatan

Chairi Hanum

Populasi yaitu suatu kumpulan dari beberapa organisma – organisma yang sejenis yang mana bisa berkembang biak silang, sedangkan pada komunitas dapat juga diartikan oleh sebagai suatu kumpulan dari pada beberapa populasi yang mana hidup pada suatu areal yang tertentu.

Baca Juga :   Biografi Ki Hajar Dewantara

Gunawan Susilowarno

Populasi ialah sebuah kumpulan dari suatu individu-individu yang telah terdiri dari satu macam spesies yang bersama – sama untuk menempati luas suatu wilayah yang sama, dengan mengandalkan suatusumber daya yang sama, dan juga dipengaruhi oleh tiap faktor lingkungan yang sama serta mempunyai kemungkinan yang cukup tinggi untuk berinteraksi pada satu sama yang lain.

Siti Resmi

Populasi ialah suatu kumpulan dari semua bentuk kemungkinan orang-orang, ukuran – ukuran, benda-benda, dan yang lainnya, yang mana menjadi suatu objek perhatian atau kumpulan bagi seluruh objek yang telah menjadi sebuah perhatian.

Johar Arifin

Populasi ialah suatu keseluruhan dari obyek atau individu yang mana akan diteliti, mempunyai sebuah karakteristik tertentu, lengkap dan jelas.

Macam-Macam suatu Cara Pengambilan Populasi

Populasi bisa dibedakan dengan atas dua macam hal, yakni pada populasi sampling dan juga populasi sasarannya ialah :

Populasi Sampling Dan Populasi Sasaran

Populasi sampling yaitu suatu keseluruhan dari objek yang bisa diteliti, sedangkan yag dimaksud dengan populasi sasaran ialah suatu populasi yang mana benar-benar dijadikan olehsumber data.

Jenis-Jenis Populasi

  1. Populasi mempunyai suatuparameter yaitu suatu besaran yang terukur yang mana menunjukkan suatu ciri dari sebuah populasi. Di antara yang mana kita kenal saat ini mengenai besar-besaran : bentengan, rata-rata, rata-rata simpangan, simpangan baku yang sebagai parameter ukuran, variansi.
    Parameter pada suatu populasi tertentu yaitu tetap nilainya, apabila nilainya ini berubah, jadi berubah pula pada populasinya.
  2. Populasi yaitu sebuah keseluruhan objek penelitian yang mana terdiri dari pada manusia, hewan, benda-benda, tumbuh – tumbuhan, gejala-gejala, peristiwa, nilai tes yang mempunyai sebuah karakteristik tertentu didalam sebuah penelitian.

Sifat Populasi

Dibawah ini adalah beberapa dari sifat populasi yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Populasi yang mana lebih bersifat homogen, ialah suatu populasi yang mana unsur-unsurnya mempunyai sifat yaitu sama. Contohnya adalah : seorang perawat yang mana akan melihat sebuah golongan darah dari seseorang, maka dia pun cukup mengambil dari setetes darah aja. Perawat itu tidak perlu sau teremos, karena setetes dan seteremos darah, nantinya hasilnya juga akan sama saja.
  2. Populasi yang mana bersifat lebih bersifat heterogen, ialah suatu populasi yang mana unsur-unsurnya mempunyai sifat atau suatu keadaaan yang lebih bervariasi, sehingga akan perlu ditetapkan pada batas-batasnya ini.
Baca Juga :   Kata - Kata Bahasa Arab Sedih

Pengertian Sampel

Pengertian Sampel ialah sebagian dari pada jumlah dan karakteristik yang mana telah dimiliki oleh suatu populasi tersebut. Sampel ini ialah sebuah kelompok kecil yang mana secara nyata bisa diteliti dan ditarik sebuah kesimpulannya.

Pengertian dari sampel penelitian ialah suatu bagian dari paa populasi yang mana dijadikan subyek pada penelitian sebagai “wakil” daripada para anggota sebuah populasi. Perlu kita sebutkan teknis dalam pengambilan sampel, yakni : apakah random, dan serta random yang mana yang akan digunakan. Disamping itu juga teknis pengambilan sampel, maka juga perlu dijelaskan tentang besarnya sebuah sampel, beserta sebuah rumusannya (bila ada).

Kekeliruan dalam Mengambil Sampel

Dibawah ini terdapat beberapa macam kekeliruan yang mana mengkibatkan bias didalam penarikan sebuah sampel yaitu sebagai berikut :

Didalam Menentukan Populasi Target

Contohnya: Sebuah populasi target didalam penelitiannya ialah guru IPS SMA Negeri, namun didalam penarikan sampelnya hanya dilakukan kepada guru geografi saja.

Karakteristik pada Sampel yang Diambil Tidak Mewakili sebuah Karakteristik Populasi Target

Contohnya: Misal penelitiannya ialah tentang presepsi para peserta didik terhadap suatu pemberian layanan BK pada sekolah, namun angketnya hanya diberikan kepada seluruh peserta termasuk juga pada siswa yang belum pernah mendapatkan layanan BK di sekolah sekalipun.

Salah Didalam Menentukan Wilayah

Contohnya : Pada populasi target ialah pada seluruh Lampung, namun didalam penarikan sebuah sampel hanya dikerjakan pada daerah pedesaannya saja.

Jumlah suatu Sampel yang Terlalu Kecil, Tidak Proporsional dengan Jumlah pada Populasinya

Pada poin ini adalah hasil kombinasi dari beberapa keterdapatan kekeliruan diatas.

Tehnik – Tehnik Sampling

Tehnik sampling adalah sebuah tehnik didalam pengambilan sampling. Dalam hal ini, tehnik sampling ini dapat dibagi menjadi dua macam golongan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Percakapan Bahasa Arab Tentang Hobi

Probability Sampling

Probability sampling yaitu sebuah tehnik sampling yang bisa memberikan suatu peluang yang sama untuk setiap unsur dalam populasi yang dipilih untuk menjadi anggota pada sampel.

Pemilihan tersebut sangat dianjurkan sekali pada sebuah penelitian kuantitatif.

Sampling Acak (Random Sampling)

Sampling acak ialah sebuah sampling yang mana pada elemen – elemennya telah dtentukan dan dipilih dengan berdasarkan pada nilai probalitasnya serta pemilihannya dilakukan dengan cara acak.

Contoh Populasi

Terdapat 2 macam jenis populasi yaitu sebagai berikut :

Populasi Target

Populasi target yaitu sebuah populasi yang mana dengan suatu alasan yang kuat maka akan memiliki suatu kesamaan karakteristik yang terukur.

Populasi Terukur atau Accessable Population

Populasi terukur yaitu sebuah populasi yang dengan secara nyata dijadikan suatu dasar didalam penentuan sampel yang secara langsung bisa menjadi lingkup suatu sasaran keberlakuan sebuah kesimpulan.

Contohnya

  1. Populasi terukurnya yaitu suatu kemampuan bahasa pada anak usia 5 tahun pada kabupaten Lampung Timur. Sebab pada tingkat kecerdasan, tingkat kematangan berbahasa, lingkungan, usia dan tingkat status sosial ekonomi, untuk anak-anak di kabupaten LampungTimur sama dengan di Bandar Lampung.
  2. Populasi targetnya yaitu sebuah populasi anak pada usia 5 tahun di Bandar Lampung
  3. Kesimpulannya yaitu sebuah kemampuan dari berbahasa pada anak usia 5 tahun di kabupaten Lampung Timur berlaku untuk propinsi Bandar Lampung

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Contoh Populasi dan Sampel. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :