Contoh Recount Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dan Contohnya

Posted on

Contoh Recount Text – Pengertian, Tujuan Dan Generic Structure – Recount text adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang merupakan pelajaran dari bahasa inggris yang sudah mulai diperkenalkan pada sekolah tingkat SMP.

Biasanya recount text ini diberikan kepada murid sebagai PR atau latihan ulangan harian. Guru akan memberi tugas kepada siswa untuk membuat contoh recount text yang pendek atau sederhana. Namun biasanya siswa masih kebingungan untuk mengerjakannya karena mungkin mereka masih belum paham secara penuh apa itu yang dimaksud recount text.

Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas tentang apa itu recount text, bagaimana generic structurenya, tujuan dan contoh dari recount text tersebut!

Pengertian Recount Text

Recount Text ialah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali sebuah kejadian – kejadian atau pengalaman – pengalaman di masa lampau.

Tujuannys adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur para pembaca. Di dalam u u tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text.

Ciri – Ciri Recount Text

Recount text memiliki beberapa ciri – ciri yaitu:

  1. Menggunakan kalimat past tense (lampau), seperti went, departed, would, woke up, dan lain sebagainya.
  2. Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara, seperti: last September, Pari Island, on then second day, dan lain sebagainya.
  3. Menggunakan conjunction dan time connectives guna mengurutkan peristiwa atau kejadian, seperti: and, before, then, after that, dan lain sebagainya
Baca Juga :   Contoh Kalimat Majemuk Campuran - Pengertian Dan Jenisnya

Jenis Recount Text

Coba anda bedakan contoh reks recount dibawah termasuk dalam jenis apa, karena secara umum Recount Text terdiri dari 4 macam jenis yaitu:

1. Personal Recount

Menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis. Seperti contoh tentang pengalaman tak terlupakan, pengalaman di sekolah, ataupun tentang liburan ke pantai.

2. Factual Recount

Laporan peristiwa yang benar-benar terjadi (fakta) di masa lampau seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.

3. Imaginative Recount

Menceritakan imaginasi penulis tentang suatu hal dan dituliskan dalam bentuk past tense, atau menuliskan kembali peritiswa/kejadian yang telah terjadi.

4. Historical Recount

Membahas tentang sejarah baik itu tempat bersejarah maupun benda bersejarah. Seperti contoh candi borobudur.

Generic Structure of Recount Text

1. Orientation

Menceritakan mengenai latar belakang informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.

2. Events

Menceritakan serangkaian peristiwa yang terjadi sesuai urutan kronologis.

3. Re-orientation

Contoh Recount Text Tentang Liburan ke Pantai Beserta Artinya

My Holiday with My Family at Pangandaran Beach

Last month was New Year holiday. I and my family went to Pangandaran beach for a vacation. We took a tourism bus to go there. We left at 07.00 o’clock in the morning. The trip took about four hours and we arrived at around 11.00 am.

As we arrived there, I walked down to the beach. It was a nice sunny day with a blue sky and a gentle breeze. I saw some seagulls flew around hunting for fish. The waves there were suitable for swimming, but I didn’t swim because I couldn’t swim and only play with the water on shallow part. We also didn’t miss our opportunity here taking some pictures with the background of scenic Pangandaran beach.

Before we went home, I looked for some beautiful souvenir at the nearby shop there. Eventually, we went home at about 05.00 pm. It was a memorable experience for me with my family.

Terjemahannya:

Baca Juga :   Contoh Gurindam

Liburanku Bersama Keluarga di Pantai Pangandaran

Bulan lalu adalah liburan tahun baru. Aku dan keluarga pergi ke pantai Pangandaran untuk berlibur. Kami memakai bus pariwisata untuk pergi kesana. Kami berangkat jam 7 pagi. Perjalanan memakan waktu  empat jam dan kami sampai sekitar jam 11 siang.

Ketika sampai disana, aku berjalan ke pantai. Saat itu hari sangat bagus dan cerah dengan langit biru dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Aku melihat beberapa burung laut sedang berburu ikan. Ombak disana cocok untuk berenang, tetapi aku tidak berenang karena tidak bisa dan hanya bermain air dibagian yang tidak dalam. Kami tidak melewatkan momen untuk berfoto dengan latar belakan pantai Pangandaran yang indah.

Sebelum kami pulang ke rumah, aku mencari beberapa oleh-oleh di toko terdekat. Akhirnya, kami pulang ke rumah pukul 5 sore. Ini merupakan pengalaman yang berkesan untukku dan keluargaku.

Demikianlah penjelasan mengenai recaunt text. Semoga bermanfaat …