Contoh Review Buku

Posted on

Contoh Review Buku- Pelajaran Per Bab, Pendidikan, Islam, Sejarah, Politik, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang materi Contoh Mereview Buku, baik itu bukut pelajaran, pendidikan, sejarah, dan lain – lain.

Mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Review Buku

Review ialah sebuah ringkasan teks yang berasal dari buku, bisa berupa dari buku cerita, pelajaran, sejarah, dan lain – lain. Kata review ini sering kita dengar dalam dunia pendidikan, contoh saat guru menyuruh anak muridnya untuk merivie sebuah catatan yang ada dalam buku.

Review atau menyajikan ulangan suatu teks dengan yang lebih ringkas, memiliki tujuan untuk memberikan sebuah informasi yang penting ke pada para pembaca mengenai sesuatu hal. Dengan adanya review ini kita juga bisa membuat para pembaca menjadi lebih penasaran untuk membacanya, mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam sebuah buku tanpa harus membacanya sampai habis dan review merupakan salah satu hal yang sangat berguna dalam pemasaran produk tertentu.

Ciri – Ciri Review Buku

Rivew buku memiliki beberapa ciri – ciri untuk membedakan denan catatan lain. Ciri – ciri tersebut adalah :

  1. Dari segi tinjauan yang lebih fokus pada kata sifat
  2. Menggunakan sebuah kata atau klausa yang cukup panjang dan komplex
  3. Menggunakan kata – kata perumpamaan

Itulah beberapa ciri – ciri dari rivew buku.

Tujuan Review Buku

Suatu tulisan dari sang penulis pasti memiliki tujuan masing – masing. Tujuan dari review ini adalah untuk memberikan sebuah informasi kepada para pembaca tentanggagasan pokok atau gambaran pokok tentang suatu produk atau sebuah karya yang sudah dibuat.

Dalam perkembangannya, dulu review hanya digunakan untuk buku saja, namun sekarang juga sudah dipakai untu mereview sebuah produk, film dan lainnya. Hal ini kita bisa buktikan dengan melihat beberapa forum yang telah menjelaskan tentang review dari sebuah produk mereka masing – masing.

Baca Juga :   Teks Laporan Hasil Observasi

Jenis – Jenis macam Review

Ada beberapa macam jenis review. Jenis – jenis tersebut meliputi :

Review Text atau Tulisan

Review text yaitu review untuk mengklasifikasi sebuah suatu karya, baik itu film, buku pelajaran dan lainnya, supaya kita bisa mengetahui kualitas, kelebihannya serta kelemahannya yang ada pada suatu karya tersebut.

Review Jurnal

Review jurnal yaitu kegiatan mereview sebuah jurnal dengan strategi untuk mempermudahkan dalam memahami dari inti penelitian yang telah dia lakukan.

Review Gadget

Gadget yaitu sebuah review yang berisikan tentang model sebuah gadget atau gadget keluaran baru, yang mana review tersebut bisa untuk mempromosikan gadgettersebut.

Review Buku

Buku adalah salah satu ladang ilmu, bahkan buku juga sering di sebut sebagai jendela dunia. Walaupun zaman teknologi sekarang ini, beberapa manusia masih gemar untuk membaca buku serta menambah wawasan. Setiap harinya penerbit akan menerbitan sebuah buku karangan baru. Review dalam buku ini sangat berguna untuk para pembaca dalam mencari buku bacaan mereka yang tepat.

Review Elektronik

Barang elektronik sangat di butuhkan oleh manusia guna untuk mempermudah suatu pekerjaan, seperti : televisi, radio, gadget, laptop, dan lainnya.

Review di butuhkan untuk memberikan informasi kepada calon pengguna barang elektronik untuk menemukan barang yang sesuai keinginan mereka.

Review Makanan

Makanan merupakan salah satu jenis kuliner yang sangat banyak di temukan di Indonesia serta beraneka ragam jenis. Review makanan ini juga penting terutama untuk meberikan informasi kepada para publik tentang beberapa jenis makanan, mulai dari segi rasa, bau, isi, teksturnya dan lainnya.

Review Aplikasi

Aplikasi ini sering kita temukan dalam sebuah gadget. sekarang ini banyak sekali jenis aplikasi yang mudah kita downoad. Review ini akan memberik informasi tentang kelebihan dari suatu aplikasi, dan informasi lainnya sehingga calon pengguna dan menemukan jenis aplikasi yang di inginkan.

Review Film

Review film biasa di gunakan untuk memberikan seputar sebuah film yang akan di taangkan. BIasanya penonton akan mencari informasi mengenai film yang ingin mereka tonton dengan melihat dari catatan reviewnya tersebut.

Baca Juga :   Contoh Hikayat

Struktur Review

Review juga memiliki beberapa struktur yang harus kita ketahui. Stuktur – struktur tersebut adalah :

Sebuah Pengenalan

Pada bagian ini dalam review ada istilah pengenalan tentang penggalan secara umum tentang hal yang akan di jadikan sebagai bahan tinjauan. Gambaran umum tentang sesuatu seperti : nama, asal muasalnya, background atau latar belakang, dan lain sebagainya akan di bahas pada bagian pengenalan ini.

Evaluasi

Evaluasi dalam review ini biasanya memberikan interpretasi atau sebuah pandangan penulis terhadap sesuatu yang akan dibahas. Karya atau benda yang di review ini kemudian akan di bandingkan dan dibedah secara dalam pada bagian ini. Setelah ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihannya, pada bagian yang terakhirnya adalah kesimpulan.

Cara Membuat Review Buku

Ada

beberapa macam langkah untu membuat suatu review yang perlu kita perhatikan. Langkah – langkah yangp erlu diperhatikan tersebut adalah :

  1. Review buku dibuat dengan menggunakan beberapa kalimat yang dapat mendeskripsikan isi dari buku tersebut.
  2. Tulilah tentang hal – hal yang kalian sukai dari buku yang kalian review tersebut.
  3. Tulislah hal – hal yang tidak kalian sukai dari buku tersebut atau kekurangan dalam buku tersebut.
  4. Tulislah secara ringkas sesuai dengan pemikiran kalian terhadap sebuah isi dari buku tersebut, kalian juga dapat menuliskan tentang rekomendasi ke pembaca, kenapa harus membaca atau tidak membaca produk buku tersebut.
  5. Dan terakhir kalian bisa menambahkan sebuah rating untuk buku yang sudah di baca tersebut.

Contoh Review Buku

Dibawah ini adalah contoh ringkas review sebuah buku, yaitu :

Judul Novel adalah “Negeri 5 Menara

Pengarang = A.Fuadi
Penerbit = Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit = Bulan Agustus 2010
KotaTerbit = Kota Jakarta
Jumlah Halaman = 424 halaman

Sbuah Novel yang berjudul tentang Negeri 5 Menara ini merupakan sebuah karya dari Ahmad Fuadi yang merupakan novel yang mendapatkan best seller tahun ini, novel ini menceritakan mengenai suatu kisah dari lima orang sahabat yang sedang mondok di sebuah pesantren yang bernama : Pondok Madani (PM). Novel best seller ini adalah novel pertama asal trilogi dengan secara baik berceritakan mengenai dunia dalam pendidikan yang khas pesantren, dan juga lengkap dengan segala muatan lika – liku kehidupan para santri yang ada di dalamnya.

Baca Juga :   Majas Metonimia - Pengertian, Ciri-ciri Dan Contohnya

Alif Fikri ialah seorang yang sangat menginginkan sekolah di bangku SMA Bukit tinggi Sumatera Barat dengan berbekal nilai ujian yang lumayan bagus sekali. Namun mimpinya tersebut seakan sirna, musnah tak berbekas, sebab Amaknya tidak mengijinkannya. Beliau ingin Alif agar sekolah di Madrasah Aliyah yang berbasik agama saja, dengan alasan Amak ingin Alif menjadi seorang Ustad (Ulama). Dengan setengah hati, Alif akhirnya menerima keinginan Amaknya untuk sekolah agama tersebut.

Awal mulanya dia sangat terkejut dengan segala peraturan ketat dan kegiatan di pondok. Untunglah, dia menemukan beberapa sahabat dari berbagai daerah yang benar – benar menyenangkan. Niatan setengah hatinya kini telah berubah menjadi niatan yang bulat. Di bawah menara PM inilah mereka berlima akhirnya justru menciptakan sebuah mimpi – mimpi lewat imajinasinya menatapi langit dan merangkai awan – awan menjadi negeri impian. Mereka yakin kelak impian mereka itu akan terwujud. Sebab mereka yakin akan mantra ampuh yang mereka dapatkan dari Kyai Rais (Guru Besar PM) mereka, yaitu : man jadda wajada, “barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil”.

Kelebihan novel ini bisa mengubah pola pikir kita tentang kehidupan pondok yang mungkin di anggap hanya belajar agama saja. Sebab dalam novel ini kehidupan pondok yang diceritakan bahwa selain belajar ilmu agama, ternyata juga belajar ilmu umum seperti : ilmu bahasa inggris, arab, kesenian dan lain sebagainya. Pelajaran yang bisa dipetik adalah jangan pernah meremehkan sebuah impian setinggi apapun itu, sebab Allah yang Maha mendengar doa dari umatNya.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Review Buku. Sebenarnya, review buku itu bisa panjang hingga berlembar – lembar namun dini penulis hanya memberikan contohnya yang singkat saja. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya dan menambah pengetahuan kita ….

Baca juga :