Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Posted on

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Seni Rupa 2 Dimensi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan secara lengkap.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah karya seni yang ada di dalam hidup keseharian kita dimana terdapat nilai dan dismaping nilai seni nya terdapat fungsi dari seni itu sendiri. Dari perbedaan fungsi , yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.

Seni yang bagus juga bisa disebut applied art merupakan seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan. Kerena pekerjaan ini lebih mampu, Kecantikan dan memprioritaskan faktor penggunaan yang berhubungan dengan seni.

Namun, kebalikannya sering mempersulit karya seni sebagai karya seni terapan. Misalnya, orang lebih sulit melukis daripada membangun rumah.

Seni Rupa Dalam Sejarahnya

DiIndonesia seni rupa dikenal dan dikembangkan sejak zaman prasejarah. Sejak awal, nenek buyut kami menggunakan kapak untuk memburunya. Seni Rupa Terapan adalah perkembangan bombastis di Indonesia, terutama setelah nenek buyut kami mampu mencairkan logam menjadi barang-barang seperti senjata dan perhiasan. Selain itu, logam cair juga digunakan sebagai rumah tangga seperti guci, nekara, moko dan peralatan dapur lainnya.

Pentingnya seni Terapan juga disebut sebagai seni aplikatif, yaitu sebagai karya seni diterapkan. Apa yang termasuk dalam bentuk-bentuk fungsional ini? Semua bentuk yang. Bentuknya dapat terdiri dari perhiasan, pakaian, peralatan rumah tangga, catu daya, peralatan kinerja atau peralatan ibadah.

Baca Juga :   Preposisi Adalah

Jenis Seni Rupa

Seni Rupa berbagai jenis yaitu :

  • Arsitektur Art, yaitu objek dalam bentuk bangunan, bangunan, dan lain-lain.
  • Keindahan dekoratif adalah seni terapan yang bertujuan untuk menghias tempat, selama suatu acara.
  • Grafik terapan adalah seni yang bertindak sebagai media hubungan dalam bentuk lukisan.
  • Seni Ilustrasi adalah dalam bentuk gambar atau lukisan sebaga penjelasan sesuatu supaya dapat memahami bacaan. Biasanya ditemukan dalam fiksi dan non-fiksi.

Unsur Seni Rupa dan Karakteristik

Buat karya seni terapan lebih sulit dibandingkan dengan seni murni. Ini mungkin karena karya seni murni merasa lebih longgar dan tidak mempertimbangkan karya seni terapan dengan fungsinya. Namun seringkali lebih sulit untuk melakukan seni murni daripada seni terapan. Misalnya, mungkin lebih sulit untuk melukis orang daripada membangun permusuhan.

Berdasarkan Bentuk dar Seni Rupa

Seni terapan, yang terbagi bentuknya, sangat beragam di Indonesia. Seni terapan dapat dibagi 4 kategori : tempat tradisional, tradisional senjata, alat kerajinan tangan.

Seni Rupa Setelah Pola

Bentuk-bentuk seni terapan di masing-masing umumnya masih luastradisional, terikat standar, monoton dan diturunkan dari generasi ke generasi. Tetapi juga ada pola dekoratif yang telah berevolusi tapi itu masih bisa dikenali oleh karakteristik pola tradisional. Bentuk seni biasanya digunakan Nusantara menyerap fauna objek flora, dan alam di lingkungan. Gaya seni terapan umumnya dekoratif (dengan ornamen atau ornamen), lembut, kaya akan simbol.

Bentuk pola seni terapan sangat berbeda di tiap daerah. Sebagai contoh, pola seni terapan di Jawa umumnya terpola pada tumbuhan dan hewan, dan beberapa memiliki bidang geometris. Di Papua Toraja, dan Sumatera Utara pola geometris sering ditemukan. Pola Orang dan hewan yang banyak digunakan dalam dekorasi komunitas.

Baca Juga :   Materi Konflik Sosial

Fungsi Dari Seni Rupa

Seni sebagai elemen budaya hadir atau buat kebutuhan yang kita perlukan kemanusiaan secara fisik maupun mental. Unsur budaya dipertahankan jika unsur budayanya. Kita juga merasakan bagaimana kita membutuhkan sarana ekspresi untuk menikmati bentuk keindahan.

Seni dibagi dalam beberapa kelompok karena fungsinya memuaskan kebutuhan manusia.

Fungsi individu
Manusia fisik dan unsur psikologis terdiri. Salah satu elemen psikologis adalah emosi.

Beberapa Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Dengan memahami definisi seni 2D di atas, Anda dapat menambahkan contoh seni 2D sendiri karena dalam kehidupan ini ada banyak.
Inalah contohnya:

Melukis Ditas Kertas dan di Atas Kanvas

Lukisan (di atas kertas atau kanvas)

Cat karya seni atau lukisan yang dibuat oleh menggaruk cat menggunakan kuas atau cat warna atau proses peralatan pisau lain untuk mengambil tempat.

Fotografi

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Fotografi adalah seni atau produksi gambar dan cahaya pada proses Film

Melukis Ditembok

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Tidak hanya bisa lukisan dibuat di atas kanvas, tetapi sekarang banyak kreasi dari seniman yang membuat lukisan di dinding.

Plakat

Di jalan kita sering melihat berbagai poster dalam bentuk gambar atau tulisan yang dipasang di dinding atau di dinding. Sekarang poster ini juga termasuk dalam contoh seni 2D.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Seni Rupa 2 Dimensi. Baca Juga Contoh Kata Pengantar. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar