Contoh Soal HOTS SD

Posted on

Contoh Soal HOTS SD – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Vaksin yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Menristekdikti telah mengkonfirmasi bahwa akan ada semacam pertanyaan HOTS dalam SBMPTN 2019 mendatang. Juga akan ada perubahan dalam SBMPTN 2019 berdasarkan jenis bahan tes, yaitu TKPA dengan TKD Saintek / Soshum dan Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek / Soshum. Dalam siaran persnya tanggal 22 Oktober 2018, Menristekdikti juga memastikan bahwa sifat pertanyaan HOTS hanya diajukan dengan TKA dan bukan dengan TPS.

Selain itu, ia mengatakan bahwa TPS mengukur kemampuan kognitif, logika / penalaran siswa di masa depan, dan pemahaman umum. Sementara itu, calon siswa yang menggunakan TKA dengan pertanyaan-pertanyaan HOTS harus dapat melakukan analisis sebagai persyaratan kompetitif utama dalam era digital saat ini. Jika demikian, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sifat masalah HOTS?

Sejarah Dari Soal HOTS

HOTS adalah singkatan untuk “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Istilah ini pertama kali muncul sebagai pemikiran psikolog pendidikan Amerika Benjamin Samuel Bloom.

Salah satu kontribusi pendidikannya diterbitkan pada tahun 1956 oleh buku Taksonomi Tujuan Pendidikan, yang pada dasarnya menjelaskan bahwa tujuan pendidikan memiliki tiga aspek utama, yaitu aktivitas fisik kognitif, afektif dan psikomotor.

Setiap aspek kemudian memiliki taksonomi atau klasifikasi untuk mencapai tujuan akhir pendidikan, seperti: Ini termasuk, misalnya, peningkatan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, yang nantinya akan berguna untuk menghadapi kompetisi di masa depan.

Taksonomi yang diciptakan Bloom dari level terendah ke level tertinggi adalah pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Klasifikasi ini kemudian direvisi oleh David.

Baca Juga :   Soal Geografi Kelas 9
Sejarah Dari Soal HOTS

Contoh Soal HOTS SD Lengkap

1. Level terendah dari versi revisi Taksonomi Bloom adalah Remember. Contoh masalah semacam ini adalah, misalnya, “Kubus Rubik adalah contoh membangun ruang dalam bentuk …

Jawabannya adalah dadu. Pertanyaannya hanya meminta siswa untuk mengandalkan memori.

2. Tingkat selanjutnya harus dipahami. Contoh dari jenis masalah ini adalah: “Jumlah sisi paralel kubus adalah …

Jawabannya adalah: Bagian depan kubus sejajar dengan belakang, sisi atas dengan sisi bawah dan sisi kanan dengan sisi kiri. Berdasarkan ingatan ini, siswa dapat memahami bahwa kubus memiliki tiga pasang sisi yang berlawanan.

3. Tingkat taksonomi selanjutnya di atas berlaku. Contoh dari jenis masalah ini adalah: “Jumlah sisi paralel kubus ajaib adalah …” Kami ingat bahwa kubus ajaib berbentuk seperti kubus, dan setiap bagian kubus memiliki tiga pasang sisi yang berlawanan.

Jawabannya: Jadi kita dapat menerapkan bahwa Rubik’s Cube memiliki tiga pasang sisi yang berlawanan.

4. Tiga klasifikasi sebelumnya disebut LOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Bawah) atau keterampilan berpikir tingkat rendah. Sementara itu, level berikutnya adalah level pertama dari HOTS yang dianalisis. Contoh dari jenis masalah ini adalah, misalnya, “Jika kubus ajaib memiliki sisi 6 cm, panjang sisi diagonal adalah …”.

Jawabannya: Analisis bahwa setiap sisi kubus adalah bujur sangkar dan bujur sangkar dapat dianggap sebagai 2 segitiga siku-siku berikut:

HOTS yang dianalisis

Dari hasil analisis di atas, halaman yang diminta untuk masalah sesuai dengan sisi miring dari segitiga siku-siku yang nilainya dapat diperoleh oleh teorema Pythagoras, memberikan nilai 6 √ 2 cm sebagai respons.

5. Level HOTS berikutnya adalah mengevaluasi apa arti evaluasi. Contoh dari jenis masalah ini adalah: “Jika kubus ajaib memiliki sisi 6 cm, panjang ruang diagonal adalah …”

Baca Juga :   Soal Seni Budaya Kelas 1

Jawaban: Diasumsikan bahwa kubus ajaib dalam masalah adalah ABCD.EFGH kubus dengan panjang tulang rusuk 6 cm. Salah satu ruang diagonal kubus adalah BH. Jika kita berpikir lebih jauh, membentuk kotak ABH sebagai berikut:

panjang ruang diagonal

Menggunakan Phytagoras yang ditetapkan pada segitiga ABH untuk memberikan nilai 6 √ 3 cm sebagai respons adalah.

6. Level tertinggi dalam versi revisi Taksonomi Bloom adalah buat. Contoh dari jenis masalah ini adalah, misalnya, “Kubus ABCD diketahui, EFGH memiliki panjang sisi 6 cm.” Ketika P dan Q berada di tengah sisi AB dan BC, jarak antara titik adalah H dan garis PQ …

Jawab: Dalam masalah, titik P direpresentasikan sebagai titik tengah sisi AB, sedangkan titik Q adalah titik tengah BC. Berdasarkan informasi ini, kita dapat membuat garis imajiner OH baru yang mewakili jarak antara titik H dan garis PQ, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Berdasarkan gambar di atas dan teori jarak titik pada garis, dapat disimpulkan bahwa nilai OH dapat diperoleh dari OHQ segitiga kanan imajiner seperti yang ditunjukkan. Jadi OH diperoleh oleh teorema Pythagoras dengan menggabungkan:

  • Nilai OQ adalah setengah dari nilai PQ yang diperoleh dengan menggunakan teorema Pythagoras dari segitiga PBQ.
  • Nilai QH sama dengan nilai PH dan diperoleh dengan menggunakan frase phytagorase dari PAC segitiga kanan.
  • Nilai OH diperoleh dengan menggunakan teorema Pythagoras bersama dengan nilai OQ dan QH dari segitiga OHQ.

7. Tentukan nilai apapun yang diperlukan :

Jawabannya : 3/2 √34 cm

8. Lihat gambar dibawah ini!

Dari Tumbuhan di atas yang secara alami bereproduksi secara vegetatif. Di antara tanaman ini
yang memiliki metode pemuliaan yang sama adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita

Jawabannya : A

9. Contoh acara konveksi dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
A. Panas matahari mencapai bumi
B. Terjadinya angin darat dan angin laut
C. Panci sedang dipanaskan oleh api dari kompor
D. dasar besi, yang terasa panas ketika ujungnya terbakar

Jawabannya : B

9. Tanaman bunga matahari mekar di halaman. Banyak lebah
Turun di bunga ini.
Pada saat ini, ada hubungan yang saling menguntungkan antara tanaman bunga matahari dan Lebah, karena …

A. Tanaman bunga matahari mendapatkan makanan sementara lebah mendapatkan tempat
bersembunyi dari musuh mereka
B. Tanaman bunga matahari melakukan proses fotosintesis menggunakan lebah yang terbakar
di kelopak
C. Tanaman bunga matahari yang diserbuki oleh lebah saat lebah
Nektar bunga matahari yang diawetkan
D. Tanaman bunga matahari memiliki mahkota bunga yang menarik sehingga lebah duduk di atasnya
mahkota

Jawabannya: C

10. Penggunaan tanda baca di bawah ini yang benar dalam kalimat …

A. Perubahan iklim telah terjadi dan akan berlanjut.
B. Akhir-akhir ini banjir, badai, dan kekeringan sering terjadi.
C. Perubahan iklim mempengaruhi kesehatan dan pertanian.
D. Produksi makanan seperti jagung dan beras telah menurun.

Jawaban: B

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Soal HOTS SD. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Contoh Soal HOTS SD Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar