Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Posted on

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Contoh Soal Ide Pokok Paragraf yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Sebelum melanjutkan dengan pengumpulan pertanyaan untuk menemukan ide utama, Imagination Kitchen menjelaskan contoh menemukan ide utama dalam bacaan yang terdiri dari tiga paragraf.

Selain itu, kami menemukan banyak ide paling penting dalam pertanyaan tentang Ujian Nasional (UN) atau Sekolah / Madrasah (AS / M).

Cara Mengenatahui Ide Pokok Paragraf

  • Baca bacaan dengan seksama dan pahami isinya
  • Ajukan pertanyaan dalam hati Anda: “Apa paragraf yang membahas?”
  • Jawab pertanyaan Anda sebelumnya.
  • Tulis ide utama sesuai dengan jawaban yang telah selesai

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf dan Kunci Jawabannya

1. Sampah plastik sangat berbahaya jika dibuang dengan sembarangan. Sampah plastik tidak bisa membusuk. Ini berarti bahwa sampah plastik tidak dapat didaur ulang secara alami. Ketika dibawa oleh air sungai, itu mengganggu ekosistem. Banyak hewan mati karena tertelan limbah plastik. Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. akibat dari rusaknya jalan
B. penyebab kerusakan jalan
C. banyak jalan yang dilewati kendaraan
D. aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat

Jawabannya: C

2. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Alasannya adalah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal. Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
B. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
C. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. Cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

Baca Juga :   Struktur Novel - Pengertian, Ciri, Struktur Dan Unsur - Unsurnya Lengkap

Jawabannya : A

3. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditransfer. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.
Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
B. mudah ditransfer
C. Penyebaran penyakit influenza
D. Penyebab influenza

Jawabannya : C

4. Memainkan alat musik sasando tidak mudah. Diperlukan harmonisasi perasaan dan teknik untuk menciptakan melodi melodi. Ini juga membutuhkan keterampilan jari untuk memetik senar seperti kecapi.
Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. Teknik bermain sasando
B. Bermain Sasando itu sulit
C. Bermain sasando tidak sulit
D. karakteristik alat musik sasando

Jawabannya : B

5. Persahabatan Annisa dan Fatimah begitu dekat. Pikiran dan hobi Anda sangat cocok. Mereka adalah teman masa kecil. Hubungan antara keduanya sangat dekat dan tidak terpisahkan.
Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. persahabatan dekat dua anak
B. Bentuk persahabatan
C. Jenis pertemanan
D. Annisa dan Fatima tidak dapat dipisahkan

Jawabannya : A

6. Festival rakyat di daerah saya sangat ramai. Acara berlangsung di alun-alun dekat istana. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang, misalnya pakaian, sepatu, dan tas. Mereka tidak hanya menjual barang tetapi juga makanan tradisional. Wow, festival ini sangat meriah.
Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …

A. Acara di alun-alun dekat istana
B. karnaval
C. Festival rakyat di dekat saya
D. perayaan festival rakyat

Baca Juga :   Ragam Bahasa

Jawabannya : D

7. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk bisa berasal dari kotoran hewan. Selain itu, kotoran manusia dapat dibuat untuk pupuk jenis ini. Ada juga pupuk organik yang berasal dari sisa-sisa tanaman seperti panen mendengkur.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah …
A. Pupuk dari kotoran hewan
B. sisa-sisa makhluk hidup
C. Definisi Pupuk Organik
D. Limbah manusia dapat digunakan sebagai pupuk

Jawabannya : C

8. Pendidikan karakter yang diterapkan ke sekolah tidak diajarkan dalam mata pelajaran khusus. Namun, pendidikan karakter, yang diintensifkan dan diberi pertimbangan khusus dalam praktik pendidikan nasional, berlangsung melalui pembelajaran sehari-hari yang sudah terjadi di sekolah. Pendidikan karakter yang disponsori pemerintah di sekolah tidak akan membebani guru dan siswa.

Sebenarnya, tetapi mereka belum diprioritaskan dan secara eksplisit. Pendidikan karakter yang diminta dapat menciptakan wawasan nasional sembari mempromosikan inovasi dan kreasi siswa. Selain itu, kejujuran, kerja keras, penghormatan terhadap perbedaan, kerja sama, toleransi, dan disiplin adalah nilai-nilai yang harus dibangun secara nasional pada generasi penerus negara ini.

Ide utama paragraf adalah …
A. Faktor Penyebab untuk Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah.
B. Guru dan siswa merasa terbebani oleh karakter pendidikan bangsa yang termasuk dalam kurikulum.
C. Membangun wawasan nasional dan mempromosikan inovasi dan kreativitas siswa melalui pembentukan karakter nasional.
Pendidikan karakter Bangsa
D. diajarkan melalui pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Jawabannya: C

9. Peningkatan arus lalu lintas selama mudik menyebabkan kerentanan lalu lintas. Risiko lalu lintas termasuk kemacetan lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kejahatan jalan raya. Kerentanannya adalah bahwa wilayah Jawa Tengah adalah Wilayah Trans Jawa, yang merupakan wilayah transit untuk perjalanan dari Barat dan Timur. Selain itu, wilayah Jawa Tengah juga merupakan titik kelelahan bagi pengemudi yang bepergian di Jawa.

Baca Juga :   Pengertian Seni Lukis

Ide utama paragraf adalah …
A. Penyebab masalah lalu lintas yang terjadi saat Anda pulang.
B. mengingatkannya tentang arus lalu lintas ketika ia pulang ke rumah dan dengan demikian menyebabkan situasi lalu lintas.
C. Arus mudik yang terjadi setiap tahun menyebabkan kemacetan lalu lintas.
D. Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu lubang keamanan yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas.

Jawabannya : A

10 .Hasil laut seperti karang, teripang, dan kepiting adalah barang ekspor. Karena itu, nelayan kita harus sangat terampil dalam menanam dan memanen hasil laut ini sehingga tidak ada makanan laut dari luar negeri yang mencapai Indonesia. Generasi muda harus memikirkan perkembangan laut. Jangan mengambil pandangan bahwa laut itu menakutkan, tetapi harus sebaliknya, laut adalah teman.

Ide utama paragraf adalah …
A. Budaya laut harus diajarkan sejak dini.
B. Laut adalah sahabat sejati manusia.
C. laut dan isinya harus disimpan dalam pembangunan.
D. Produk Maritim adalah barang ekspor.

Jawabannya: D

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Soal Ide Pokok Paragraf. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :