Contoh Struktur Kalimat Efektif – Pengertian, Syarat Dan Ciri-Cirinya

Posted on

Contoh Struktur Kalimat Efektif – Pengertian, Syarat Dan Ciri-Cirinya – Seperti apakah kalimat efektif itu? bagaimana ya contohnya? kemudian apakah ada syarat – syarat yang harus dipenuhi pada kalimat efektif ini? dan apakah ada ciri – cirinya?

Contoh Struktur Kalimat Efektif
Contoh Struktur Kalimat Efektif

Perlu diketahui bahwa membuat kalimat agar bisa efektif itu kita harus bisa memahami beberapa hal seperti subjek dan predikat dengan penambahan objek, pelengkap, maupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik (.), tanya (?), atau seru (!). Semua itu jika penempatannya kita kurang teliti, maka kalimat yang kita buat tersebut akan menjadi tidak efektif lho.

Pengertian Struktur Kalimat Efektif

Srruktur kalimat adalah sebuah struktur yang terdiri atas bagian – bagian kalimat yang dapat membentuk suatu kalimat yang terdiri dari beberapa kata.

Contoh: “Ibu memasak sayur di dapur”

Sedangkan pengertian struktur kalimat efektif adalah suatu kalimat yang memiliki kesesuaian dengan tata bahasa indonesia yang baik dan benar. Sebab, kalimat efektif yang benar, itu akan dapat dipahami maknanya dengan mudah oleh para pembaca.

Kalimat efektif terdiri dari kaidah tata bahasa dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) dan juga tanda baca yang tepat sesuai dengan maksud kalimat.

Susunan kalimat efektif ini dapat membantu proses penyampaian ide – ide dan gagasan dari penulis atau pembicara yang akan dengan mudah dipahami. Selain itu, penggunaan kata pun akan lebih sederhana namun tanpa mengurangi maksud dari kalimat yang ditujukan tersebut.

Namun ada hal – hal yang sering membuat kalimat menjadi tersebut tidak efektif, yaitu penggunaan kata-kata yang memiliki keterangan ganda.

Baca Juga :   Teks Deskripsi

Kata-kata tersebut dapat menyebabkan kesalahan suatu pahaman akan arti atau maksud dari kalimat yang sebenarnya. Oleh karena itu, penulis atau pembicara harus bisa menggunakan kalimat efektif untuk menghindari mis konsepsi dari pembaca atau pendengar sehingga hal – hal yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan jelas.

Ciri-Ciri Dan Syarat Kalimat Efektif

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

  1. Kesepadanan Struktur
  2. Keparalelan Bentuk
  3. Ketegasan Makna
  4. Kecermatan Penalaran
  5. Kepaduan Gagasan
  6. Kelogisan Bahasa

Sedangkan syarat-syaratnya adalah:

  1. Memiliki Struktur yang Baik
  2. Tidak Ambigu
  3. Logis atau Sesuai Nalar
  4. Menghemat Kata
  5. Sistematis

Struktur kalimat efektif ini dibagi beberapa macam, yakni:

1. Struktur Kalimat Efektif Umum

Unsur-unsur pada kalimat umum ini yang membangun sebuah kalimat dibedakan menjadi dua, yaitu: unsur wajib dan unsur tidak wajib (unsur manasuka).

Unsur wajib ialah subjek dan predikat, sedangkan unsur tidak wajib ialah unsur yang boleh ada dan boleh juga tidak ada (yaitu kata kerja bantu, harus, boleh; keterangan aspek sudah, akan; keterangan tempat, waktu, cara dsb)

2. Struktur Kalimat Efektif Paralel

Yaitu struktur yang menggunakan bentuk bahasa yang sama yang dipakai dalam suatu susunan serial.
Contoh:
Penyakit tumor otak adalah satu segi usia yang paling mengerikan dan berbahaya sebab pencegahan dan cara pengobatannya takada yang tahu.
Seharusnya:
Penyakit tumor otak adalah satu segi usia yang paling mengerikan dan membahayakan  sebab pencegahannya dan cara pengobatannya takada yang tahu.

  1. Kesejajaran Bentuk
    Contoh:
    Kegiatannya meliputi pembelian karton, membuat sketsa, dan mengatur perumusan gambar.
    Yang benar seharusnya: dijadikan nominal atau verba
    Maka, kegiatannya meliputi pembelian karton, membuat sketsa, dan pengaturan perumusan gambar.
  2. Kesejajaran makna
    Contoh:
    Ia memetiki setangkai daun.Seharusnya yaitu:
    Kata memetiki tidak dapat digunakan pada kata setangkai daun karena kata ini bermakan berulang. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah predikat menjadi memetik atau menghilangkan satuan setangkainya pada objek. Maka menjadi: Ia Memetik setangkai daun
  3. Kesejajaran dalam perincian pilihan
    Contoh:
    Pemasangan antena akan menyebabkan …
    a.    Menjernihkan gambar tv
    b.    Memudahkan mencari informasi berita
    c.    Meningkatkan pengeluaran
    Maka, jawabannya adalah a, tetapi kalimat pemasangan antena akan menyebabkan menjernihkan gambar tv bukanlah kalimat yang baik. Pilihan b meskipun memang bukan jawaban yang tepat, akan tidak mempunyai peluang untuk diplih karena kalimat pemasangan antena akan menyebabkan untuk memudahkan mencari informasi berita bukanlah kalimat baik. Kalimat yang memuat pilihan c justru paling baik, tetapi pilihan itu bukanlah jawaban yang diharapkan. Namun soal itu dapat diubah menjadi
    Pemasangan antena akan meningkatkan..
    a.    Kelancaran
    b.    Kemudahan
    c.    pengeluaran
Baca Juga :   Contoh Majas Litotes

3. Struktur Kalimat Periodik

Struktur ini lebih mengemukakan unsur-unsur tambahan baru kemudian unsur intinya. Hal ini dilakukan untuk menarik sebuah perhatian pembaca.
Contoh:
Oleh warga kemarin jenazah yang busuk itu dikuburkan (O-K-S-P)
Tanggal 22 Desember 2011 Hari Ibu dirayakan oleh Dharma Wanita Desa Balangan. (K-S-P-O)

Demikianlah pembahasan materi mengenai contoh struktur kalimat efektif. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan manfaat …

Baca Juga:

Contoh Struktur Kalimat Efektif – Pengertian, Syarat Dan Ciri-Cirinya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar