3 Contoh Surat Izin

Posted on

3 Contoh Surat Izin – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Surat Izin yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan secara lengkap.

Apa Itu Surat Izin ?

Berdasarkan Kamus Besar Kementerian Pendidikan Indonesia (KBBI), surat itu adalah informasi dalam bentuk tulisan yang menjelaskan tujuan tertentu, sedangkan pernyataan itu adalah pernyataan atau permintaan bantuan dalam keadaan tertentu.

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pernyataan tersebut adalah informasi tentang orang yang terkait dengan kegiatan rutin di suatu tempat disajikan dalam bentuk tulisan tangan, yang menjelaskan permintaan bantuan karena keadaan tertentu dalam orang sehingga tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan rutin seperti biasa.

Lisensi Dalam Penulisan Surat Izin

Ada celah dalam menulis lisensi dalam membuat lisensi, dan oleh karena itu dalam menciptakan lisensi, ada banyak hal yang harus diperhatikan, sehingga Surat izin anda baik dan benar.

Gaya bahasa

Izin dimasukkan dalam surat resmi, ditujukan kepada pihak terkait seperti perusahaan, sekolah, universitas dan lain-lain.

Dimana dalam membuat lisensi harus menggunakan bahasa standar dan efektif, hindari penggunaan bahasa yang berkepanjangan dan tidak efektif.

Tanda Baca

Menggunakan tanda baca dalam lisensi, ini terdengar sangat sepele, tetapi penggunaan tanda baca itu sangat penting.

Karena tanda baca yang tepat digunakan, kalimat yang ditulis dalam pernyataan lebih mudah dibaca dan dipahami.

Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 5

Kalimat rapi

Penting bahwa setiap kalimat dalam izin itu penting agar pesan yang dikirim lebih enak dipandang, jadi cobalah membuat pernyataan sebanyak mungkin tanpa grafiti.

Karena jika ada coretan dalam penerbitan izin, tidak nyaman untuk melihat dan membacanya, lebih baik menulis ulang izin pada kertas baru.

Lantas seperti apa cara pembuatan surat izin yang benar dan baik? Beberapa tahapan dalam penulisan surat izin yang dapat Anda lakukan meliputi:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Tulis nama dan judul kepada siapa surat itu ditujukan
  • Pembukaan salam, yang biasa digunakan adalah “Dengan hormat”
  • Membuka, berisi pembukaan atau salam kepada yang dimaksud. Struktur kalimat yang digunakan biasanya cukup pendek tetapi efektif
  • Isi surat, jelaskan alasan persisnya surat itu dibuat
  • Penutup, berisi permintaan maaf dan terima kasih kepada penerima surat
  • Tanda tangan partai yang meminta izin
  • Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh izin sakit yang dapat Anda gunakan.

Contoh Contoh Surat Izin

Begitu banyak surat izin yang ada di sekitar kita dan mungkin anda semua juga telah mengetahui nya, tapi kali ini kita coba berikan referinsi bebrapa contoh surat izin, yuk simak dibawah ini :

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Hadir di Sekolah

Seorang siswa STM tentu saja sudah mahir dalam penulisan tentang surat izin sekolah. Karena itu, jika Anda sakit dan tidak bisa mengambil kelas di sekolah, Anda dapat mengirim izin ke sekolah. Tapi jangan lupa untuk membubuhkan tandatangan orang tua atau wali Anda.

Bangun Rejo, 16 Maret 2019

Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru, STM 234 Bangun Rejo Lampung

Ditempat

Dengan hormat, Kami yang menulis dan mengesah kan surat ini adalah Orang Tua/Wali Murid dari Siswi :

Baca Juga :   Materi Lembaga Sosial

Nama : Faris Al Atoos

Kelas : 3 Teknik Elektro

Jurusan : Audio dan Video

Dengan surat ini ditulis, kami ingin memberi tahu kepada seluruh dewan guru bahwa anak kami tidak dapat pergi ke sekolah seperti biasa, dikarenakan ia sedang sakit, dan tidak bisa mengikuti pelajaran bagaimana semesti nya.

Demekian pemberitahuan kami sebagai wali murid,dan kepada dewan guru kami ucapkan terimaksih dan mohon maaf jika dalam penulisan surat ini ada sesatu yang dapat mengganggu pikiran dan kenyaman dewan Guru semua.

Hormat Kami

(Tanda Tangan Wali Murid)

Muhamda Hasan Mak’mun

Contoh Dari Surat Izin Tidak Dapat Masuk Kerja

Cipondoh, 10 Desember 2018

Kepada Yang terhormat, Bapak/Ibu

di Tempat

PT. Alam Jaya Sentosa

Dengan hormat

Saya yang menandatangani surat di bawah ini :

Nama : Bagus Sujiwo
Alamat : Jl. Alam Sejati No : 234, Teguh Karya Cipondoh Tanggerang Banten
No Telp : 08134566778 Jabatan : Staf Rumah Tangga

Bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti selama 12 Hari kerja dimulai dari hari ini , karena kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Sekian surat izin cuti ini saya buat, atas kebijakannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya
TTD
Bagus Sujiwo

Baca Juga :

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Surat Izin . Baca Juga Contoh Kata Pengantar. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di rumusbilangan.com.Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

3 Contoh Surat Izin Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar