Contoh Teks Cerita Sejarah

Posted on

Contoh Teks Cerita Sejarah – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Teks Cerita Sejarah yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan,contoh secara lengkap.

Apa Itu Teks Sejarah ?

Teks sejarah adalah teks di mana konten menjelaskan atau menceritakan hal-hal tentang fakta atau peristiwa masa lalu yang merupakan asal dari sesuatu yang menyiratkan nilai historis di dalamnya.

Contoh Teks Cerita Sejarah dan Strukturnya

Didalam penulisan teks sejarah anda harus memahami dan mengerti struktur dan susuna mengenai Teks Sejarah terlebih dahulu disini kita bahas strukturnya dahaulum, lihat dibawah ini :

  • Orientasi adalah pengantar atau bagian awal dari teks cerita sejarah.
  • Urutan Acara (urutan kejadian) adalah catatan peristiwa sejarah, yang biasanya disediakan dalam urutan kronologis.
  • Reorientasi yang berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa sejarah atau diriwayatkan. Reorientasi mungkin atau mungkin juga tidak. Terserah kehendak penulis teks sejarah.

Contoh Teks Sejarah Tentang Tsunami di Aceh

Contoh Teks Sejarah Tentang Tsunami di Aceh

Fase Orientasi
Peristiwa 26 Desember 2004 sangat menghantam gempa bumi dan tsunami di Aceh.
Di tepi Samudra Hindia dalam waktu singkat sekitar 500.000 orang tewas

Urutan Peristiwa
Gempa pada waktu itu adalah gempa terberat dalam 40 tahun terakhir. Gempa itu tidak hanya hancur, tetapi mencapai Malaysia, Thailand, Sri Lanka dan bahkan pantai timur Afrika.

Gempa itu pada waktu itu merupakan gempa terpanjang yang tercatat sekitar 10 menit. Beberapa ahli menemukan bahwa gempa ini dapat menggetarkan bumi dengan amplitudo getaran lebih dari 1 cm.

Dan gempa di tengah lautan Indonesia menyebabkan gempa bumi di berbagai belahan dunia. Sebagai akibat dari bencana, delapan negara menderita akibatnya dan 230.000 tewas.

Namun, jumlah sebenarnya korban di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika Timur tidak diketahui.

Menurut perkiraan PBB, setidaknya 150.000 orang memperkirakan bahwa sebagian besar korban tambahan tinggal di Indonesia.

Di Indonesia, gempa bumi dan tsunami merenggut lebih dari 126.000 jiwa. Dan rumah-rumah penduduk dihancurkan ke tanah oleh bencana tsunami.

Fase Reorientasi
Bencana ini adalah salah satu peristiwa paling mematikan dalam sejarah Indonesia. Semoga ini tidak akan terjadi lagi di negara kita tercinta.

Baca Juga :   Contoh Surat Resign

Baca Juga : Teks Eksposisi

Contoh Teks Sejarah Tentang Pribadi Pahlawan R.A Kartini

Contoh Teks Sejarah Tentang Pribadi Pahlawan R.A Kartini

Orientasi
Raden Ajeng Kartini atau kita kenal Bu Kartini. Dia adalah salah satu keturunan dari keluarga terhormat, lahir pada 21 April 1879. Dan keluarganya, yang meninggalkan sesuatu, pendidikan.

Dia pernah duduk di sekolah dasar sampai dia menyelesaikan sekolah dasar. Dia tidak pernah puas dengan sains dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi

Tetapi ayahnya tidak setuju dengannya untuk melanjutkan pendidikannya. Mengetahui sikap ayahnya, dia sedih tetapi tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.

Peristiwa dan Masalah
Kebiasaan dalam keluarga adalah bahwa seorang gadis atau wanita yang belum menikah tidak diizinkan meninggalkan rumah atau disebut pengasingan. Untuk mengisi waktu luangnya, ia membaca buku sains yang dimilikinya.

Dia sangat suka membaca atau kutu buku dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari ketika dia memiliki banyak waktu luang. Dia bahkan tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya apakah dia tidak mengerti atau mengerti.

Kartini memiliki banyak teman di Belanda dan sering berkomunikasi dengan mereka. Pernah meminta Mr. J. H. Abendanon beasiswa untuk belajar di Belanda.

Sebelum dia bisa menyuarakan permintaannya, dia menikah dengan Adipati Rembang, Raden Adipati Oyodiningrat.

Meskipun demikian, dia tidak berhenti berjuang dan karena suaminya juga mendukung tujuannya.

Dengan ketekunan dan ketekunan dari dia dan suaminya, mereka mendirikan sekolah-sekolah wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Cirebon dan Malang. Sekolah ini dinamai Sekolah Kartini.

Pada 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25, ketika dia melahirkan anak pertama dan satu-satunya.

Ia kemudian menjadi pelopor emansipasi wanita di negara Jawa. Kemudian Abendanon menulis kisah R.A. Kartini dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang kita kenal sebagai “After Dark Is Rising Light”. Buku ini telah menginspirasi wanita di Indonesia tidak hanya saat ini, tetapi sampai sekarang.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur Kompleks, Protokol, Dan Singkat

Diorientasi kembali
Kami diizinkan menggunakan layanan R.A. Jangan lupa Kartini, tetapi kita harus mengingat prestasi dan meniru sifat masalah yang tiada henti. Karena masalahnya harus setia, pasti ada jalan keluar.

Contoh Teks Sejarah Mengenai Indonesia Kemerdekaan Indonesia

Contoh Teks Sejarah Mengenai Indonesia Kemerdekaan Indonesia

Fase Orientasi
Dimulai dengan pecahnya Perang Asia Timur Raya, Amerika menyatakan perang terhadap Jepang. Karena invasi tentara Jepang ke Pusat Pertahanan Pearl Harbor AS pada 8 Desember 1941.

Baca Juga :   Teori Nilai Uang

Tentara Jepang dengan Angkatan Udara dan Angkatan Laut mendarat semakin agresif di Indocina, Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Pemerintah Hindia Belanda bergabung dengan Sekutu dan menyatakan perang terhadap Jepang. Tujuan Jepang untuk mendarat di Indonesia adalah kelumpuhan pasukan Belanda.

Jepang pertama kali mendarat di Tarakan dan kemudian melanjutkan di daerah Balikpapan, Manado, Ambon, Makassar, Pontianak dan Palembang. Dan wilayah Jawa dikuasai olehnya, pada tahun 1942 Jepang mendarat di Banten, Indramayu dan Rembang.

Wilayah di bawah kendali Batavia diperluas pada 5 Maret 1942 oleh Batavia dan semakin meluas ke Surakarta, Cikampek.

Semarang dan Surabaya. Belanda semakin di bawah tekanan dari serangan Jepang dan berakhir dengan Hindia Belanda mengklaim “menyerah tanpa syarat”.

Urutan Acara
Orang Indonesia pertama kali menyambut kedatangan militer Jepang. Dapat dilihat dari sikap kooperatif pemimpin nasional kita Ir. Soekarno dan Moh Hatta.

Pemerintah Jepang mulai merangkul orang-orang dengan pembentukan organisasi masyarakat, yang sebenarnya hanya menguntungkan Jepang selama Perang Dunia Kedua. Organisasi-organisasi ini meliputi: Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Fujinkai Keibodan, Heiho, MIAI, dan pendirian BPUPKI.

BPUPKI (Badan Investigasi Bisnis Persiapan Kemerdekaan Indonesia) didirikan pada tahun 1943 di bawah pemerintahan Perdana Menteri Tojo. Menteri Tojo memiliki tugas untuk menyelidiki dan menyelidiki masalah-masalah penting dan perlu untuk pembentukan Pemerintah Indonesia.

Perkembangan selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan nama tokoh tempur kami. Dari BPUPKI ke PPPKI, yang dikenal sebagai Docoritsu Junbi Inkai, nama ini menunjukkan bahwa PPPKI tidak didirikan oleh Jepang. Namun hasil kesepakatan dan perjuangan para pemimpin kemerdekaan Indonesia

Peristiwa penting adalah pertemuan antara Sukarno, M. Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat. Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia, yang meliputi wilayah bekas Hindia Belanda

saat pasukan Jepang mulai melemah. Kekalahan dan kekalahan yang dia dapatkan dan Amerika menjadi lebih kuat dan dia menambahkan untuk menarik pasukannya di Eropa.

Pasukan Amerika menghentikan serangan Jepang pada Mei 1942 di Pertempuran Laut Koral dan pada 1942 di Pertempuran Midway.

Baca Juga : Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh

Jepang semakin lemah karena Amerika terus mengamuk. Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom pertama di daerah Hiroshima.

Dan tiga hari kemudian, pada 9 Agustus, bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki lagi. Dua pusat kota Jepang akhirnya berubah menjadi tanah.

Baca Juga :   Hak DPD

Akhirnya, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945. Kapitulasi terjadi pada 2 September 1945 di kapal Missouri oleh Kaisar Hirito (Jepang) dan Jenderal Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Fase Orientasi
Berita kekalahan Jepang dari sekutunya tidak dapat disembunyikan. Dengan perjanjian pasca-Dam, Jepang mentransfer kekuatannya ke Sekutu dan secara otomatis membubarkan kekosongan daya di Indonesia.

Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Dunia Internet

Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Dunia Internet

Orientasi
Internet adalah jaringan komputer yang didirikan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1969 sebagai bagian dari proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Ini menunjukkan bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer berbasis UNIX dengan cara yang berbeda melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, keandalan, jumlah informasi yang akan dikirim, dan akhirnya, semua standar yang mereka tetapkan menjadi pendahulu pengembangan protokol baru, yang sekarang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). dikenal.

Tujuan asli proyek ini adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan sistem jaringan komputer yang disebarkan dengan menghubungkan komputer di bidang-bidang utama untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari informasi terpusat yang dapat dengan mudah dihancurkan jika terjadi perang.

Urutan Peristiwa
Awalnya, ARPANET hanya menggabungkan 4 situs, yaitu Stanford Research Institute, Universitas California, Santa Barbara, Universitas Utah, di mana mereka membentuk jaringan terintegrasi pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diluncurkan pada Oktober 1972.

Segera, proyek ini berkembang pesat di semua wilayah, dan semua universitas di negara itu ingin bergabung, sehingga mempersulit ARPANET untuk mengelolanya.

Untuk alasan ini, ARPANET telah dibagi menjadi dua bagian, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” yang baru, yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas.

Kombinasi kedua jaringan tersebut dikenal sebagai Internet DARPA, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Diorientasi Kembali
Sekarang internet telah menjadi sangat penting bagi orang, misalnya untuk siswa. Anda dapat memperoleh informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah, jika Anda memiliki koneksi internet.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Teks Cerita Sejarah. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Contoh Teks Cerita Sejarah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar