Contoh Teks Debat

Posted on

Contoh Teks Debat- Pengertian, Ciri, Tujuan, Tata Cara, Etika dan Contoh- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Contoh Teks Debat yang meliputi dari Pengertiannya, Ciri – cirinya dan seterusnya lengkap.

Untuk itu, mari kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian tentang Teks Debat

Debat merupakan sebuah kegiatan beradu pendapat antara dua belah pihak atau lebih dan baik itu perorangan ataupum secara berkelompok di dalam mendiskusikan dan memutusakan suatu masalah dan juga perbedaan masalah.

Pengertian Teks Debat Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat yang berasal dari para ahli mengenai pengertian debat, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menurut pendapat KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Debat ialah suatu pembahasan atau pertukaran sebuah pendapat tentang suatu hal dengan saling memberikan alasan untuk mempertahankan argumen masing-masing.

Menurut pendapat G. Sukadi

Debat ialah kegiatan saling beradu argumentasi antar hubungan pribadi maupun antar hubungan kelompok manusia dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah kemenangan.

Menurut pendapat Hendri Guntur Tarigan

Debat ialah suatu kegiatan saling beradu pendapat antar pribadi atau juga antar kelompok manusia dengan suatu tujuan untuk mendapatkan suatu kemenangan dari satu pihak.

Ciri-Ciri Teks Debat

Ada beberapa ciri – ciri mengenai teks debat ini. Ciri – ciri tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Teks debat mempunyai pihak yang mengarahkan suatu jalannya debat. Umumnya yang melakukan tugas ini ialah seorang yang diberi nama moderator.
  2. Kesimpulan atau hasil akhir dalam suatu debat bisa diperoleh dengan cara melakukan voting maupun keputusan juri debat tersebut.
  3. Adanya dua hal sudut pandang yakni sudut pandang yang pro dan yang kontra.
  4. Peristiwa kegiatan debat harus saling beradu pendapat untuk mendapatkan sebuah kemenangan bagi salah satu pihak.
  5. Adanya suatu proses untuk dapat saling mempertahankan pendapat masing – masing di antara kedua belah pihak tersebut yang mana sedang berdebat atau pihak yang pro dan yang kontra.
Baca Juga :   Surat Al Fiil Beserta Artinya

Tujuan Teks dari Debat

Adapun ujuan debat dan susunan teks debat adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memantapkan mengenai sebuah pemahaman konsep sesorang terhadap sebuah materi ataupun pelajaran yang telah diberikannya.
  2. Bisa melatih seseorang agar bisa bersikap kritis terhadap semua teori yang telah diberikan.
  3. Untuk melatih seseorang agar berani dalam mengemukakan argumennya.
  4. Untuk melatih seseorang agar bisa mematahkan argumen lawannya.
  5. Untuk meningkatkan kemampuan dalam merespon terhadap sebuah masalah yang disebabkan oleh kedua belah pihak debat.

Tata Cara Teks Debat

Adapun tata cara pelaksanaan kegiatan debat didalam sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Guru harus membagi siswa menjadi dua kelompok terdiri peserta debat, yang satunya lagi adalah yang pro dan yang lainnya adalah yang kontra.
  2. Guru kemudian memberikan tugas untuk dibaca materi yang akan diperdebatkan oleh kedua belah pihak atau kelompok tersebut.
  3. Setelah usai kegiatan membaca materi, maka guru menunjuk kepada salah satu anggota kelompok yang pro untuk berkenan berbicara saat itu, kemudian sesudah selesai ditanggapi oleh para kelompok kontra. Dan demikian seterusnya hingga sebagian besar para siswa dapat mengemukakan pendapatnya masing – masing.
  4. Sementara itu para siswa bisa menyampaikan sebuah gagasannya, dan guru bisa menulis inti atau ide-ide yang ada dari setiap pembicaraan hingga meperoleh sejumlah ide yang mampu diharapkan.
  5. Guru dapat menambahkan tentang sebuah konsep atau ide yang belum pernah terungkapkan.
  6. Berdasarkan data-data yang sudah diungkapkan tersebut, maka guru kemudian mengajak para siswa membuat sebuah catatan dari kesimpulan yang mengacu kepada topik yang akan dicapai tersebut.

Etika Teks Debat

Dalam debat, ada beberapa etika yang perlu di perhatikan, yaitu sebagai berikut :

Bertanya Secara Serius

Ketika bertanya maka kalian harus bersungguh-sungguh saat bertanya kepada lawan debat, kemudian membandingkan paparannya dengan beberapa data-data yang memang sudah kalian himpun.

Tidak Menyinggung Lawan Debat

Saat berdebat, maka kalian tidak boleh menyinggung lawan debat kalian baik itu tentang kekurangan fisiknya dalam debat, namun kondisi yang diutamakan yaitu sebuah pertarungan tentang ide gagasan. Oleh sebab itu, jika kalian hendak menyinggung ataupun menyerang lawan kalian di dalam debat maka kalian harus menyerang ide gagasannya itu, bukan malah fisik pada lawan debat kalian.

Berbicara Menurut Data dan Fakta

Agar mampu mematahkan pendapat lawan debat kalian, kalian harus mengadu pendapatnya dengan sebauh data dan juga fakta. Jangan beradu ide gagasan dengan lawanmu dengan menggunakan informasi-informasi yang belum jelas faktanya.

Baca Juga :   Gurindam

Patuhi Peraturan Saat Debat

Saat kalian melanksanakan debat kepada seorang pebisnis, temen pelajar ataupun yang lainnya, maka kalian harus mematuhi peraturan yang ada di dalam melaksanakan kegiatan debat tersebut. Apabila kalian melanggar atau tidak mematuhi sebuah peraturan pada saat acara debat, maka kalian akan di diskualifikasi .dari acara debat


Jenis-Jenis Teks Debat

Ada beberapa jenis teks debat yaitu sebagai berikut :

  1. Debat jenis Parlementer atau Majelis
  2. Debat jenis Pemeriksaan sebuah Ulangan Untuk Mengetahui Kebenaran Pemeriksaan yang Terdahulu
  3. Debat jenis Formal, Konvensional Atau pun Jenis Debat Pendidikan

Unsur-Unsur Teks Debat

Unsur – unsur yang terkandung dalam debat adalah sebagai berikut :

  1. Mosi
  2. Tim Afirmatif
  3. Pihak oposisi ataupun pihak yang kontra yang tidak menyetujui dengan mosi yang telah diberikan.
  4. Pihak netral a
  5. Moderator
  6. Juri
  7. Penulis atau notulen

Struktur Teks Debat

Debat terdiri atas beberapa struktur debat yaitu diantaranya dalah sebagai berikut :

  1. Perkenalan
  2. Penyampaian argumentasi
  3. Mengutamakan Debat
  4. Kesimpulan Debat
  5. Penarikan sebuah Keputusan

Kaidah Kebahasaan Penulisan Teks Debat

Untuk menuliskan sebuah teks debat, maka kita harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa kaidah – kaidah penulisan dalam teks debat ini. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks debat yaitu seagai berikut :

  1. Memakai sebuah kalimat yang kompleks, sedangkan pada teks debat umumnya memakai sebuah kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan juga bisa lebih dari satu kata kerja atau kalimat kompleks.
  2. Memakai sebuah konjungsi, pada suatu teks debat sering kita menggunakan konjungsi untuk menghubungkan mengenai suatu kata-kata atau kalimat.
  3. Memanfaatkan suatu kata rujukan, yakni : dalam teks debat umumnya memakai kata rujukan sebagai suatu pemberi  informasi, yaitu seperti kata : ini, itu, dia, beliau, di sini, di sana, dan seterusnya.

Contoh Teks Debat

Dibawah ini akan penulis berikan satu contoh teks debat tentang pendidikan yaitu sebagai berikut :

Contoh Debat

Masih Efektifkah Ujian Nasional di Adakan?

Moderator :

Selamat pagi, topik yang akan kita bahas dalam debat kali ini ialah mengenai Ujian Nasional di Indonesia, namun dalam kesempatan kita pada hari ini kita akan membahas tentang penting tidakah apabilaujian nasional ini diadakan? Ya baiklah, kita sudah bersama dengan 6 orang yang akan berkometar tentang masalah dalam topik ini, ya baiklah menurut anda mas Bonang apakah anda telah setuju dengan adanya ujian nasional ini?

Tim Afirmasi :

Ya sangat setuju, Bagi saya bagaimanapun juga suatu standar mutu dalam pendidikan itu haruslah tetap ada. Kegiatan UN boleh tetap ada tapi ada pekerjaan rumah bagi kita semua yakni : pemerintah, orang tua, sekolah, siswa dan lingkungan) agar dapat turut mendukung kemajuan pendidikan bangsa kita.

Baca Juga :   Soal Geografi Kelas 10

Siswa agar bisa lebih meningkatkan lagi belajarnya. Guru juga lebih baik dalam mengajar, mungkin apabil metode yang digunakan selama dirasa ini belum cukup baik. Pemerintah berusaha untuk lebih baik. Orangtua pun juga harus memberi sebuah dukungan yang lebih baik lagi.

Tim Oposisi :

Saya disini tidak sependapat dengan pernyataan yang mas Bonang sampaikan, sebab dalam kenyataannya yangada bahwa pelaksanaaan UN setiap tahun selalu mengalami kecacatan dan juga hasil nilai UN yang mana tidak menjamin keberhasilan suatu pendidikan.

Apakah seubah hasil pelaksanaan UN bagi siswa lulusan yang masih rintisan ? Tidak kan? jikalau mereka tidak lulus UN, namun mereka masih tetap bisa untuk mendaftarkan diri di luar negeri.

Tim Netral :

UN itu adalah suatu kegiatan yang penting, sebab adanya UN ini maka yang mempunyai nilai cut of the point dalam sebuah standart lulusan suatu institusi lembaga pendidikan, maka didalam hal ini yaitu seperti : bangunan sekolah, guru, siswa, orang tua bagi siswa yang mana akan terus berusaha agar mereka mampu mencapai sebuah standart kelulusan tersebut. Hal ini yang ingin memelihara kualitas standart sebuah pendidikan pada negara indonesia.

Coba kita bayangkan saja apabila tak ada UN yang sebagai salah satu alat ukuran standart kelulusan maka dari institusi suatu lembaga tidak akan mempunyai motivasi untuk meningkatkan pada standart pendidikan di Indonesia.

Selain itu juga mengenai manfaat lain dengan adanya UN itu ialah seleksi masuk kedalam jenjang pendidikan yang mana bisa lebih tinggi ataupun berikutnya. Sebuah pertimbangan tentang penentuan kelulusan peserta didik dari satuan dan juga dari suatu program pendidikan.

Mengadakan sebuah pembinaan dan juga pemberian berupa bantuan terhadap satuan dan juga tentang program suatu pendidikan agar peningkatan mutu sebuah pendidikan buat menggaapai suatu tingkat kelulusan tertentu, lalu perbaikan sarana dan prasarana untuk gurunya, laboratoriumnya, perpustakaannya, dan juga tenaga kependidikan serta keperluan sekolah yang lainnya.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Teks Debat. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :