Contoh Teks Editorial

Posted on

Contoh Teks Editorial – Tentang Politik, Kesehatan, Bencana Alam, Teknnologi, Terbaru- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan materi tentang Contoh Teks Editorial, dimulai dari pengertian dan beberapa contohnya.

Teks editorial adalah salah satu bentuk teks yang berisikan sebuah pendapat seseorang yang dituangkan dalam bentuk teks tertulis. Kita pasti menemukannya dalam kehidupan sehari – hari, baik itu mungkin di dalam surat kabar, majalah, dan lain – lain.

Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial merupakan teks yang berisikan tentang opini atau pendapat seseorang tentang suatu perkara fakta yang telah terjadi ditengah – tengah masyarakat, bisa seperti : masalah politik, hukum, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Aktualisasinya seperti masalah kesehatan yakni saat ini sedang mewabah virus mematikan yang bernama Corona.

Pada dasarnya, teks editorial ini adalah pendapat atau opini seseorang saja. Namun, dalam proses pembuatan teks editorial ini tidak bisa asal – asalan sebab teks tersebut harus memenuhi beberapa syarat seperti kebeneran data berdasarkan fakta, terdapat suatu bukti nyata serta argumentasinya logis.

Ciri – Ciri Teks Editorial

Untuk membedakan manakah yang disebut teks editorial dan yang bukan, maka kita harus memahami beberapa ciri – cirinya. Ciri – ciri tersebut antara lain adalah :

  1. Mengangkat suatu topik yang baru terjadi yang faktual dan faktual serta sedang ramai di bicarakan oleh masyarakat luas.
  2. Data yang diangkat bersifat logis dan sistematis.
  3. Argumentative yang digunakan adalah sebuah tajuk rencana
  4. Memiliki karakter yang dapat menarik para pembaca seperti : singkat,padat dan jelas.
Baca Juga :   Bahasa Arab Angka Arab 1 - 100

Macam – Macam Teks Editorial

Teks editorial memiliki beberapa macam jenis teks, yaitu :

  1. Interpretaive Editorial
    Teks editorial ini memiliki tujuan menjelaskan suatu isu dengan menggunakan data yang faktual serta figur yang logis untuk memberikan pengetahuan ilmu.
  2. Controversial Editorial
    Teks editorial ini memiliki tujuan unuk menjelaskan dan meyakinkan para pembacanya tentang sebuah Isu.
  3. Explantory Editorial
    Teks ini berfungsi untuk menyajikan suatu masalah agar dapat di nilai oleh masyarakat itu sendiri. Biasa yang sering dilakukan adalah mengidentifikasi suatu masalah yang terjadi.

Tujuan Atau Maksud Dari Teks Editorial

Teks editorial di buat pasti ada tujuannya. Berikut ini adalah beberapa tujuan di buatnya sebuah teks editorial, antara lain yaitu :

  1. Memberikan sebuah informasi mengenai berita yang sedang berkembang atau tersebar
  2. Menghimbau para pembaca untuk bersama – sama berfikir tentang suatu masalah berita yang sedang terjadi di dalam kehidupan masyarakat.

Kegunaan Teks Editorial

Selain tujuan, ada juga manfaat kegunaan dari teks editorial ini, yaitu : sebagai pemicu agar masyarakat terdorong untuk melakukan berfikir kritis terhadap suatu masalah yang terjadi, bahkan sampai mampu untuk menggerakkan tindakan para pembaca.

Kaedah – Kaedah Teks Editorial (Kebahasaan)

Dalam pembuatan teks editorial, terdapat kaidah kebahasaan yang harus kita perhatikan. Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks editorial ini adalah menggunakan Verba Material, yaitu :

  1. Istilah Adverbia adalah sebuah istilah yang ditujukan suoaya pembaca mau meyakini teks yang sedang dibahas. Kata yang umum digunakan adalah : sering, selalu, sebagaian besar, dan lainnya. Konjungsi yakni kata penghubung pada teks, contohnya, bahkan.
  2. Istilah verba material adalah sebuah verba yang mempunyai tujuan pada sebuah perbuatan fisik atau peristiwa.
  3. Istilah Verba Relasional merupakan verba yang biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu hubungan intensitas seperti : pengertian 1 adalah 2 dan kepemilikianseperti : mengandung pengertian 1 mempunyai 2.
  4. Istilah Verba Mental ialah verba yang di gunakan untuk menerangkan sebuah persepsi, misalnya seperti : melihat, merasa. Afeksi misalnya seperti : suka, khawatir.Dan kognisi misalnya seperti : berpikir, mengerti. Kemudian pada verba mental terdapat partisipan pengindra (senser) dan fenomena.
Baca Juga :   Huruf Jar (حَرْفُ الجَرِّ)

Contoh Teks Editorial

Berikut kita sajika contoh tentang teks editorial :

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Nama : Siti
Guru

Wabah Virus Corona
Mulai tahun 2019 tepatnya bulan Desember, masyarakat di seluruh dunia dengan munculnya sebuah penyakit baru yang bernama : CORONA. Banyak masyarakat yang ketakutan dengan penyakit ini. Pasalnya virus ini sangat mematikan, karena dia menyerang paru – paru.

Corona merupakan sebutan untuk virus yang disebabkan oleh jenis virus SAR – Cov2. SAR – Cov2 adalah Severe Acute Respiratory – Coronavirus 2 merupakan penyakit yang dapat menginfeksi saluran pernapasan bahkan sampai ke paru – paru.

Virus Covid -19 ini pertama kali di temukan di kota Wuhan – Tiongkok, China pada akhir tahun 2019 kemarin tepatnya bulan Desember. Hingga awal kemunculannya, virus ini sudah menular hingga mencapai 82.000 jiwa, serta yang telah meninggal kurang lebih mencapai 2.814 jiwa.

Virus ini sangat mudah menular, sehingga virus ini saat ini telah menyebar hampir keseluruh penjuru Dunia.

Saat ini Indonesia juga sudah mendapati warganya yang terpapar virus ini. Seperti daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Kepulauan Riau dan lainnya. Meskipun banyak juga pasien Covid- 19 yang dinyatakan telah sembuh dari penyakitnya, namun banyak juga yang belum bisa dinyatakan sembuh serta bertambahnya jumlah pasien Corona. BIsa dikatakan jumlah pasien sembuh sama yang belum sembuh masih berbanding jauh. Di Indonesia, tercatat ada tiga dokter yang meninggal akibat virus corona ini.

Akibat dari pewabahnya virus ini, akhirnya Indonesia pun masuk dalam daftar negara yang terpapar virus Covid- 19 ini. Akibatnya, jamaah Haji dan Umrah dari Indonesia untuk tahun ini terpaksa di berhentikan untuk sementara waktu.

Asal muasalnya virus corona ini adalah dari hewan seperti kelalawar, yang kemudian karna suatu sebab sehingga virus tersebut masuk kedalam tubuh manusia dan akhirnya menyebar keseluruh dunia. Sungguh, telah melampui batas orang – orang yang tidak mau menjaga asupan makan yang ia makan, sehingga memunculkan penyakit seperti ini.

Pemerintah Indonesia pun akhirnya membuat langkah – langkah pencegahan untuk mengantisipasi pewabahnya virus corona ini. Seperti menutup sementara kunjungan wisata dari Tiongkok, serta menghentikan lalu lintas penerbangan dari dan ke Tiongkok.

Kemudian, pemerintah juga menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk sementara waktu berdiam diri dirumah, meliburkan sementara kegiatan disekolah dan menghimbau masyarakat untuk tidak mengadakan perkumpulan terlebih dahulu.

Mengingat kita telah kehilangan 3 dokter terbaik Indonesia yang telah berjuang untuk membantu mengobati para pasien kasus Corona. Hal ini telah menyadarkan diri kita bahwa tidak satu pun bangsa di seluruh duni ini yang kebal terhadap virus Corona ini.

Berdasarkan pemaparan diatas, bahwa tidak ada satu pun negara yang terbebas dari virus corona ini. Untuk itu, langkah antisipasi dan mitigasi terhadap virus Corona ini harus segara di gerakkan. Untuk itu, kita juga harus mengapresiasi keputusan pemerintah RI yang telah mengucurkan dana sekitar 10 triliyun demi mencegah dan mengantisipasi gejala terjadinya penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, sikap kesigapan, kesiapan, kewaspadaan dan kecepatan dalam bertindak menghadapi virus corona harus juga kita gerakkan. Bahu membahu antara masyarakat dan negara pun juga harus digerakkan secara komprehensif. Sebab, jika tidak di antisipasi dan dihentikkan dengan baik, maka virus ini tidak akab hanya mengancam kesehatan masyarakat saja, namun juga akan dapat melumpuhkan ekonomi negara kita sendiri.

Demikianlah ulasan materi tentang Contoh Teks Editorial. Semoga bermanfaat ….

Baca Juga :   4 Contoh Paragraf Deskripsi

Baca juga :