Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Teks Eksplanasi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan secara lengkap.

Apa Itu Teks Eksplanasi ?

Teks interpretasi adalah teks yang memuat proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, ilmiah, sosial, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Peristiwa yang terjadi di sekitar kita tidak hanya layak untuk diamati dan dirasakan, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa kecelakaan itu bisa terjadi dan bagaimana peristiwa seperti itu bisa terjadi.

Baca Juga : Teks Deskripsi – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan Teks Eksplanasi meliputi :

  • Penjelasan tentang fenomena yang terjadi
  • Penjelasan sebab dan akibat dari acara tersebut

Ciri – Ciri Dari Teks Eksplanasi

Sangat mudah untuk membedakan antara teks penjelasan dan teks deskripsi atau teks lainnya. Karena teks penjelas memiliki karakteristik yang sangat istimewa :

  • Struktur terdiri dari pernyataan umum, serangkaian sebab, akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang diterima didasarkan pada fakta (faktual).
  • Realisme mengandung informasi ilmiah / ilmiah, misalnya sains.
  • Dia informatif dan tidak mencoba mempengaruhi pembaca sampai dia percaya apa yang sedang dibahas.
  • Gunakan tanda urutan. Seperti I, II, III, dan sebagainya. Dapat juga digunakan : pertama, berikutnya, terakhir

Struktur Dasar Dari Teks Eksplanasi

Seperti yang diilustrasikan dalam teks penjelasan di atas, teks ini mengandung tiga struktur yang diadopsi menjadi seragam sepenuhnya. Struktur:

Baca Juga :   Percobaan Sachs - Sejarah, Teori, Tujuan, dan Laporan

Pernyataan Umum : Berisi pernyataan umum tentang subjek yang akan dijelaskan oleh proses terjadinya / proses keberadaan.
Urutan sebab dan akibat : Berisi penjelasan terperinci tentang proses terjadinya yang disajikan secara berurutan atau secara bertahap dari yang tertua hingga yang terakhir.

Peraturan Bahsa Dalam Teks Eksplanasi

Teks penjelasan biasanya berisi tata bahasa berikut:

  • Fokus pada hal-hal umum (umum), bukan pada peserta manusia (peserta non-manusia). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan dan udara.
  • Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah.
  • Gunakan lebih banyak kata kerja fisik dan relasional (kata kerja aktif).
  • Menggunakan waktu dan konjugasi sebab akibat. Misalnya, gunakan: Jadi, sebelum, pertama, jika, jika, maka.
  • Gunakan kalimat negatif.
  • Penjelasannya ditulis untuk membenarkan bahwa hal yang dijelaskan secara kausal itu benar.

Contoh Sederhana Dari Teks Eksplanasi Serta Strukturnya

Struktur teks Eksplanasi

Berikut ini adalah contoh teks Eksplanasi Serta Strukturnya :

Judul : Membuat Kertas dari Woodchips

Pembukaan atau Sebuah Pernyataan Umum
Pencacahan kayu adalah proses yang digunakan untuk mendapatkan produk pulp dan kertas dari pohon hutan.

Penjelasan Mengenai Isi Nya
Proses pemotongan kayu dimulai ketika pohon ditebang di area hutan tertentu yang disebut kupe. Selanjutnya bagian atas dan cabang pohon dipotong dan kemudian log dibawa ke pabrik.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksposisi

Di pabrik, kulit kayu dihapus dan kayu dibawa ke chipper yang memotongnya menjadi potongan-potongan kecil yang disebut woodchip. Potongan kayu kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran dan kotoran lainnya.

Pada tahap ini mereka diekspor dalam bentuk ini atau diubah menjadi pulp oleh bahan kimia dan panas. Pulpa kemudian diputihkan dan kadar airnya dihilangkan.

Penutupan
Akhirnya pulp digulirkan untuk membuat kertas.

Contoh Lain dari Teks Eksplanasi

Photosynthesis

Apa itu Photosynthesis ?
Fotosintesis adalah proses menyiapkan makanan yang terjadi pada tanaman kehijauan. Ini adalah fungsi utama daun. Kata fotosintesis berarti menyatukan dengan cahaya. Tanaman menggunakan energi dari lampu hijau untuk menggabungkan karbon dioksida dan air untuk membuat gula dan senyawa kimia lainnya.

Baca Juga :   Teks Berita

Bagaimana penggunaan cahaya dalam fotosintesis?
Dengan fotosintesis pigmen hijau yang disebut klorofil bahwa cahaya diterima. Setiap sel persiapan makanan di daun tanaman mengandung klorofil dalam tubuh kecil yang disebut kloroplas. Dalam kloroplas, energi cahaya menyebabkan air dari bumi membelah menjadi hidrogen dan oksigen.

Apa langkah-langkah proses fotosintesis?
Biarkan saya memberi tahu Anda proses fotosintesis, dalam serangkaian langkah rumit, hidrogen bergabung dengan karbon dioksida dari udara, membentuk gula sederhana.

Baca Juga : Teks Laporan Hasil Observasi

Oksigen dari molekul air dilepaskan dalam proses. Dari gula bersama dengan nitrogen, Sulfur, dan fosfor dari tanah-tanaman hijau dapat membuat pati, lemak, protein, vitamin, dan senyawa kompleks lainnya penting untuk kehidupan. Fotosintesis menyediakan energi kimia yang diperlukan untuk menghasilkan senyawa-senyawa ini.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Contoh Teks Eksplanasi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com.Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima Kasih.

Contoh Teks Eksplanasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar