Contoh Teks Persuasi

Posted on

Contoh Teks Persuasi – Tentang Kesehatan, Periklanan, Persahabatan, Kebersihan, Narkoba, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, semoga kita dalam lindungan Allah swt.. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas makalah tentang Contoh Teks Persuasi dan beberapa pengertiannya. Teks persuasi biasanya membahas tentang beberapa judul atau topik terkini seperti : tentang kesehatan, pendidikan, kebersihan, dan lain – lain.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Teks Persuasi

Kata persuasi merupakan sebuah kata yang di ambil dari bahasa Inggris ayitu Persuasion yakni turunan dari kata To persuade yang mempunyai arti yaitu membujuk atau meyakinkan.

Kata persuasi ini adalah sebuah kata yang memiliki kaitan dengan suatu perkara yang bisa mempengaruhi pandangan orang lain dengan menggunakan bahasa.

Pengertian teks persuasi adalah sebuah teks yang memiliki tujuan mengajak orang lain dengan mengutarakan sebuah alasan atau pendapat dengan cara yang halus atau bujukan halus yang bersifat himbauan.

Ciri – Ciri Teks Persuasi

Teks persuasi mempunyai beberapa ciri – ciri yang perlu kita ketahui. Ciri – ciri tersebut adalah :

  1. Data mengandung fakta yang sesuai
  2. Berangkat dari pendirian yang menunjukkan bahwa pemikiran seeorang tersebut bisa berubah
  3. Teks persuasi harus mampu memunculkan suatu kepercayaan pada pendengan atau pembaca
  4. Mampu menciptakan sebuah pandangan kepercayaan antara pembuat teks dengan pembaca.
  5. Terhindar dari materi yang dapat menimbulkan konflik agar tetap mendapatkan sebuah kepercayaan dan tujuan dari pembuatan teks persuasi tersebut akhirnya dapat tercapai.

Tujuan Dari Teks Persuasi

  1. Untuk mendapatkan kepercayaan dari para pembaca tentang suatu topik yang ditulis dan dibahas oleh penulis
  2. Supaya pembaca berminat untuk mengikuti tentang bagaiamana cara berfikir penulis tentang topik atau pokok bahasan yang di sajikan dalam tulisan tersebut.
Baca Juga :   Soal Tema 5 Kelas 3

Macam – Macam Teks Persuasi

Ada beberapa macam jenis teks persuasi sesuai dengan tema pokok bahasannya. Macam – macam jenis teks persuasi tersebut adalah :

  1. Teks Persuasi Pendidikan
    Teks persuasi pendidikan ini biasan digunakan oleh orang – orang yang bergerak didalam pendidikan seperti guru, TU, dan lain – lain dengan tujuan untuk mencapai tujuan dalam urusan pendidikan
  2. Teks Persuasi Kesehatan
    Teks Persuasi kesehatan ini adalah teks persuasi yang berkaitan dengan urusan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lain – lain.
  3. Teks Persuasi Politik
    Teks persuasi politik adalah jenis teks yang membicarakan seputar tentang dunia perpolitikan
  4. Teks Persuasi Periklanan
    Teks persuasi periklanan ini adalah jenis teks yang bergerak dalam bidang usaha promosi yang biasa dipakai oleh para pengusaha yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau barang serta jasa dengan harapan agar para pembaca mau menerima dan memiliki barang, produk atau jasa yang di tawarkan
  5. Teks Persuasi Propaganda
    Teks persuasi propaganda ini biasanya di buat dengan tujuan untuk memberikan sebuah informasi yang nantinya dapat mempengaruhi para pembaca agar mau melakukan sesuatu .

Cara Membuat Teks Persuasi Yang Mudah Diminati Pembaca

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana agar teks persuasi kita dapat mudah diterima oleh para pembaca, yaitu :

  1. Pertama, penulis harus memiliki rasa empati yang tinggi, yaitu kemampuan untuk menganalisa setiap keinginan para pembaca dan mengetahui bagaimana cara sudut pandang mereka
  2. Memfokuskan bahasan pada audiens bukan pada lawan
  3. Ciptakanlah sebuah frasa yang mudah sekali di ingat oleh para pembaca ketika mereka membca teks perusasi anda
  4. Akhiri setiap teks dengan sebuah harapan yang pasti

Contoh Teks Persuasi

Setelah kita mengetahui beberapa pengertian dan keterangan lainnya. Sekarang mari kita simak beberapa contohnya untuk lebih menyempurnakan pemahaman kita tentang materi teks persuasi ini.

Baca Juga :   Kata Ganti Dalam Bahasa Arab

Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Adik bayi itu bernama Ananda Ridho Fernando Jamal (3,0 tahun), ia biasa dipanggil Rdiho. Ia terlahir dengan cesar di salah satu rumah sakit. Semenjak usianya 4 minggu ia mulai sering sakit – sakitan. Keadaan biliubinnya sangat tinggi, mencapai kurang lebih 24,0. Sehingga ia harus di rawat inap di dalam rumah sakit.

Susu formula adalah asupan susu yang di konsumsinya untuk mengisi kekurangan cairan dalam tubuhnya. Karena, ASI dari ibunya hanya bisa di berikan hingga usia 5 bulan saja. Namun, setelah berobat rawat inap selama 1 minggu dan di lanjutkan dengan rawat jalan selama 1 bulan, akhirnya biliruinnya kembali normal mencapai 0,1 saja.

Ketika ia mencapai usia sekitar 10 bulan, ia mulai sakit lagi. Hasil diaknosis dokter menunjukkan bahwa Ridho terkena infeksi pada saluran kencingnya. Namun, setelah berkali – kali menjalani tes urin. Akhirnya, selama 2 bulan lamanya hasil tes urin tersebut menunjukkan negatif, artinya bahwa kondisi Ridho sudah membaik.

Kemudian, pada saat usianya mulai beranjak 18 bulan, Ridho kembalisakit lagi dengan penyakit yang sama yaitu infeksi saluran kencing. Kali ini ketika di tes urin hasilnya positif, seingga ia harus meminum obat antibiotik sampai lima kali tes urin. Alhamdulillah, pada tes ke- 6 hasilnya negatif. Dan untuk memastikan, ketika selang 3 bulan ia di tes urin kembali dan hasilnya benar – benar negatif.

Selain masalah diatas, Ridho juga pernah di rawat di rumah sakit selama 7 hari hingga diopname karena penyakit pneumonia. Gejaalnya yaitu suhu badan panas tinggi dan daya tahan tubuhnya melemah. Hasil pemeriksaan dokter, kemungkinan Ridho tertular virus penyakit ini ketika ia berada di rumah sakit.

Baca Juga :   Percakapan Bahasa Arab Tentang Keluarga

Dokter mengatakan bahwa “Tidak baik membawa anak sering – sering kerumah sakit, sebab di rumah sakit terdapat banyak sekali virus dan kuman penyebab penyakit”, itu adalah pesan dokter. Namun, pesan itu tentu sulit untuk saya jalani karena Ridho memang dia harus sering – sering ke rumah sakit karena ia sering sakit.

Namun, meskipun tbuh Ridho sering sakit. Badannya pun masih terlihat gemuk dan pertumbuhannya pun juga normal. Tentu kami pihak orang tuanya tidak mau ia terus menerus sering meminum obat apalagi obat antibiotik. Oleh karenanya, kami selalu berusaha untuk mejaganya kesehatannya, salah satunya yaitu dengan selalu memberikannya minimuman air putih yang kami sediakan dalam kemasan.

“Sudah hampir 1,5 tahun ini ia sudah terbiasa selalu minum air putih. Sekali minum biasanya ia dapat menghabiskan satu botol air yang berukuran 600 ml. Jika malam hari ia terbangun dari tidurnya, ia selalu meminta air putih. Akhirnya, semenjak ia suka dengan air putih, ia sekarang menjadi jarang sakit lagi. Mungkin ini disebabkan karena ia suka meminum air putih, dan air putih itu bisa mencuci racun ang ada dalam tubuhnya, Akhirnya, sekarang Ridho menjadi anak yang aktif dan hobi berenang. Kami berharap agar ia dapat selalu sehat selalu”. Kata Ibu Ridho.

Demikianlah pembahasan makalah tentang tek Persuasi. Semoga bermanfaat ya…..

Baca juga :