Contoh Teks Ulasan

Posted on

Contoh Teks Ulasan- Drama, Lagu, Novel, Puisi, Berita, Drama Persahabatan, Novel Mariposa, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian dan Contoh dari teks Ulasan. Teks ulasan ini umumnya digunakan untuk mengevaluasi sebuah karya tulis guna untuk memberikan nilai pada hasil karya tersebut.

Baiklah, untuk mengetahui ulasannya lebih lanjut, mari kita simak pembahasannya dibawah berikut ini!

Pengertian Teks Ulasan

Apa itu teks Ulasan? Teks ulasan adalah sebuah teks yang berisikan tentang sebuah evaluasi atau penilaian terhadap sebuah karya seperti : karya puisi, drama, film dan lainnya yang sejenis. Teks ulasan ini juga harus memiliki sikap yang sangat kritir dan teliti, sebab teks ulasan yang di tulis yang merupakan hasil penilaian dari suatu karya tersebut dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan suatu karya itu sendiri.

Tujuan Teks Ulasan

Setiap sesuatu yang memiliki kontribusi terhadap sesuatu, pasti memiliki sebuah tujuan. Dan berikut ini adalah beberapa tujuan dari adanya tulisan teks ulasan, yaitu :

  1. Menginformasikan kepada pembaca tentang suatu kelebihan dan sesuatu kekurangan dari suatu karya
  2. Menginformasikan tentang sebuah pandangan dari sudut pandang atau penilaian individu terhadap sebuah karya
  3. Sebagai alat bantu untuk para pembaca agar mampu mempertimbangkan suatu karya yang akan dia baca atau dia lihat
  4. Menyumbangkan sebuah informasi kepada khalayak publik.

Itulah beberapa tujuan dari teks Ulasan.

Ciri – Ciri Teks Ulasan

Setelah kita mengetahui beberapa tujuan dari teks ulasan. Sekarang kita juga perlu mengetahui tentang ciri – ciri yang terkandung dari teks ulangan tersebut. Agar kita bisa mengetahui mana yang dimaksud teks ulasan dan mana yang bukan.

Baca Juga :   Pengertian DPR

Berikut ini adalah ciri – ciri dari teks ulasan yaitu :

  1. Strukturnya terdiri dari : Orientasi, Tafsiran dan Evaluasi, serta Rangkuman.
  2. Memuat tentang informasi yang berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk yang di ulas.
  3. Opininya berdasarkan pada sebuah fakta yang diinterpretasikan.
  4. Dikenal dengan istilah sebutan lain yaitu disebut resensi.

Kaidah – Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah – kaidah kebahasan yang terkandung dalam teks ulasan ini adalah sebagai berikut :

  1. Teks ulasan dalam sebuah drama atau sebuah film berisi penonjolan terhadap suatu unsur – unsur karya seni yang hendak di ulas.
  2. Menggunakan suatu kata – kata opini atau persuasif.
  3. Menggunakan sebuah konjungsi internal dan konjungsi dari eksternal.
  4. Menggunakan suatu ungkapan perbandingan (persamaan atau perbedaan).
  5. Menggunakan sebuah kata kerja material dan kata kerja relasional.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks terdiri dari beberapa kompnen – komponen yang saling membangun dalam sebuah teks sehingga dapat menjadikan suatu teks yang utuh.

Struktur teks tersebut yang menyusun adalah : orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.

Dan berikut ini adalah penjelasan dari beberapa komponen – komponen penyusun dalam struktur teks tersebut, yaitu :

  1. Orientasi
    Orientasi adalah sebuah kompnen yang berisi tentang pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya seperti : film dan drama, yang akan diulas. Gambaran umum ini bertujuan menyiapkan sebuah “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas nantinya.
  2. Tafsiran
    Tafsiran adalah sebuah komponen setelah orientasi yang memiliki fungsi sebagai gambaran yang detail tentang sebuah karya seperti : film sama drama yang sedang diulas. Contohnya seperti bagian – bagian yang berasal dari hasil sebuah karya, keunikannya, keunggulannya, kualitasnya dan lain sebagainya.
  3. Evaluasi
    Evaluasi adalah komponen yang berisi tentang suatu pandangan yang berasal dari pengulas mengenai sebuah hasil dari karya yang sedang diulas, hal ini dilakukan ketika setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya yang di ulas tersebut.
    Pada bagian ini penulis akan menyebutkan beberapa bagian yang memiliki nilai kelebihan atau bagian yang dianggap kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya seperti pada film dan sebuah drama.
  4. Rangkuman
    Rangkuman adalah komponen yang berisi tentang kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya seperti : film dan drama tersebut. Bagian ini juga memuat seperti : komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai atau berkualitas serta tidak untuk ditonton atau untuk disaksikan.
Baca Juga :   Cerpen

Contoh Teks Ulasan

Pada contoh teks ulasan ini akan kita berikan rincian – rincian strukturnya agar kalian dapat mudah untuk memahaminya. Berikut contoh – contohnya yaitu :

Contoh Teks Ulasan Cerpen Tentang Nasihat Untuk Anakku

Cerpen berjudul tentang Nasihat Untuk Anakku ini di ambil dari sebuah karya miliki Motinggo Busye.
Cerpen ini adalah satu-satunya cerpen yang ditulis oleh Motinggo Busye dan berhasil mendapatkan sebuah hadiah dari sebuah majalah sastra. Dalam sebuah karya tulis cerpen ini menceritakan tentang banyaknya suatu perubahan pada keadaan dalam dunia, tentang perjuangan hidup, serta tentang berbagai nasihat dari seorang ayah kepada anaknya.

a. Kalimat Tafsiran

Dalam teks paragraf yang pertama menceritakan tentang sebuah keadaan negara Republik Indonesia yang menjadi berubah. Kemudian pada teks paragraf yang selanjutnya ini menceritakan tentang sebuah masalah betapa sulitnya dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari – harinya. Dalam teks paragraf ini juga menceritakan mengenai beberapa akses transportasi yang sangat buruk pada masa atau waktu itu.

Pada teks paragraf yang ke-4 dan selanjutnya menceritakan bagaimana sang penulis menceritakan tentang merayakan ulang tahun sang Ayah. Pada waktu itu, sang Ayah saat itu membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya itu. Di paragraf selanjutnya menceritakan tentang rencana apa yang akan dilakukan dari hasil terbitnya buku sang Ayah itu.

Pada pertengahan dari cerpen tersebut, sang Ayah mendengar temannya telah melakukan bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan sebuah silet. Tentunya hal tersebut  sangat memalukan sekali. Dan pada bagian yang terakhir, penulis memberi tahu agar jangan takut membela seuah kebenaran meski terkadang kebenaran itu bisa dikalahkan oleh kenyataan.

Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 6

b. Evaluasi

Dalam penyajian cerita pendek ini masih disajikan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti pembaca pada umumnya. Namun, apabila para pembaca sudah memahami cerita dalam cerpen ini, maka pembaca akan tersihir dengan isi cerita pendek yang satu ini. Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang sangat luar biasa serta menjadi panutan dalam sebuah kehidupan kita. Sehingga cerpen ini sangat bagus untuk para remaja khusunya yang hobi membaca karya tulis cerita pendek.

Karena pada cerpen ini sang penulis telah menulis beberapa nasihat – nasihat yang baik bagi para pembaca. Selain itu, dalam cerpen ini juga menginformasikan bagaimana susahnya menjalani hidup dan bagaimana keadaan hidup saat itu yang sangat minim sekali.

c. Rangkuman

Teks ini merupakan sebuah karya yang betul – betul sangat dibutuhkan oleh para remaja Indonesia. Dengan mencoba mengesampingkan terlebih dahulu tentang beberapa kekurangannya. Salah satu yang membuat karya tulis ini sangat dibutuhkan oleh para pembaca seluruh Indonesia adalah penulis cerpen ini telah memberikan banyak nasehat – nasehat yang dapat membangun kepribadian seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Teks Ulasan. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :