Daur Oksigen

Posted on

DaurOksigen – Oksigen merupakan senyawa penting yang dibutuhkan oleh organisme untuk bernapas. Tanpa adanya oksigen dibumi ini, maka organisme makhluk hidup akan kesulitan untuk bernapas bahkan akan kesulitan untuk bertahan hidup.
Salah satu bentuk terbesar karunia dan rahmat dari sang pencipta adalah dengan diadakannya oksigen secara gratis dan tidak terbatas dibumi. Coba kalian bayangkan, bagaimana nasib kita jika sang pencipta yaitu Allah tuhan semesta alam memberikan tarif pada oksigen yang kita hirup ini setiap menit atau jamnya. Pastinya kita akan keberatan terutama untuk membayar tarif yang sudah ditentukan tersebut. Sebagai contoh mari kita tengok saudara kita yang sedang dirawat dirumah sakit dan pernapasannya harus dibantu dengan tabung oksigen, berapa uang yang harus mereka keluarkan untuk setiap harinya.
Satu contoh lagi, bagaiamana jika Allah membatasi jumlah oksigen dibumi ini? maka tentu kita akan berebut untuk memperolehnya.

Oleh karena itu, oksigen ini merupakan salah satu zat yang sangat berharga dan merupakan salahsatu karunia serta rahmat Allah terbesar bagi kehidupan dibumi. Maka sudah sepantasnya lah kita harus bersyukur.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana proses daur oksigen dibumi ini. Yuk disimak!

Daur Oksigen
Daur Oksigen

Pengertian Oksigen

Oksigen merupakan zat asam yang memiliki lambang huruf O dan dalam tabel periodik terletak pada nomor 8.

Oksigen ialah sebuah unsur kalogen yang mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya dan utamanya menjadi oksida. Dalam unsur oksigen terdapat dua buah unsur molekul oksigen yang terikat dan ditulis dalam rumusnya yaitu O2.

Baca : Daur Karbon

Baca Juga :   Kingdom Archaebacteria

Sumber Oksigen

Sumber dari oksigen adalah semua senyawa yang mengandung O, yaitu : H20, CO2, C6H12O6, O2 dan lain – lain. Namun hanya O2 yang dapat dihirup langsung oleh makhluk hidup guna untuk pernapasan.

Gas okisigen ini dapat dihasilkan dari hasil proses fotosintesis tumbuhan. Sebab dalam proses fotosintesis pada tumbuhan, menghasilkan O2 dan glukosa. Oleh karenanya, semakin banyak jumlah populasi tumbuhan, maka akan semakin banyak pula hasl fotosintesis yaitu O2 dan glukosa. Oleh karena itu, sumber utama oksigen adala berasal dari tumbuhan.

Menurut hasil presentase, jumlah oksigen di bumi adalah sekitar 28 %, merupakan jumlah terbanyak kedua setelah nitrogen.

Baca : Daur Nitrogen

Fungsi Oksigen

Oksigen memiliki fungsi membakar makanan (sari makanan) di dalam tubuh. Selanjutnya hasil dari pembakaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk aktivitas bergerak pada tubuh.

Daur Oksigen

Daur oksigen adalah suatu proses pertukaran dan perubahan yang terus menerus antara karbon monoksida (CO) atau karbon dioksida (CO2) dengan oksigen (O2) melalui proses fotosintesis.

Manusia, hewan dan tumbuhan merupakan salah satu komponen penyusun ekosistem yang berpengaruh dalam proses terjadinya daur oksigen pada alam semesta.

Namun, mengenai proses daur oksigen tersebut dapat diterangkan seperti pada gambar dibawah berikut !

Proses Daur Oksigen
Proses Daur Oksigen

Pertama : ketika terjadinya proses fotosintesis dan alga yang menyerap karbon dioksida (CO2), menghasilkan oksigen (O2 yang dilepaskan ke atmosfer.

Kedua : Selanjutnya oksigen akan dihirup oleh makhluk hidup melalui respirasi atau pernafasan.

Ketiga : Pada makhluk hidup, oksigen kemudian dijadikan sebagai bahan bakar sari makanan melalui suatu proses metabolisme dalam tubuhnya masing – masing.

Ke empat : Setelah melalui proses metabolisme kemudian akan menghasilkan karbon dioksida (CO2) ang kemudian dilepaskan atmosfer.

Baca Juga :   Struktur Tulang

Kelima : Pada aktivitas industri, juga dapat bekerja saat oksigen tersedia serta membuang karbon dioksida ke atmosfer sebagai limbah dari industri.

Keenam : Respirasi makhluk hidup dan pembakaran industri kemudian menghasilkan CO2 dan H2O. Ke dua senyawa ini merupakan senyawa yang digunakan untuk tumbuhan sebagai sarana untuk melakukan proses fotosintesis

Ke tujuh : Demikianlah seterusnya, sehingga proses daur oksigen dapat terus berlanjut.

Baca : Ekosistem

Penyebab Terjadinya Daur Oksigen

Salah satu penyebab adanya proses daur oksigen adalah adanya produktifitas dari karbon monoksida dan karbon dioksida yang berasal kurang lebih ada 3 yaitu:

  1. Respirasi (pernafasan) yakni yang menghasilkan senyawa atau gas karbondioksida (CO₂
  2. Kemudian penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan maupun mesin bermotor yang dapat menghasilkan karbonmonoksida (CO) 
  3. Terakhir pembakaran hutan, yang juga dapat menghasilkan berbagai asap.
penyebab daur oksigen

Demikianlah pembahasan makalah mengenai daur oksigen. Semoga bermanfaat !

Daur Oksigen Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar