Definisi Autobiografi

Posted on

Pengertian Autobiografi – Membicarakan tentang Autobiografi tentunya agak asing ditelinga kita. Autobiografi dan Biografi sangat berbeda. Biografi merupakan cerita hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, berbeda dengan Autobiografi. Sedangkan Autobiografi itu apasih?

Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan secara rinci mengenai Autobiografi yang meliputi beberapa Submateri dibawah ini.

Definisi Autobiografi

Definisi Autobiografi

Autobiografi yaitu merupakan sebuah tulisan yang menggambaran tentang suatu kejadian atau pristiwa yang dialami oleh seseorang dalam kehidupannya. Autobiografi juga adalah penjelasan yang mempengaruhi perkembangan dan pembentukan dirinya, yang ditulis oleh dirinya sendiri. Kesimpulannya Autobiografi merupakan salah satu jenis Biografi yang ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan.

Ciri-Ciri Autobiografi

Dibawah ini beberapa Ciri-ciri Autobiografi yang berfungsi untuk memudahkan kita membedakan antara Autobiografi dan Biografi yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Autobiografi yaitu, merupakan sebuah proses perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh dirinya sendiri atau dapat dibantu dengan penulis lain, yang terbentuk berdasarkan suatu pengalaman atau memori dirinya sendiri.
  • Autobiografi secara umum berisi sebuah informasi tentang likaliku kehidupan orang itu sendiri, dari beliau yang merasa kesulitan hingga beliau sudah mencapai keberhasilannya.
  • Autobiografi juga sangat sering ditulis hanya menunjukkan sebuah informasi yang berisi hal positif saja. Bahkan tidak jarang juga, Autobiografi ditulis bertujuan untuk sebuah pencitraan seorang Tokoh Politik.
  • Autobiografi biasanya diltulis bertujuan supaya masyarakat dapat lebih mengenal dan mengetahui informasi tentang Tokoh Terkenal mengenai apa saja yang sudah dilalui selama hidupnya. Sehingga masyarakat yang membacanya bisa mengambil hikmah dan menjadikan pelajaran berharga dari proses perjalanan hidupnya.
Baca Juga :   Struktur Novel - Pengertian, Ciri, Struktur Dan Unsur - Unsurnya Lengkap

Jenis-jenis Autobiografi

Dibawah ini merupakan beberapa jenis dari Autobiografi yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

1. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi jenis ini merupakan salah satu korban dan Penentang Rezim Totaliter yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan kritik yang sangat mencolok dari sebuah rezim melalui bentuk tulisan yang berupa Autobiografi dari sebuah penindasan mereka.

2. Autobiografi seseorang yang tidak terkenal

Autobiografi jenis ini merupakan salah satu Autobiografi dari beberapa orang dengan klaim asli yang tidak terkenal dan sudah mulai menulis Autobiografi mereka sendiri untuk dibagikan kepada masyarakat.

3. Autobiografi Fiksi

Autobiografi ini merupakan Autobiografi yang bertujuan untuk mendefinisikan sebuah Novel yang berisi tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis dan dibuat seolah-olah tokoh tersebut menulis tentang biografi mereka sendiri.

4. Autobiografi Palsu

Autobiografi ini merupakan salah satu metode yang mendukung adanya Autobiografi Palsu, yang berisi sebuah penggambaran bahwa seorang pengarang dianggap memiliki khidupan yang menderita dengan sebuah bentuk keluarga yang memiliki banyak masalah yang berupa perilaku buruk serta sebuah kekerasan.

Definisi Autobiografi

Struktur Autobiografi

Dibawah ini terdapat beberapa struktur dari sebuah Autobiografi yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Latar belakang Keluarga

Struktur ini berisi tentang penjelasan yang meliputi bagian dari keluarganya yaitu Ayah Ibu, Tanggal Lahir, dan Tempat Tinggal serta seseorang urutan anak yang ke berapa dan meriwayatkan keluarganya nya.

  • Latar belakang Pendidikan

Bentuk dari struktur ini berisi mengenai riwayat sebuah Pendidikan yang telah dilalui dan digapai sampai sekarang dan disertai dengan tahun dan nama sebuah sekolahannya dan biasanya ditulis dalam bentuk paragraf yang baru.

  • Latar belakang Prestasi

Dalam Struktur ini berisi mengenai seluruh perestasi yang telah digapai dan sudah dilalui sejak penulis masih kecil hingga sekarang.

  • Latar belakang Pekerjaan

Struktur ini berisi apabila seorang penulis sudah atau sedang mencari pekerjaan lalu menuliskannya didalam Autobiografinya, namun bila penulis masih menjadi seorang pelajar maka struktur ini tidak harus ditulis atau bisa dihapuskan.

  • Latar belakang Hasil Karya

Bentuk dari Struktur ini merupakan bagian utama bagi mereka yang sedang bekerja, sedangkan bagi mereka yang masih menjadi seorang pelajar maka struktur ini tidak harus ditulis.

Baca Juga :   Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Tujuan Autobiografi

Autobiografi memiliki tujuan tetentu dari sebuah penulisannya yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Autobiografi memiliki tujuan untuk memperkenalkan diri sendiri dengan cara yang lebih detail kepada orang lain.
  • Autobiografi ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran perjalanan hidup, pelajaran yang berharga serta berisi tentang kisah yang memiliki Inspiratif bagaimana seseorang bisa meraih kesuksesan dalam suatu bidang yang sedang dikerjakannya sekarang, baik itu dalam bentuk subuah karir, bisnis, politik ataupun bidang yang lainnya.
  • Autobiografi juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk pencitraan seseorang atau tokoh politik.

Contoh Autobiografi

     Nama ku adalah Ulia Sarofa Karunia Sari. Aku biasa dipanggil dengan nama Ulia oleh teman-teman dan keluarga ku. Aku dilahirkan dan di besarkan oleh Ayah dan Ibu ku di daerah perkotaan yaitu Kota Bandar Lampung pada tanggal 11 Maret tahun 2000. Ayah ku bekerja sebagai buruh bangunan yang bernama Yamiyanto, sedangkan Ibu ku hanyalah seorang Ibu rumah tangga yang bernama Sunarti. Aku adalah anak kedua dari lima bersuadara, Aku mempunyai Seorang Kakak yang bernama Muhammad Toat Firlianto yang sekarang sudah berusia 24 tahun. Aku memiliki 3 adik, yang pertama Perempuan dan yang keduanya adalah Laki-laki.

Aku mulai bersekolah di TK Harapan Jaya pada tahun 2006 itu adalah sekolah pertama Ku. Saat baru masuk sekolah Aku sudah berusia 6 tahun, dan lulus dri TK tersebut pada tahun 2007 ketika umur ku sudah tujuh tahun. Hal yang selalu Aku ingat saat belajar di TK yaitu, keseruan saat bermain bersama teman- teman. Pada tahun 2007 Aku melanjutkan sekolah ke bangku Sekolah Dasar Negeri 1 Sepang Jaya Bandar Lampung. Aku lulus dari bangku Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2013.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Tunggal - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Setelah Aku lulus dari bangku Sekolah Dasar, Aku melanjutkan sekolah ke bangku SMP Negeri 19 Bandar Lampung, diwaktu SMP aku tidak pernah membayar biaya sekolah karena aku ikut program Bina Lingkungan yang di adakan oleh Walikota Bandar Lmapung. Masuk ke sekolah SMP, aku menemukan banyak teman dan lingkungan yang baru. Beberapa tahun berlalu dan saat ini Aku sudah duduk di kelas IX (sembilan) yang artinya sebentar lagi Aku akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Mulai dari sini aku harus rajin belajar, karena aku tidak ingin mengecewakan Ayah dan Ibu ku.

Pada tahun 20015 Aku lulus dari Sekolah Menengah Pertama, dan Aku melanjutkan sekolah ke bangku SMK. Aku bersekolah di SMK Negeri 1 Bandar Lampung yang beralamat di Jl. Pulau Morotai No.33, Jagabaya III, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung. Aku bukan lah murid yang pandai. Ketika di bangku SMK Aku mmeilih jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan Aku mempunyai banyak teman di SMK.  Aku lulus dari SMK pada Tahun 2018 dan sekarang aku bekerja sebagai penulis Blogger.

Demikianlah ulasan mengenai Autobiografi yang meliputi Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan beserta Contoh secara lengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kalian semua, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata ataupun tulisan. Terimakasih

Baca Juga Artikel Berikut :

Contoh Struktur Kalimat Efektif – Pengertian, Syarat Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Paragraf

Pengertian Peribahasa