Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Posted on

Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli- Raymond Ross, Gerald, KBBI, Carl, Colin, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, komunikasi merupakan suatu hal yang setiap makhluk hidup pasti melakukannya. Setiap makhluk hidup satu bertemu dengan makhlu hidup lainnya pasti akan melakukan sebuah interaksi dengan berkomunikasi untuk mendapatkan sebuah informasi, dan respon lain sebagainya.

Kata komunikasi menurut bahasa berasal dari bahasa Inggris yaitu : “Communication” serta juga berasal dari bahasa latin yaitu : “communicatio” yang asal katanya adalah “communis” yang memiliki maksud yaitu : “membangun suatu kebersamaan dan suatu keharmonisan di antara 2 (dua) orang atau pun lebih”

Pada kesempatan kali ini kita akan sajikan beberapa pengertian tentang Komunikasi ini menurut beberapa para ahli. Untuk itu,mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini kita sajika beberapa pengertian menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

Menurut Raymond Ross

Pengertian komunikasi Raymond Ross menjelasakan bahwa komunikasi ialah sebuah proses pemilahan, memilih, dan sjuga simbol pengiriman yang sedemikian rupa yang membantu si penerima dalam menghasilkan sebuah respon pesan atau sebuah makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkannya oleh komunikatorr.

Menurut Gerald R. Miller

Menurut Miller komunikasi bisa terjadi ketika sebuah sumber suatu pesan kepada si penerima dengan maksud sadar akan mempengaruhi sebuah perilaku pada mereka.

Baca Juga :   Manfaat BUMS

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI menjelaskan bahwa komunikasi ialah sebuah pengiriman dan penerimaan suatu pesan atau suatu berita dari dua orang individu atau bisa lebih supaya pesan yang diberitakan itu dapat dipahami oleh para lawan bicaranya.

Menurut Carl I. Hovland

Menurut Carl menjelasakn bahwa komunikasi ialah sebuah kejadian proses yang mana memungkinkan seseorang untuk bisa memberikan sebuah stimulasi dengan menggunakan suatu lambang-lambang verbal untuk merubah suatu perilaku pada orang lain.

Menurut New Comb

New menjelaskasn bahwa komunikasi ialah sebuah transmisi informasi yang terdiri atas sebuah rangsangan diskriminatif yang berasal dari suatu sumber kepada si penerima.

Menurut Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Mereka menjelaskan bahwa yang di maksud dengan komunikasi ialah sebuah proses transmisi informasi, emosi, gagasan,keterampilan dan lain sebagainya dengan memakai suatu simbol-simbol, gambar, kata-kata, grafik, dan angka, serta yang lainnya.

Menurut Colin Cherry

Menurutnya sebuah komunikasi ialah sebauh proses dimana para pihak-pihak saling memakai informasi untuk suatu tujuan bersama dan hubungan – hubungan komunikasi yang mana bisa ditimbulkan oleh para generasi penerus rangsangan dan juga respon.

Menurut Forsdale

Menurutnya, pengertian komunikasi ialah sebuah proses dari suatu sistem yang telah didirikan, dipelihara dan juga diubah melalui suatu sinyal-sinyal yang mana beroperasi bersama sesuai dengan aturan.

Menurut J. Seller

Menurut William J.Seller yang mengatakan bahwa penertian komunikasi ialah sebuah proses yang mana simbol verbal dan nonverbal yang dikirimkan, lalu diterima dan terakhir diberi makna.

Menurut Everett M. Rogers

Pengertian komunikasi ialah sebuahproses yang mana suatu ide yang dialihkan dari sumber satu ke si penerima atau lebih, dengan sebuah maksud untuk mengubah sebuah tingkah laku pada mereka.

Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Mereka berdua memberikan penjelasan tentang komunikasi yaitu sebuah proses di mana ada dua orang atau bisa lebih yang membentuk atau pertukaran sebuah informasi dengan satu sama lainnya, yang mana pada gilirannya akan tibalah pada saling pengertian yang luas.

Baca Juga :   Ragam Bahasa

Menurut Shannon & Weaver

Mereka memberikan penjelasan bahwa komunikasi ialah sebuah bentuk interaksi manusia yang mana saling mempengaruhi antara satu sama lain, dengan sengaja atau pun tidak sengaja. Tak terbatas pada suatu bentuk komunikasi yang menggunakan sebuah bahasa yang verbal, namun juga dalam hal ekspresi suatu wajah, seni, lukisan, dan teknologi.

Menurut Harorl D. Lasswell

Menurut Harorl bahwa yang di maksud komunikasi pada dasarnya ialah suatu proses yang mana menjelaskan tentang siapa, mengatakan tentang apa, dengan suatu aluran apa, dan kepada siapa? serta dengan akibat apa atau pun hasil apa?

Menurut John R. Wenburg dan William W. Wilmot

Mereka memberikan penjelasan bahwa komunikasi ialah sebuah upaya untuk memperoleh sebuah makna.

Menurut Judy C. Pearson & Paul E Melson

Yang memberika keterangan bahwa komunikasi ialah sebuah proses memahami dan juga berbagi sebuah makna.

Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss

Mereka menjelaskan bahwa yang di maksud dengan komunikasi ialah suatu proses makna antara dua orang atau pun bisa lebih.

Menurut William I. Gordon

Menurutnya bawah komunikasi yang singkat bisa didefinisikan sebagai sebuah transaksi dinamis yang mana melibatkan suatu pikiran dan juga perasaan.

Menurut M. Djenamar. SH

Menurutnya bawah yang di maksud dengan komunikasi ialah sebuah seni untuk menyampaikan sebuah informasi, gagasan ide, dari satu orang ke orang yang lain.

Menurut William Albig

William mengemukankan bahwa komunikasi ialah suatu proses mentransfer suatu simbol yang berarti antar individu.

Menurut Prof Dr Alo Liliweri

Menurut beliau bahwa komunikasi ialah sebuah transfer pesan dari asal satu sumber ke si penerima supaya bisa dipahami.

Menurut Anwar Arifin

Menurutnya pengertian komunikasi ialah suatu konsep yang mana banyak arti. Arti komunikasi bisa kita bedakan di komunikasi yang berbasis sebagai sebuah proses komunikasi sosial didalam pengertian ini yang berada dalam konteks ilmu-ilmu sosial.

Yang mana para ilmuwan sosial sudah melakukan sebauh penelitian dengan cara melakukan sebauh  pendekatan komunikasi yang pada umumnya lebih berfokus kepada sebauh aktivitas manusia dan sebuah hubungan pesan dengan si pelaku.

Baca Juga :   Teks Anekdot - Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Menurut Murphy & Mendelson

Menurut mereka pengertian komunikasi ialah untuk membangun dan juga menjaga serta untuk mempertahankan sebuah hubungan daam interpersonal.

Menurut Aristoteles

Pengertian komunikasi ialah sebuah sarana bagi warga negara agar bisa berpartisipasi didalam suatu masyarakat yang demokratis.

Menurut Redi Panuju

Pengertian komunikasi ialah sebuah sistem yang menghubungkan sebuah aliran dan sebuah kinerja antara bagian di dalam suatu organisasi sehingga bisa menghasilkan sebauh sinergi.

Menurut Hoben

Pengertian komunikasi ialah sebuah pertukaran pikiran dan juga gagasan secara lisan.

Menurut Anderson

Pengerian komunikasi ialah sebah proses yang dinamis dan juga terus berubah sesuai dengan sebuah situasi yang berlaku. Sebuah komunikasi itu timbul dengan didorong oleh suatu kebutuhan untuk mengurangi sebuahketidakpastian, mempertahankan atau memperkuat ego dan juga bertindak secara efektif,

Menurut Leksikograf

Pengertian komunikasi ialah suatu upaya yang bertujuan untuk berbagi agar dapat mencapai suatu kesatuan. Apabila dua orang sedang berkomunikasi tentang pemahaman yang sama dari sebuah pesan yang dipertukarkan tersebut ialah tujuan yang di butuhkan oleh keduanya.

Menurut Barnlund

Pengertian komunikasi timbul dengan didorong oleh suatu kebutuhan-kebutuhan untuk dapat mengurangi suatu rasa ketidakpastian, memperkuat ego, bertindak secara efektif, dan mempertahankan

Menurut Lexicographer

Pengertian komunikasi ialah suatu upaya yang bertujuan untuk berbagi karena ingin mencapai suatu kebersamaan. Apabila dua orang sedang berkomunikasi maka suatu pemahaman yang sama terhadap sebuah pesan yang saling dipertukarkan ialah tujuan yang akan diinginkan oleh keduanya itu.

Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary

Dia mengemukakan tentang komunikasi ialah sebuah proses pertukaran informasi antara individu yang melalui suatu sistem lambang – lambang, tingkah laku dan tanda-tanda

Demikianlah Pembahasan makalah mengenai pengertian komunkasi menurut para ahli. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :