Flora Dan Fauna

Posted on

Flora Dan Fauna- Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi – Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesematan yang berbahagia kali ini, kita akan membahas makalah tentang Flora Dan Fauna dan beberapa penejelasan lengkap lainnya.

Untuk itu mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Flora Di Indonesia

Flora merupakan kelompok berbagai macam jenis tumbuhan dalam hal ini adalah tumbuhan yang ada di Indonesia. Flora yang ada di Indonesia di bagi menjadi tiga macam yaitu :

  1. Flora peralihan atau asli, yaitu flora yang berasal dari Indonesia kebanyakan di temukan di Indonesia bagian tengah
  2. Flora asiatis, yaitu flora yang bisa ditemukan banyak di Indonesia bagian barat
  3. Flora australis, adalah fora yang banyak di temukan di Indonesia bagian timur.

Setiap pertumbuhan flora di setiap daerah bergantung kepada keadaan seperti : jenis tanah, biotik, iklim, dan relief atau rendah tingginya suatu permukaan, sehingga jenis flora di setiap negara akan berbeda – beda macamnya.

Daerah yang curah hujannya tinggi maka akan tumbuh banyak jenis tanaamn dan keadaan hutan yang lebat akan tumbuh – tumbuhan. Sedangakan daerah yang curah hujannya rendah, maka hanya tidak akan memiliki hutan yang lebat serta akan banyak daerah yang di tumbuhi oleh semak – semak belukar yang cukup luas.

Selain itu juga, kondisi suhu di suatu daerah juga berpengaruh akan tumbuhan yang ada, seperti contohnya :

  1. Pada daerah bersuhu panas kisaran (0 – 650 meter), maka tumbuhan yang cocok pada daerah ini ialah seperti : padi, kelapa, tebu, jagung, dan karet.
  2. Pada daerah bersuhu sedang kisaran ( 650 – 1500 meter), maka tumbuhan yang cocok pada daerah ini ialah tembakau, kopi, sayuran dan teh serta sayuran.
  3. Pada daerah bersuhu sejuk kisaran ( 1500 – 2500 meter), maka tumbuhan yang cocok pada daerah ini ialah kina, teh, pinus,dan sayuran
  4. Pada daerah bersuhu dingin kisaran (di atas 2500 meter) maka tidak ada satu pun tanaman budidaya pada daerah ini

Dibawah ini ada beberapa macam jenis flora yang ada di Indonesia yang dipengaruhi oleh keadaan iklim yaitu antara lain sebagai berikut :

  1. Hutan Musim, yaitu sebuah hutan yang terdapat di daerah Indonesia yang mempunyai suhu udara yang tinggi dan mempunyai suatu perbedaan kondisi pada tumbuhan di musim hujan dan juga musim kemarau.
  2. Hutan Hujan Tropis, yaitu sebuah hutan yang terdapat pada daerah yang memeliki curah hujannya yang tinggi. Hutan ini banyak terdapat di Indonesia pada daerah : Pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan pulau Papua.
  3. Sabana, merupakan padang rumput yang di kelilingin oleh pepohonan bergerombol. Sabana ini banyak terdapat pada daerah yang curah hujannya anyasedikit. Daerah biasa yang ada hutan sabana adalah seperti di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.
  4. Steppa, yaitu sebuah padang rumput yang berukuran sangat luas. Stepa ini terdapat pada daerah yang mana curah hujannya hanya sangat sedikit atau rendah sekali. Stepa bisa kita jumpai di Indoesia tepatnya di daerah Nusa Tenggara Timur, serta daerah ini cukup baik untuk budidaya peternakan.
  5. Hutan Bakau atau biasa dinamakan hutan Mangrove, ialah sebuah hutan yang tumbuh banyak di daerah pantai yang banyak lumpur. Kita bisa jumpai jenis hutan bakau ini di daerah pantai Papua, Kalimantan Barat, Sumatera bagian timur dan Kalimantan Selatan.
Baca Juga :   Ciri Ciri Rawa

Fauna Indonesia

Daerah wilayah Indonesia sangat banyak akan fauna yang sangat beragam jenis. Hal ini di sebabkan karena berbagai hal seperti :

  1. Daerah yang terletak pada daerah tropis, sehingga memiliki curah hujan hutan tropis yang mana sangat kaya akan tumbuhan dan juga hewan hutan tropis.
  2. Daerah yang terletak di antara dua belah benua yakni benua Australia dan benua Asia
  3. Ialah sebuah negara kepulauan, hal ini dikarenakan di setiap pulau memungkinkan tumbuh dan juga menyebarnya populasi hewan dan tumbuhan yang khas tertentu sesuai dengan keadaan kondisi alamnya.
  4. Wilayah Indonesia yang terletak di dua kawasan persebaran fauna dunia, yakni : Oriental dan Australis.

Disebabkan oleh berbagai kondisi tersebut maka sebuah wilayah Indonesia kaya akan jenis keanekaragaman faunanya. Dibawah ini adalah beberapa jenis fauna yang mana meliputi :

  1. Binatang mamalia (yang hidup lebih dari 500 macam jenis)
  2. Binatang kupu-kupu (yang hidup lebih dari 100 macam jenis)
  3. Binatang reptil (yang hidup lebih dari 600 macam jenis)
  4. Binatang burung (yang hidup lebih dari 1.500 macam jenis)
  5. Binatang amfibi (yang hidup lebih dari 250 macam jenis)

Untuk persebaran fauna di Indonesia ini juga sama dengan pesebaran flora di indonesia yaitu di bagi menjadi 3 kelompok berdasarkan letak wilayah geografisnya yaitu :

  1. Fauna di Indonesia bagian Barat
  2. Fauna di Indonesia bagian Tengah
  3. Fauna di Indonesia bagian Timur.

Pengertian Flora Dan Fauna

Pengertian flora dan fau ialah sebuah istilah untuk flora yaitu nama kelompok tanaman dan fauna yaitu nama kelompok hewan. Secara umum, pengertian flora adalah segala macam jenis dari tumbuhan serta tanaman yang terdapat pada muka bumi. Sedangkan fauna adalah segala macam jenis hewan yang hidup berada di muka bumi ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Persebaran flora dan fauna di muka bumi ini di pengaruhi beberapa faktor. Faktor – faktor pengaruh tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

Faktor Abiotik

Pada faktor abiotik ini terdiri dari yaitu : faktor klimatik (iklim), faktor edafik (tanah), dan juga faktor fisiografi (yaitu ketinggian tempat dan bentuk suatu lahan). Pada faktor klimatik atau iklim,yang bisa mempengaruhi suatu kehidupan antara lain adalah suhu, angin, kelembapan dan kondisi curah hujan. Pada kondisi iklim adalah salah satu faktor yang dominan atau kuat yang bisa mempengaruhi pola persebaran flora dan juga fauna.

Baca Juga :   Struktur Tubuh Annelida

Misalnya pada wilayah-wilayah dengan pola iklim yang cukup ekstrim, seperti pada daerah kutub yang mana senantiasa tertutup oleh salju dan juga lapisanes abadi atau juga seperti pada gurun yang gersang, sudah barang tentu sangat menyulitkan bagi keberlangsungan kehidupan suatu organisme. Oleh sebab itu, tingkat persebaran flora dan fauna pada kedua wilayah ini bisa di katakan sangatlah minim baik itu dari jumlah maupun jenisnya ragamnya. Dan sebaliknya, pada daerah tropis ialah suatu daerah atau wilayah yang optimal bagi keberalngsungan kehidupan flora dan juga fauna. Pada faktor-faktor iklim yang bisa berpengaruh terhadap persebaran makhluk hidup pada permukaan bumi ini, di antanya adalah sebagai berikut :

Kondisi Suhu

Suhu dapat di pengaruhi oleh perbedaan dari intensitas cahaya matahari. Suhu memiliki pengaruh yang penting terhadap proses kehidupan pada hewan dan juga tumbuhan.

Pada daerah wilayah yang memiliki kondisi suhu yang sangat dingin atau sangat panas, maka akan sangat berpengaruh terhadap habitat organisme tertentu.

Dari faktor suhu, maka kita bisa mengenal dua model kelompok vegetasi, yakni adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok Vegetasi Annual
    Adalah suatu kelompok tumbuhan yang mana hanya berkembang pada kondisi saat-saat tertentu saja yaitu terutama pada kondisi musim panas. Dan pada musim dingin, tumbuhan tesebut hanya tidur sebab berada dibawah lapisan es yang mana ketebalannya cukup bervariasi.
  2. Kelompok Vegetasi Perennial
    Ialah sebuah kelompok tumbuhan yang memiliki mekanisme untuk melindungi diri dari suatu suhu yang sangat rendah pada musim dingin yang secara bergantian, sehingga bisa berkembang terus-menerus.

Kondisi Kelembapan Udara

Kondisi kelembapan udara ini dapat di bagi menjadi empat kelompok yaitu sebagai berikut :

  1. Xerofit, yaitu suatu kondisi lingkungan yang kering atau sedikit air.
  2. Hidrofit, yaitu sebuah kondisi ingkungan yang memiliki keadaan tanah yang banyak air.
  3. Mesofit, yaitu daerah yang memiliki kondisi lembabp namun tidak sampai menggenangnya air.
  4. Tropofit yaituadalah sebuah kelompok kondisi dimana keadannya bisa berubah – ubah dai yang menguntungkan dan tidak menguntungkan.

Kondisi Angin

Angin merupakan faktor yang dapat membawa uap air dari tempat ke tempat yang lainnya.

Kondisi Curah Hujan

Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi setiap mahkluk hidup, tanpa adanya air maka tidak mungkin bisa terbentuknya suatu kehidupan di bumi ini.

Faktor Biotik

Pada faktor biotik ini yang sangat berpengaruh pada persebaran flora dan fauna ialah manusia. Sebab manusia bisa membudidayakan beberapa macam jenis yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Bagian Tuba Falopi

Dari Segi Penyebab Persebaran

  1. Pada Tekanan Populasi, jika semakin banyak atau bertambahnya sebuah populasi maka akan menyebabkan kebutuhan akan sebuah persediaan bahan makanan akan menjadi semakin sulit untuk dipenuhi sehingga akan menyebabkan terjadinya migrasi.
  2. Persaingan, yaitu ketidakmampuan fauna didalam bersaing dalam proses memperebutkan suatu wilayah kekuasaan dan bahan makanan yang mereka dibutuhkan juga mendorong mereka untuk terjadinya migrasi ke tempat atau daerah lain
  3. Perubahan Habitat, yaitu berubahnya kondisi lingkungan tempat tinggal juga bisa menyebabkan ketidakmampuan di dalam beradaptasi terhadap suatu perubahan tersebut dan bisa menjadi merasa tidak cocok untuk akan terus menempati daerah pada asalnya.

Dari Segi Sarana Persebaran

  1. Udara, yaitu berkat dengan media udara ini, maka fauna bisa bermigrasi dari kekuatan terbang lalu sedangkan flora bisa menggunakan sebuah angin untuk bermigrasi dari pada berat atauringannya suatu benih.
  2. Air, yaitu sebuah kemampuan fauna di dalam berenang terutama bagi hewan – hewan yang hidup di air menyebabkan perpindahan akan mudah terjadi. Benih tumbuhan bisa terangkut dan berpindah tempat dengan memakai sebuah media aliran air sungai ataupun arus laut.
  3. Lahan, yaitu pada hampir semua fauna daratan memakai sebuah lahan sebagai media untuk berpindah tempat.
  4. Pengangkutan Manusia, yakni baik itu secara sengaja ataupun secara tidak sengaja manusia bisa menyebabkan perpindahan flora dan juga fauna.

Dari Segi Hambatan (Barier) Persebaran

  1. Hambatan Iklim, adalah sebuah keadaan iklim terutama yang mana bisa bersifat ekstrim bisa menghambat persebaran contohnya : pada kondisi temperatur, kelembaban udara dan juga pada kondisi curah hujan.
  2. Hambatan Edafik (tanah), yaitu kondisi tanah sangat berpengaruh juga bagi tanaman atau tumbuhan, sebab tumbuhan tersebut sangat memerlukan suatu unsur-unsur penting didalam tanah yakni pada unsur hara, unsur udara, dan pada kandungan air yang cukup. Lapisan tanah ini yang tipis dan juga keras membuat para binatang yang terbiasa menggali sebuah tanah dan bertempat tinggal didalam tanah dapat memilih dan mencari daerah yang lapisan tanahnya tersebut tebal dan juga gembur.
  3. Hambatan Geografis, adalah bentang alam pada muka bumi bisa menghambat proses persebaran flora dan juga fauna seperti daerah samudera, padang pasir, pegunungan dan sungai.
  4. Hambatan Biologis, yaitu suatu kondisi alam lingkungan yang cocok untuk hidup dan persediaan pada bahan makanan yang melimpah dapat menjadi faktor penghambat bagi flora dan fauna didalam bermigrasi.
    Hal inilah yang berkaitan dengan kecocokan terhadap kondisi alam.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Flora dan Fauna. Semoga bermanfaat ….

Baca juga :