Fungsi Bahasa Indonesia

Posted on

Fungsi Bahasa Indonesia- Pengertian, Kedudukan, Manfaat, Fungsi, Sejarah, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, bagaimana kabarnya? semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan ulasan materi tentang Beberapa Fungsi dari Bahasa Indonesia, bahasa tanah air tercinta ini.

Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Bahasa Indonesia

Bahasa indonesia adalah sebuah bahasa yang digunakan sebagai alat berkomunikasi utama sekaligus bahasa resmi republik indonesia dan juga sebagai bahasa persatuan bangsa kita yaitu indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu ini telah diresmikan setelah dilakukanya sebuh konggres pemuda I yang di laksanakan selama waktu dua hari, yaitu pada tanggal : 27 – 28 Oktober 1928 tepatnya di daerah Batavia atau Jakarta (nama sekrang), yang mana menghasilkan yang berbunyi :

Sejarah Munculny Bahasa Indonesia

Asal muasal cikal bakal munculnya bahasa tanah air yaitu bahasa Indonesia adalah berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu ini yang terbentuk dari beberapa bahasa yaitu : dari bahasa Sansekerta, Arab, Persia serta bahasa – bahasa Eropa.

Pada zaman Kolonial, bahasa Melayu terkenal bahasa yang sangat bagus dan merupakan bahasa yang di hormati di negeri Timur. Bahasa Melayu ini juga merupakan bahasa sudah digunakan sejak zaman abad ke- 7 masehi, yakni sejak zaman kerajaan Sriwijaya.

Bahasa Melayu ini telah digunakan oleh agama budha sebagai bahasa perdagangan dan bahasa perluasan penyebarannya agama budha tersebut di Nusantara.

Lahirnya bahasa Indonesia pertama kali pada saat terjadinya sebuah pergerakan Nasional. Saat itu, para tokoh pergerakan tersebut sedang sibuk memikirkan untuk mencari sebuah bahasa yang dapat degan mudah untuk di pahami dan bisa di gunakan oleh seluruh lapisan suku bangsa yang ada di negeri ini.

Di lihat dari segi eksistensinya, bahasa Melayu ternyata mempu memberikan sebuah pengaruh dan dorongan untuk menumbuhkan sebuah rasa persatuan dan persaudaraan bagi bangsa Indonesia di wilayah Nusantara.

Setelah melewati diskusi serta melakukan pemikiran yang mendalam oleh beberapa tokoh pergerakan Nasional serta oleh para dewan rakyat, akhirnya pada tahun 1918 diputuskanlah bahasa Melayu sebagai bahasa Indonesia dengan beberapa pertimbangan yaitu bahasa Melayu adalah bahasa yang di sudah pakai hampir seluruh rakyat Indonesia pada waktu itu.

Baca Juga :   Contoh Teks Ulasan

Akhirnya, setiap perkumpulan aalt komunikasi yang digunakan adalah bahasa Melayu. Kemudian, pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda berkumpul dalam sebuah kerapatan. Rapat yang di ikuti oleh hampir seluruh pemuda yang berasal dari berbagai pelososk Nusantara. Perkumpulan itu mengadakan rapat dan ikrar yang kemudian kita kenal sebagai peristiwa Sumpah Pemuda.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu tepatnya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di bacakan, bahasa Indonesia telah di kukuhkan sebagai bahasa Negara sehingga semua rakyat memakai bahasa Indonesia tersebut sebagai bahasa persatuan. Namun, karena tanggal 18 Agustus 1945 Undang – undang Dasar 1945 baru disahkan sebagai UUD Negara Indonesia sehingga bahasa resmi negara Indonesia baru di resmikan kedudukannya pada tanggal itu.

Dan akhirnya hingga saat ini bahasa Indonesia adalah bahasa yang di gunakan untuk berbagai macam lapisan masyarakat di Indonesia, baik itu di tingkat daerah maupun tingkat pusat.

Fungsi Bahasa Indonesia

Terdapat 4 fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional. 4 fungsi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa Nasional merupakan sebuah Lambang Kebanggaan Nasional.
  2. Bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa Nasional adalah Lambang identitas Nasional.
  3. Bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa Nasional merupakan sebuah Alat pemersatu seluruh Bangsa Indonesia.
  4. Bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa Nasional adalah sebuah Alat penghubung antar Budaya dan antar Daerah.

Penjelasan

1. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional merupakan sebuah Lambang Kebanggaan Nasional.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan sebagai lambang kebanggaan Nasional adalah bahasa Indonesia yang memiliki nilai – nilai sosial dan budaya luhur bangsa. Dengan nilai yang dimiliki tersebut adalah sebuah cermin bangsa Indonesia, oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia juga harus bangga, dan menjunjung tinggi serta mempertahankan dari nilai – nilai yang terkadung di dalamnya serta mengamalkannya sesuai dengan isi dari nilai sosial serta kebudayaan luhur bangsa.

Sebagai salah satu wujud rasa kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, maka kita harus menggunakan bahasa Indonesia ini pada setiap hari terutama di lingkungan sekolah serta tanpa ada rasa rendah diri dan acuh atau pun tak acuh. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia yang berakhlak baik kita harus menjaga bahasa kita sesuai dengan isi sumpah pemuda diatas tersebut.

Baca Juga :   Percakapan Bahasa Arab Tentang Tiket

2. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional adalah Lambang identitas Nasional.

Bahasa Indonesia adalah sebagai lambang identitas Nasional memiliki arti bahwa bahasa Indonesia bisa mengetahui identitas kewarganegaraan bagi seseorang dan juga bisa membedakan antara negara lain, yaitu : sebuah karakter, sebuah kepribadian, dan sebuah watak sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, harus di wujudkan dan di jaga jangan sampai kepribadian diatastersebut tidak tercermin di dalamnya.

3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional merupakan sebuah Alat pemersatu seluruh Bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia sebagai alat untuk mempersatukan bagi seluruh Bangsa Indonesia ini masyarakat Indonesia yang memiliki beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda – beda dari bahasanya, bisa disatukan melalui bahasa Indonesia ini dan bersatu dalam satu kebangsaan,serta memiliki cita – cita, rasa senasib serta sepenangungan yang sama.

Dengan bahasa Indonesia ini, diharapkan bangsa ini dapat merasa harmonis dan menjadi serasi, karena diantara kita tidak lagi merasa adaya suatu persaingan dan tidak merasa lagi ‘dijajah’ oleh masyarakat suku yang lain. Identitas suku dan nilai – nilai dari sosial budaya daerah masih bisa kita lihat dan masih tercermin ke dalam bahasa daerah masing – masing yang masih kental serta bahasa daerah bisa memperkaya aneka ragam sebuah bahasa daerah yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia ini.

4. Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional adalah sebuah Alat penghubung antar Budaya dan antar Daerah.

Bahasa Indonesia adalah bahasa Nasional sebagai alat penghubung antar Budaya dan antar Daerah diharapkan bisa dirasakan dalam kehidupan sehari – hari. Berkat bahasa Indonesia ini kita bisa melakukan interaksi untuk segala bidang bagi kehidupan. Segala kebijakan dan strategi yang berkaitan dengan idologi, pertahanan, sosial, politik, ekonomi, budaya dan kemanaan dengan mudah sehingga bisa disampaikan terhadap seluruh wilayah Indonesia.

Apabila laju pertumbuhan komunikasi antarmanusia ini meningkat, maka itu artinya akan mempercepat tingkat wawasan dan pengetahuan pada manusia. Serta apabila semakin cepat pengetahuan meningkat maka akan dapat mempermudah perkembangan kehidupan bagi bangsa.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Kisi Kisi UN SMP

Sebagai Bahasa Nasional Bangsa Indonesia

Pada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya pada hari “Sumpah Pemuda”, dinyatakan sebuah Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional yang memiliki fungsi – fungsi sebagai berikut :

  1. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Identitas Nasional.
  2. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Kebanggaan Bangsa.
  3. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai alat komunikasi.
  4. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Ras, Agama, Adat Istiadat, dan Kebudayaan.

Serta berikut ini adalah penjelasannya yaitu sebagaimana dibawah ini :

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Identitas Nasional.

Yang pertama adalah kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dapat kita buktikan dengan digunakannya sebuah bahasa Indonesia dalam bulir – bulir pada saat Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Kebanggaan Bangsa.

Yang ke dua adalah Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dapat kita buktikan dengan masih digunakannya Bahasa Indonesia sampai sekarang ini sebagai bahasa bangsa Indonesia.
Jika kita amati, maka kita akan mendapati sebuah perbedaan dengan negara – negara lain yang sudah terjajah. Mereka semua malah harus belajar dan menggunakan bahasa negara sepersemakmurannya mereka. Bisa kita lihat contohnya seperti negara Malaysia, India,dan lain – lain yang harus dapat menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai alat komunikasi.

Lanjut kepada kedudukan yang ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional ini kita dapat membuktikannya dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam berbagai macam bentuk media komunikasi. Contohnya seperti : pada Buku, Koran, Acara Pertelevisian, Website, Siaran Radio, dan acara lainnya.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai Pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Ras, Agama, Adat Istiadat, dan Kebudayaan.

Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pemersatu seluruh Bangsa yang mempunyai perbedaanseperti : Suku, Ras, Adat Istiadat, Agama, serta Budaya.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Fungsi Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: