Fungsi Laring

Posted on

Fungsi Laring – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Fungsi Laring yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Laring atau kotak suara (kotak suara) adalah organ di leher, yang melindungi batang tenggorokan dan terlibat dalam produksi suara.

Apa Itu Laring ?

Laring adalah salah satu organ jalan napas manusia. Fungsi laring di saluran udara adalah untuk melindungi organ setelahnya dan untuk mengatur masuknya udara ke dalam trakea. Ketika trakea melekat pada kerongkongan (organ sistem pencernaan), dapat dikatakan bahwa laring juga berperan dalam menjaga keamanan sistem pencernaan.

Bagian Bagian Laring Dan Strukturnya

Bagian Bagian Laring Dan Strukturnya
Struktur Dan Bagian Laring

1. Jaringan Epitel

Ada beberapa jaringan epitel yang membentuk laring, tetapi sebagian besar adalah epitel silinder bersilia. Epitel lain adalah epitel datar yang membentuk epiglotis.

2. Jaringan Binding/Ikat

Jenis-jenis jaringan penghubung di laring adalah:

A. Lamina Propia
Merupakan bagian dari membran basal pada lapisan epitel, yang berfungsi untuk menghubungkan lapisan epidermis dengan jaringan lain. Lamina propria mengandung kartilago laring, yang mengalami kalsifikasi seiring bertambahnya usia.

B. Ikat
Ligamen adalah sekelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot ke tulang. Bundel pita membentuk pita suara yang menghasilkan suara.

3. Tulang Rawan (Cartilage)

Tulang rawan yang membentuk laring umumnya tulang rawan hialin. Tulang rawan bertindak sebagai dukungan struktural dan fungsional untuk laring. Ada beberapa tulang rawan yang membentuk laring, yaitu
Tulang rawan besar dan tidak berpasangan:
Krikoid
Kelenjar gondok
Katup nafas
Tulang rawan kecil berpasangan
Arytenoide
Corniculate
Runcing

Baca Juga :   Reproduksi Basidiomycota

4. Jaringan Otot

Otot-otot yang membentuk laring adalah otot rangka (otot bergaris) yang dapat dipindahkan sesuai keinginan kita. Otot-otot ini adalah bagian dari pita suara bersama dengan ligamen. Getaran untuk menghasilkan suara adalah hasil dari gesekan pita suara dengan otot dan ligamen ini dengan udara yang masuk.

5. Yakun

Yakun adalah kelenjar tiroid yang luar biasa di leher seorang pria. Ada juga yang menjadi awal bagi wanita, tetapi tidak terlalu besar. Rahang terletak di tulang rawan tiroid, tempat pertemuan dari 2 tulang rawan hialin.

6. Penutup Tenggorokan

Epiglotis adalah susunan tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan di depan laring. Epiglottis biasanya memiliki bentuk ke atas, sehingga udara nantinya bisa mencapai saluran pernapasan. Jika termakan, epiglotis akan mengarah ke bawah untuk menutup jalan napas dan membawa makanan ke kerongkongan.

Fungsi Dari Laring

Fungsi Laring

1. Lindungi Saluran Udara dari Makanan

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Laring adalah organ pernapasan yang terletak di depan trakea. Epiglotis pada laring melindungi makanan dan air di saluran udara. Epiglotis ini menutup trakea, sehingga saluran udara tetap aman saat makan.

2. Sejajarkan Makanan di Kerongkongan

Saat kita makan sekarang, laring membuka kerongkongan untuk mengarahkan makanan dan air ke saluran pencernaan dan tidak ke saluran pernapasan. Jika kita makan sambil berbicara, ada makanan atau air yang masuk ke saluran udara. Inilah alasan refleks batuk atau bersin.

3. Menghasilkan Suara

Tulang laring, yang mengembang menjadi pita suara, terdiri atas ligamen dan otot rangka. Suara yang dipancarkan tergantung pada pembukaan laring. Getaran otot dan ligamen yang dikepang disebabkan oleh gesekan dengan udara yang masuk. Karena itu, laring memainkan peran penting dalam mengatur nada suara kita.

Baca Juga :   Klasifikasi Virus

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Fungsi Laring. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Fungsi Laring Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar