Fungsi Ovarium

Posted on

Fungsi Ovarium – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Ovarium yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Orang memiliki dua ovarium, kiri dan kanan. Bentuk ovarium adalah oval dan memiliki panjang sekitar 4 cm, lebar 3 cm dan diameter sekitar 2 cm. Warna ovarium biasanya abu kemerahan dan memiliki permukaan yang tidak rata.

Apa Itu Ovarium ?

Ovarium atau indung telur adalah salah satu organ reproduksi pada wanita, yang digunakan untuk menghasilkan telur dan hormon.

Bagian Struktur Ovarium

Ovarium memiliki 3 lapisan utama, yaitu:

  • Bagian superfisial adalah bagian terluar ovarium, yang disebut lapisan epitel berbentuk kubus atau umumnya disebut epitel germinal.
  • Cortex, Cortex adalah bagian yang ada di belakang permukaan. Sebagian besar terbuat dari jaringan ikat. Korteks mengandung folikel dan oosit.
  • Medula, medula adalah bagian terdalam ovarium, yang terdiri dari jaringan neurovaskular

Fungsi Dari Ovarium

Fungsi Dari Ovarium
Fungsi Ovarium

Beriukut ini adalah fungsi dan lapisan ovarium :

Fungsi Reproduksi

Setiap ovarium akan menghasilkan sel telur. Dalam proses ini, sel telur disertai oleh sekelompok sel yang disebut sel folikuler (sel yang mengandung cairan tempat sel telur tumbuh). Perkembangan sel-sel folikel ini distimulasi oleh hormon follicle stimulating hormone (FSH). Sejak masa embrio, oogonium telah berkembang menjadi ovum, sedangkan oosit tidak berkembang menjadi oosit matang hingga permulaan pubertas.

Setelah pubertas, sel telur matang dilepaskan dari sel folikuler dan dikeluarkan dari ovarium ke dalam rahim. Telur bisa dibuahi oleh sperma pria. Jika sel tidak dibuahi, seorang wanita mengalami periode kehamilan, yaitu disintegrasi dinding endometrium bersama dengan oosit yang dibuahi. Ketika oosit dibuahi oleh sperma, hasil pertemuan kedua, atau yang biasa disebut dengan hasil pembuahan, tumbuh di dalam rahim (uterus) dan berkembang menjadi embrio.

Baca Juga :   Reproduksi Basidiomycota

Fungsi Endokrin

Selain tugas menghasilkan telur, ovarium memiliki fungsi lain

Dua hormon tersebut meliputi:

a. Estrogen
Estrogen adalah hormon seks yang penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi. Secara kimia, estrone mengacu pada hormon yang terdiri dari estrone, estradiol dan estriol.

Beberapa fitur estrogen untuk wanita adalah:
– Merangsang perkembangan organ seksual sekunder seperti pertumbuhan payudara, rambut kemaluan dan ketiak.
– Mengatur siklus menstruasi dan mengontrol pertumbuhan endometrium selama menstruasi.
– Estrogen juga memengaruhi pembentukan tulang dan pembekuan darah.
– Fungsi estrogen lainnya dapat memengaruhi kulit, rambut, selaput lendir, dan otot panggul.

b. Progesteron
Progesteron adalah kelas hormon steroid yang fungsi utamanya terkait dengan siklus menstruasi, kehamilan dan perkembangan embrionik.
Beberapa fitur progesteron meliputi:
– Ubah lapisan rahim untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi pertumbuhan janin.
– Mengurangi respons imun wanita selama proses fertilisasi untuk mempersiapkan kehamilan.
– Progesteron mematangkan payudara bersama dengan hormon prolaktin untuk menghasilkan susu.
– Meningkatkan gairah seksual pada wanita.
– Membantu perkembangan saraf kranial dan berperan dalam perlindungan dan pemulihan cedera jaringan otak dari kerusakan.

Perkembangan Serta Pertumbuhan Ovarium

Ketika seorang wanita dilahirkan, ia memiliki 1-2 juta telur di indung telurnya, tetapi hanya sekitar 500 dari sel telur itu yang berovulasi, sisanya tidak dapat digunakan sendiri atau mati. Dengan bertambahnya usia, jumlah oosit menurun.

Karena selama menstruasi sel-sel yang tidak dibuahi keluar dari tubuh. Sekarang, pada titik tertentu, sel-sel ini menjadi kosong, dan ketika ini terjadi, seorang wanita memasuki menopause, yang merupakan periode ketika dia tidak lagi mengalami menstruasi.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Fungsi Ovarium. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :   Percobaan Sachs - Sejarah, Teori, Tujuan, dan Laporan

Baca Juga :

Fungsi Ovarium Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar