Gambar Ilustrasi

Posted on

Gambar Ilustrasi- Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya Lengkap– Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Gambar Ilustrasi yang meliputi Pengertiannya, Fungsinya, Tujuannya, Janisnya dan Unsur – unsur dalam Gambar Ilustrasi ini.

Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya di bawah berikut ini!

Asal Kata Ilustrasi

Pada awalnya asal kata ilustrasi berasal dari kata bahasa latin yaitu : “Illustrare” yang mana artinya adalah untuk menerangkan atau menjelaskan.

Ilustrasi ini biasanya di gunakan untuk menjelaskan tentang suatu peristiwa.

Didalam bahasa belanda, kata ilustrasi ini di sebut dengan nama “Ilustratie” yang artinya adalah untuk hiasan dengan suatu gambar ataupembuatan sesuatu yang jelas.

Salah satu contoh gambar ilustrasi :

Gambar Ilustrasi

Kata ilustrasi juga bisa dikatakan berasal dari sebuah kata yaitu : ilusi, yang mana memiliki sebuah arti yakni sebagai suatu gambaran tentang sebuah angan – angan yang dapat menyerupai suatu hiasan.

Biasanya gambar-gambar pada ilustrasi ini ialah suatu karya seni rupa tipe 2 dimensi yang mempunyai suatu tujuan guna untuk memperjelas suatu pengertian.

Pengertian Ilustrasi

Pengertian ilustrasi ialah suatu bentuk visual dari suatu kalimat ataupun teks. Kata ilustrasi bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu teks ataupun kalimat yang khususnya bagi anak-anak yang mana belum bisa membaca. Dengan cara menggambarkan tentang adegan pada suatu cerita, maka sebuah gambar tersebut pada umumnya bisa menerangkan mengenai suatu karakter atau keseluruhan dari isi cerita.

Dengan adanya sebuah ilustrasi ini juga bisa berfungsi untuk menarik bagi para pembaca supaya dapat tertarik untuk membacanya. Maka untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan pengertian ilustrasi ini menurut para ahli dibawah ini !

Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi mengennia kata ilustrasi ini menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menurut Rohidi

Menurut Rohidi beliau berpendapat bahwa pengertian dari ilustrsi ialah berkaitan dengan suatu seni rupa yang memberikan penggambaran tentang sesuatu melalui suatu elemen rupa guna untuk menerangkan, menjelaskan atau pun memperindah mengenia sebuah teks, agar pembacanya bisa merasakan secara langsung melewati mata sendiri, kesan, dan juga sifat-sifat gerak yang berasal dari cerita yang telah disajikan.

Baca Juga :   Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10

Menurut Soedarso

Menurut Soedarsono bahwa pengertian ilustrasi ialah suatu seni lukis atau suatu seni gambar yang mana diabadikan untuk demi kepentingan lain, yang mana bisa memberikan sebuah penjelasan atau mengiringi tentang sebuah pengertian, yang umpamanya pada cerita pendek pada suatu majalah.

Menurut Martha Thoma

Menurut Martha Thoha bahwa yang di maksud dari pengertian ilustrasi ialam didalam hubungannya dengan lukisan yang berkembang sepanjang alur adalah sama dalam sejarah serta didalam banyak suatu hal, keduanya adalah sama. Dan secara tradisional pada keduanya mengambil sebuah inspirasi karya-karya mengenai kesusastraan, tapi hanya saja pada lukisan ini diciptakan guna untuk menghiasi dinding ataupun suatu langit-langit, sedangkan pada ilustrasi ini dibuat untuk menghiasi mengenai suatu naskah, mencatat suatu peristiwa ataupun juga membantu untuk menjelaskan sebuah cerita.

Menurut Fariz

Menurut Fariz, pengertian ilustrasi yaitu sebagai alat ekspektasi dari ketidakmungkinan serta tidak berbeda jauh dengan suatau angan-angan, yang mana lebih bersifat virtual atau pun maya. Ilustrasi ini hadir di dalam berbagai hal yang diverikasi.

Manfaat Ilustrasi

Ada beberapa hal mengenai manfaat dari ilustrasi ini. Beberapa manfaat dari ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Untuk dapat menarik perhatian orang
  2. Untuk memudahkan didalam memahami suatu keterangan atau suatu penjelasan pada sebuah tulisan
  3. Untuk sebagai sarana didalam mengungkapkan sebuah pengalaman mengenai suatu kejadian yang bisa diekspresikan dengan suatu media gambar.
  4. Untuk memberikan tentang gambaran-gambaran yang terkait oleh isi dalam sebuah cerita atau sebuah tulisan yang bisa disampaikan.
  5. Untuk sebagai nilai tentang keindahan didalam perwajahan.

Fungsi Ilustrasi

Ada beberapa fungsi dari ilustrasi ini. beberapa fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Fungsi Deskriptif

Yang dimaksud dari fungsi deskriptif ilustrasi ialah untuk menggantikan uraian tentang sesuatu secara verbal dan secara naratif dengan memakai kalimat yang cukup panjang. Pada ilustrasi tersebut bertujuan guna untuk melukiskan sehingga bisa lebih cepat dan serta lebih mudah ketika dipahami.

Fungsi Ekspresif

Yang dimaksud dari fungsi ekspresif ilustrasi ialah untuk menyatakan dan memperlihatkan tentang suatu perasaan, situasi, maksud, gagasan, maupun konsep yang mana sifatnya bisa abstrak menjadi sesuatu yang dianggap nyata sehingga bisa lebih mudah untuk kita pahami.

Baca Juga :   Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Analitis atau Struktura

Yang di maksud dengan fungsi analtis ilustrasi ialah suatu ilustrasi yang bisa menunjukkan tentang rincian bagian-bagian dari sesuatu sistem ataupun suatu benda atau juga suatu proses dengan cukup detail, supaya bisa lebih mudah untuk dipahami.

Fungsi Kualitatif

Yang dimaksud dari fungsi kualitatif ilustrasi yang mana sering digunakan untuk membuat film kartun, daftar, foto, tabel, gambar, sketsa, simbol, dan grafik.

Tujuan Ilustrasi

Selain fungsi diatas, ilustrasi ini juga memiliki tujuan dari dibuatnya. Adapaun beberapa tujuan dari ilustrasi adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas tentang informasi atau pesan yang mana akan disampaikan.
  2. Tujuan ilustrasi adalah untuk memberikan berbagai hal variasi didalam bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, serta agar para pembaca bisa dengan mudah untuk memahami tentang suatu pesan yang telah disampaikan.
  3. Tujuan ilustrasi adalah untuk memudahkan bagi para pembaca didalam mengingat tentang suatu konsep serta suatu gagasan yang dapat disampaikan dengan melalui sebuah ilustrasi.

Jenis-Jenis Ilustrasi

Ada beberapa jenis dari ilustrasi ini yang wajib kalian ketahui. Beberapa jenis dari ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut :

Gambar Ilustrasi Naturalis

Yang merupakan sebuah gambar ilustrasi yang memiliki warna dan juga bentuk yang dapat dikatakan sama dengan kenyataan pada alam tanpa adanya suatu penambahan dan juga suatu pengurangan.

Gambar Ilustrasi Dekoratif

Pada jenis ilustrasi ini ialah suatu gambar yang mempunyai fungsi untuk menghiasi tentang sesuatu dengan sebuah model bentuk yang sudah disederhanakan ataupun juga bisa dilebih-lebihkan dengan suatu gaya-gaya model tertentu.

Gambar Kartun

Ialah sebuah gambar yang memiliki bentuk yang lucu atau mempunyai ciri yang khas tertentu. Dan pada umumnya, suatu gambar kartun banyak menghiasi sebuah komik, buku cerita bergambar, dan suatu untuk majalah anak-anak.

Gambar Karikatur

Gambar karikatur ialah jenis gambar sindirian atau kritikan yang mana didalam penggambarannya terdapat beberapa penyimpangan proporsi dari tubuh aslinya. Gambar karikatur ini biasanya dapat ditemukan pada koran atau pada majalah.

Cerita Bergambar

Cerita bergambar ialah sejenis gambar atau komik yang mana dapat diberikan teks. Pada cerita bergambar ini memakai teknik gambar yang bisa dibuat dengan sebuah dasar cerita dengan sudut pandang yang cukup menarik.

Ilustrasi Buku Pelajaran

Pada ilustrasi dalam buku pelajaran ini memiliki fungsi guna utuk menerangkan sebuah teks atau peristiwa baik itu yang ilmiah maupun yang berupa suatu gambar bagian. Mem[unyai sebuah bentuk yang berupa gambar bagan, natural, dan foto.

Baca Juga :   Pantun Anak - Anak

Ilustrasi Khayalan.

Ilustrasi gambar ialah suatu ilustrasi dari gambar pada hasil pengolahan daya suatu cipta secara imajinatif atau secara khayal. Pada ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi komik, cerita, novel, dan ada roman.

Tabel

Jenis tabel ini bisa untuk menyajikan sebuah kegiatan, suatu data serta menganalisis data itu ke dalam suatu bentuk kolom dan pada baris.

Pie chart

Ialah sebuah gambaran sesuatu yang mempunyai bentuk lingkaran atau bentuk kepingan-kepingan dengan sejumlah komponen yakni : 3600.

Organization Chart

Suatu cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hierarki.

Bar Chart

Bar chart dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.

Graph Chart

Graph chart digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat.

Combination Chart

Ialah sebuah kombinasi antara bar chart dengan graph chart.

Flowcart

Pengertian flowcart ialah suatu gambar atau bagan yang dapat menunjukkan tentang urutan serta hubungan antara proses dan juga instruksi – instruksinya.

Peta

Peta ialah suatu gambaran atau lukisan pada keseluruhan atau sebagian saja dari permukaan bumi, yakni baik itu darat maupun pada laut.

Unsur Gambar Ilustrasi

Didalam gambar ilustrasi, terdapat beberapa unsur – unsurnya yaitu sebagai berikut :

Gambar Manusia

Unsur yang perlu di pahami adalah unsur anaomi pada tubuh manusia seperti : keduudkan bentuk dari susunan tulang dan juga otot yang mana dapat menentukan tentang besar kecilnya, cekung cembungnya, menonjol atau tidaknya pada tubuh manusia serta untuk bisa menentukan tentang bentuk dari keseluruhan tubuh manusia.

Gambar Binatang

Unsur yang perlu dipahami sama dengan unsur pada gambar manusia, yaitu unsur proporsi bentuk tubuh dan anatomi susunanya.

Gambar Tumbuhan

Ada dua cara yang perlu dilakukan yaiut:

  1. Menggambarkan secara lengkap
  2. Dan dengan secara sederhana

Benda-benda lainnya

Benda – benda lainnya yang di maksud disini adalah benda yang terdapat pada alam atau benda buatan manusia itu sendiri dengan tujuan sebagai penghias dan pelengkap pada gambar.

Demikianlah pembahasan makalah mengenai Gambar Ilustrasi. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: