Gambar Perspektif – Pengetian Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Gambar Perspektif – Pengetian Dan Contohnya Lengkap – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas materi tentang gambar perspektif yang meliputi pengertian, jenis-jenis dan beberapa contoh-contohnya yang kita kupas secara tuntas dan mendalam.

Lebih jelasnya, marilah kita simak pemaparannya lebih lanjut!

Gambar Perspektf
Gambar Perspektf

Pengertian Gambar Perspektif

Gambar perspektif adalah sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan mata oleh manusia. Pandangan manusia biasanya melihat suatu objek benda apabila semakin jauh makan akan semakin kecil sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih realitis.

Kata perspektif diambil dari bahasa Itali yaitu “Prospettiva” yang berarti gambar pandangan.Yakni suatu gambar yang dibuat sedemikian rupa agar terbentuk sebuah objek atau gambar dari besar ke kecil dengan menggunakan satu titik hilang, dua titik hilang atau tiga titik hilang.

Sudut pandang manusia memiliki tiga sudut pandang, yaitu: sudut pandang tinggi, normal dan rendah.

  • Sudut pandang tinggi juga sering disebut dengan sudut pandang mata burung adalah sebuah pandangan yang seolah- olah kita melihat objek dari atas.
  • Untuk sudut pandang normal adalah sebuah sudut pandang yang seakan-akan melihat objek atau benda dari posisi biasa yaitu dari arah depan.
  • Sudut pandang rendah atau sering juga disebut dengan sudut pandang kucing adalah sebuah sudut pandang yang seolah – olah kita melihat objek dari bawah.

Di dalam sebuah penglihatan terdapat beberapa tipe perspektif titik sudut pandang perspektif, yaitu berdasarkan posisi jarak mata kita melihat objek.Tipe perspektif tersebut di bagi menjadi dua macam yakni:

Baca Juga :   Tugas AFNEI di Indonesia - Pengertian, Sejarah, dan Tujuan

1. Gambar Perspektif Sejajar (Aereal Perspektif)

Tipe gambar perspektif sejajar atau dapat kita sebut juga dengan sebutan aereal perspektif ini adalah cara menggambar berdasarkan garis dan warna, terhadap penilaian dalam penglihatan mata. Misalnya seperti pada saat kita melihat benda yang dekat dengan mata kita.

Maka garis-garis batas akan nampak dan terlihat, terhadap benda yang jauh tersebut akan terlihat mengerucut serta pada satu titik akan tidak nampak lagi dan menghilang. Begitu juga dengan warna tehadap objek yang kita lihat, semakin jauh akan semakin memudar.

2. Gambar Perspektif Sudut (Linear Perspektif)

Linear perspektif adalah cara menggambar perspektif yang menggunakan titik lenyap dalam garis memusat pada satu titik yang terlihat, sebagai acuan sebagai pola tumpuan untuk pembuatannya.

Keterbatasan pada jarak pandang mata manusia, akan menimbulkan sebuah titik hilang pada sebuah objek pandangan yang horizontal. Sebagai contoh, ketika kita berada di sebuah pantai, pada saat memandang laut lepas akan dapat melihat pertemuan antara langit dengan laut.

Disitulah letak keterbatasan pandangan mata manusia, maka dari itu dibuat dengan media alat bantu berupa teleskop, teropong bintang atau binocular. Sehingga timbulah pemikiran manusia dalam menggambarkan sebuah alam atau benda, maka lahirlah teknik gambar perspektif.

Setelah kita mempelajari pengertian dan beberapa tipe dari gambar perspektif ini, maka selanjutnya yaitu kita masuk ke pemaparan tentang teknik – teknik gambar perspektif.

Teknik – Teknik Gambar Perspektif Dan Contohnya

1. Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Gambar perspektif 1 titik hilang atau bisa disebut dengan one point perspective, sering digunakan sebagai teknik penggambaran pada sebuah objek suatu benda. Dimana letak benda tersebut terlihat dekat dengan jangkauan mata kita.

Baca Juga :   Rumus Rubik 2x2 3x3 4x4 Mudah Bergambar Lengkap

Perhatikan gambar:

Gambar Perspektif Satu Titik Hilang

Dari gamabr diatas dapat kita lihat bahwa letak benda yang terlihat dekat mata, sehingga otomatis pandangan mata terhadap benda tersebut juga akan menjadi sempit. Sehingga garis antara batas pengelihatan akan terfokus terhadap satu titik saja, dan titik yang lain akan terlihat buram dan tidak nampak.

Teknik gambar ini juga sering dikenal sebagai pararel pespektif sebab ada banyak garis bantu yang memiliki kesamaan sejajar, baik itu pada daerah horizon maupun garis vertical. Kelebihan dari teknik yang satu ini, sangat cocok untuk rancangan bangun interior.

2. Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Gambar perspektif 2 titik hilang (two point perspektif), teknik ini biasanya dalam penggambaran digunakan dalam pengambilan suatu sudut pandang terhadap bangunan, ruangan dan juga sebuah interor bangunan. Dengan menggunakan dua titik hilang, dengan jarak letak saling berjauhan sebelah kanan dan kiri, untuk penggunaan perspektif 3 titik hilang.

Lihat gambar dibawah berikut:

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Tekni gambar perspektif seperti ini lebih sering untuk digunakan, karena hasil gambar yang dibuat sederhana dan lebih mudah. Karena dalam pembuatan memiliki bentuk yang statis bukan seimetris, oleh karena itu lebih nyaman untuk di gambar, pada dasarnya penggunaan perspektif 3 titik hilang.

Teknik gambar perspektif 2 titik hilang biasanya sering dipakai dalam dunia arsitektur, dalam penggambaran sebuah bentuk luar eksterius bangunan. Teknik yang satu ini sangat familiar digunakan, karena pada pembuatan gambar yang dihasilkan memiliki hasil yang dinamis dan simetris.

3. Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Gambar perspektif 3 titik hilang (three point perspektif) adalah sebuah perspektif tiga titik hilang dalam penggunaan pada tiga titik untuk membuat sebuah garis antara pembatas suatu objek. Penggunaan pada teknik ini sering digunakan dalam menggambar sebuah bangunan.

Baca Juga :   Sistem Reproduksi Manusia

Lihat contoh gambarnya berikut:

Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Serta dalam pembuatan perspektif 3 titik hilang, nampak ketika mata melihat seolah-olah meliah suatu objek yang berada. Pada suatu ketinggian atau titik rendah bangunan tersebut, yang terlihat pada sebuah objek yang dibuat dalam media dua dimensi.

Teknik ini sering digunakan dalam mengekspos sebuah gambaran objek nyata, terutama gedung yang harus mengandalkan garis dalam membentuk objek terlebih dahulu dalam sebuah proses penggambarannya.

Kegunaan Gambar Perspektif

Gambar perspektif memiliki beberapa macam kegunaaan yakni diantaranya:

1. Untuk memberikan sebuah gambaran terhadap objek nyata yang telihat, sesuai dengan apa yang terlihat oleh mata manusia.

2. Untuk mewakili terhadap sudut pandang manusia, terhadap sudut pandang sebuah objek yang tidak bisa dijangkau, oleh mata manusia secara langsung misalnya dari ketinggian.

3. Untuk mendefinisikan sebagai batasan penglihatan mata manusia, seperti atas apa yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai gambar perspektif. Semoga bermanfaat …

Baca Juga: