HRD Adalah

Posted on

HRD Adalah- Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab, Fungsi Dan Syarat- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah mengenai HRD yang meliputi dari Pengertiannya, Tugasnya, Tanggung Jawab, Fungsi serta apa saja syarat – syarat untuk menjadi HRD lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya di bawah berikut ini!

Pengertian HRD atau Human Resources Development

Pengertian HRD atau kepanjangan dari Human Resources Development ialah sebuah bagian atau departemen dari suatu perusahaan yang memiliki tugas utamanya adalah mengelola sumber daya manusia pada suatu perusahaan, yakni mulai dari tugas perencanaannya yang sering dinamakan perencanaan SDM, kemudian rekrutmen yang sering disebut dengan Rekrutmen dan penyeleksi, kemudian pengembangan yang sering disebut dengan Pelatihan dan juga Pengembangan, kemudian Manajemen Kinerja yang sering disebut dengan Performance Management, kemudian gaji yang sering disebut dengan Kompensasi dan Benefit dan juga bertugas menumbuhkan hubungan suatu kerja yang mana juga sering disebut sebagai Hubungan Industrial.

HRD memiliki arti lain yaitu Pengembangan Sumber Daya Manusiaa ialah sebuah proses yang menangani berbagai hal masalah pada suatu ruang lingkup karyawan, manajer, pegawai, pekerja, buruh,dan lainnya untuk bisa menunjang aktivitas suatu organisasi atau perusahaan guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Pada bagian atau unit yang mana biasanya mengurusi suatu sdm ialah pada departemen sumber daya pada manusia.

Dalam hal tugasnya sebagai pengelola SDM, HRD memiliki berbagai maam jenis kegiatan, diantaranya adalah : HR Mendapatkan, Perencanaan SDM, HR Mempertahankan, Misi, Visi dan juga Valuenya.

Baca Juga :   Pengertian Konjungsi Temporal

Oleh karenanya, HRD ini mempunyai sebuah tugas dan tanggung jawab dalam bidang suatu Perencanaan SDM, HR Mempertahankan, HR Mendapatkan, dan Mengembangkan SDM

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Berikut dibawah ini adalah beberapa tugas dan juga tanggung jawab dari HRD, yang terdiri atas yaitu :

Perumusan dan Pembuatan suatu Visi – Misi, Nilai-nilai dan Budaya Organisasi

Tugas bagi HRD, atasan dan karyawan adalah bagaimana caranya agar suatu perusahaan dapat berkembang lebih baik dan teratur. Maka, dibutuhkan perumusan mengenai sebuah tujuan perusahaan bagaimana, bagaimanakah cara untuk mencapainya, dan apa sajakah falsafah yang mana akan di bawa ke dalam sebuah kehidupan kerja didalam perusahaan ini.

Struktur suatu Organisasi dan sebuah Peraturan dalamPerusahaan

Sebuah struktur organisasi yang sudah jelas sangatlah dibutuhkan didalam sebuah suatu perusahaan. Pada struktur organisasi ini diharapakan agar mampu dapat memunculkan sebuah stimulus atau dorongan semangat kerja bagi para karyawannya. Pada umumnya, dalam struktur tersebut ada sebuah jenjang karir yang bisa didapatkan oleh karyawan yang mau tekun dalam bekerja di suatu perusahaan tersebut.

Tugas HRD dalam hal ini mampu unutk bisa mengatur jalannya sebuah birokrasi yang ada didalam suatu perusahaan, dan mengatur suatu perundang – undangan yang ada, serta memilih mengenai peraturan yang mana bisa di rasa cocok untuk diterapkan didalam suatu perusahaan tersebut, serta HRD juga harus mampu dalam memberikan jembatan ketika terjadi suatu konflik di dalam Selain itu, lewat struktur ini, akan menimbulkan gairah kerja bagi karyawan terutama dalam perencanaan jenjang karirnya ke depan. Di sini, HRD berfungsi untuk mengontrol pelaksanaan birokrasi dan perundang-undangan tersebut dan juga memilah mana aturan yang cocok diterapkan di perusahaan atausuatu perusahaan.

Job Desc-Job Spes dan Performance Appraisal

Job Desc-Job Spes adalah suatu tugas bagi HRD dalam bertanggung jawab untuk membuat suatu deskripsi pekerjaan dan apa sajakah spesifikasi kerja yang akan dilaksanakan.

Baca Juga :   Bahasa Arab Piring

Sedangkan, Performance Appraisal adalah sebuah tolak ukur guna untuk mengukur kinerja suatu perusahaan.

Rekrutmen dan Seleksi

HRD memiliki peran besar dalam hal merekrut dan juga menyeleksi calon kariyawan sebelum masuk menjadi kariyawan suatu perusahaan. Rekrutmen dan seleksi ini bisa dilakukan dengan cara melihat prestasi akademik calon kariyawan, kemudian dengan melalui tes psikologi dan juga wawancara sehingga HRD bisa menentukan kualitas SDM yang akan menjadi kariyawan di perusahaan tersebut.

Compensation dan Benefit

Compensation atau kompensasi adalah sebuah bonus keuntungan yang di dapat karena telah mencapai suatu target. Sedangkan benefit adalah suatu manfaat atau faedah yang didapat ketika sesorang masuk dan bekerja didalam suatu perusahaan.

HRD harus mampu mengatur kompensasi dan benefit kepada karyawan agar dapat memberikan motivasi dan dorongan semangat dalam bekerja.

Misal, jika kita berkerja disuatu perusahaan tersebut, maka kita akan mendapatkan bonus yang besar jika mampu memenuhi target dan bisa mengasah kemampuan komunikasi kita.

Syarat untuk Menjadi HRD

Berikut dibawah ini terdapat beberapa buah syarat untuk menjadi hrd. Bagi kalian yang berminat ingin menjadi hrd, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa sayarat dibawah ini :

  1. I do whatt you love, love what youu do maksudnya adalah dimana orang yang akan berhasil dan bisa dikatakan baik didalam suatu bidang HRDnya jika ia melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan dengan penuh cinta, dan ia selalu mencintai kegiatan atau pekerjaan yang mana ia kerjakan.
  2. Gratefull maksudnya adalah Tak mudah untuk menyerah , seseorang yang berhasil didalam pekerjaan sebab ia tak mudah untuk menyerah dan terus selalu berusaha dengan semua masalahnya dan hambatannya yang ada.
  3. Healthy Live maksudnya adalah bersyukur akan semua yang akan didapatkan dan juga selalu menerima apa yang sudah ia kerjakan, sebab ada pepatah yang bilang apa yang kamu telah tanam maka itulah yang akan kamu dapatkan nantinya.
  4. Integritas maksudnya adalah orang yang telah berhasil dalam HRD ialah seorang yang bisa berbicara dan bisa menerpakan perkataannya dengan suatu perbuatan, tak hanya itu juga, ia bisa mengontrol pribadinya dengan suatu norma-norma lingkungan yang ada.
  5. Social Skill maksudnya adalah kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain dengan baik dan bisa bergabung dengan berbagai macam kalangan dan juga golongan.
  6. Dream and Think Big maksudnya adalah mau bermimpi dan berpikir besar yang mana setiap orang bisa bermimpi dan juga meluangkan pemikirannya yang besar dan untuk berkembang untuk suatu perusahaan dan suatu organisasi yang telah mereka naungi.
  7. Confidence maksudnya adalah sebuah kepercayaan diri untuk mampu meningkatkan sebuah hasil yang cukup maksimal.
  8. On Time maksudnya adalahmampu untuk tepat waktu, dengan kita selalu disiplin untuk bisa selalutepat waktu, maak secara tidak sadar kita telah merhargai dirimu dan juga orang lain.
  9. Open Minded maksudnya adalah mampu berpikiran terbuka dan juga selalu mengikuti semua hal perubahan positif yang ada.
  10. Respect maksudnya adalah mampu menghargai, menghormati dan juga peka akan terhadap suatu perubahan yang mana ada pada suatu lingkungan disekeliling kita.
  11. Never Give Up maksudnya adalah janganlah pernah mudah untuk putus asa.
  12. Just Perfom maksudnya adalah hanya melakukan dengan semaksimal mungkin dan selalu berikan yang terbaik.
Baca Juga :   Kata Ganti Dalam Bahasa Arab

Demikianlah pembahasan makalah mengenai HRD Adalah, yang meliputi Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Syarat Jadi HRD. Semoga bermanfaat ya …..

Baca juga :

Related posts: