Ideologi Fasisme

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Ideologi Fasisme – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kelebihan dan Kekurangan Ideologi Fasisme yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dalam bahasa itu, fasisme berasal dari istilah Latin “fasses”, keluarga staf yang melekat pada kapak sebagai simbol otoritas hakim Romawi kuno. Secara umum, fasisme adalah ideologi yang menjunjung tinggi prinsip bahwa para pemimpin selalu memiliki otoritas absolut. Ini berarti bahwa perintah dari pemimpin harus diikuti tanpa kecuali.

Di negara yang menganut ideologi semacam ini, angkatan bersenjata adalah pasukan yang memainkan peran yang sangat penting. Sehingga negara harus selalu dalam kesiapan dan tanpa kelemahan.

Apa Itu Fasisme ?

Apa Itu Fasisme

Fasisme adalah ideologi yang tidak berurusan dengan individualitas manusia. Setiap individu dan setiap masyarakat berfungsi hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan pemimpin atau negara. Masyarakat dalam ideologi fasisme harus bersatu dan bersatu dengan para pemimpin yang memiliki kekuatan absolut.

Sejarah Dari Fasisme

Gerakan fasis pertama dalam sejarah mungkin adalah gerakan represi politik yang berkembang setelah 1919 di Italia. Gerakan ini merupakan respons terhadap perubahan sosial yang terjadi sebagai akibat dari Perang Dunia Pertama. Istilah fasisme kemudian digunakan di Italia oleh pemerintah yang berkuasa tahun 1922 Benito Mussolini.

Gambar semak-semak di kapak menjadi simbol partai fasis pertama. Prinsip dari simbol ini adalah bahwa jika hanya ada satu tangkai, ia dapat dengan mudah dihancurkan, sementara itu sulit untuk mengalahkannya ketika masyarakat bersatu menjadi tumpukan tunggul.

Baca Juga :   Pengertian Sidang

Setelah Italia, pemerintah fasis di Jerman (1933) dan Spanyol (1939) berkuasa. Selain itu, setelah Perang Dunia Kedua, semua rezim diktator yang muncul di Amerika dan negara-negara lain digambarkan sebagai fasis. Meskipun banyak dari rezim yang dianggap sebagai wakil fasisme adalah Italia ketika itu dipimpin oleh Mussolini dan Jerman dipimpin oleh Hitler (sering disebut Nazisme).

Ideologi fasis ini diduga kuat sebagai ideologi yang menyebabkan pecahnya Perang Dunia II. Tetapi karena kekalahan para pendukungnya, pemikiran fasis setelah Perang Dunia Kedua tampaknya telah menghilang. Namun, benih-benih fasisme tetap ada selama ada kondisi objektif yang membentuknya.

Untuk lebih memahami fasisme, kita dapat memeriksa deskripsi Mussonlini tentang Ensiklopedia Italia 1932.

  • Semakin dia tidak percaya pada perdamaian abadi. Karena itu, ia percaya bahwa perang adalah satu-satunya cara untuk membawa orang ke tingkat tertinggi. Perjuangan akan memungkinkan orang untuk memahami kehidupan sebagai tugas dan penaklukan semua orang lain kecuali mereka yang bersama mereka.

Ciri Ciri Dari Fasisme

  • Pemerintah totaliter dengan otoritas absolut pemimpin.
  • Sistem partai-pemerintah.
  • Negara dan masyarakat hanya bertindak sebagai alat untuk mencapai tujuan.
  • Ada perbedaan antara orang yang memerintah dan orang yang memerintah (tidak mengakui kesetaraan derajat manusia).
  • Gerakan militer di negara dengan fasisme adalah elemen yang sangat penting.
  • Jangan menghormati kebebasan dan kemandirian individu.

Kelebihan Serata Kekurangan Daris Fasisme

Keuntungan Fasisme

  • Masyarakat memiliki semangat juang yang besar untuk membela bangsa dan negara.
  • Mudah mengendalikan perusahaan, karena setiap individu konsisten.
  • Persatuan nasional yang kuat.
  • Supervisi dan disiplin tinggi.
  • Pengambilan keputusan cepat.

Kurangnya Fasisme

  • Orang dihadapkan dengan kekuatan besar dan diperlakukan sesuka mereka.
  • Individu tidak memiliki kebebasan.
  • Kekuasaan hanya terletak pada kepemimpinan, sehingga negara tidak bertindak untuk kepentingan bersama.
  • Ketaatan manusia didasarkan pada rasa takut (bukan cinta untuk bangsa dan negara).
Baca Juga :   Struktur Hidung

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Ideologi Fasisme. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Ideologi Fasisme Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar