Jaring Jaring Kubus

Posted on

Jaring Jaring Kubus- Pengertian, Ciri – Ciri, Unsur, Sifat, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang materi Jaring – Jaring Kubus san beberapa penjelasan lainnnya.

Kubus merupakan salah satu jenis bangun ruang yang sangat mudah kita jumpai di dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya seperti : kotak box, mainan dadu, dan lain sebagainya.

Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Kubus

Kubus di dalam kitab kamus besar bahasa Indonesia, ialah sebuah ruang yang berbatas enam bidang yang berbentuk segi empat mirip seperti dadu

Bisa di katakan bahwa kubus adalah sebuah bangun ruang yang berbentuk persegi yang terdiri dari enam buah sisi.

Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa kubus merupakan sebuah bangun ruang yang seluruh isinya memiliki bentuk pesegi dengan enam sisi dan rusuk yang panjangnya sama.

Berdasarkan beberapa macam pengertian mengenai kubus diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian kubus adalah sebuah bangun ruang yang memiliki enam buah sisi dengan rusuk yang sama panjang dan berbentuk persegi.

Pengertian Jaring – Jaring Kubus

Adapu pengertian dari jaring-jaring kubus ialah sebuah ragam variasi suatu kerangka yang bisa membentuk sebuah bangun kubus. Ada juga yang mengatakan bahwa jaring-jaring kubus merupakan suatu sisi-sisi pada kubus yang apabila dipadukan akan membentuk sebuah kubus.

Jaring – Jaring Kubus

Ada beberapa macam jaring – jaring dalam bangun ruang, contohnya seperti jaring – jaring bangun rauang kubus, segitiga, tabung, dan lain – lain.

Baca Juga :   Simpangan Rata Rata - Pengertian, Rumus dan Cara Menentukannya

Jaring jaring menurut pengertiannya adalah sebuah bidang datar yang berwujud gabungan antara bangun datar yang menyusun sebuah bangun ruang, cotohnya adalah seperti bangun raung balok, kubus, limas dan masih banyak lagi. Sebuah jaring-jaring ini bisa mudah diperoleh dengan suatu cara membelah sebuah bangun ruang tersebutdengan mengikuti rusuk-rusuknya.

Mengenai gambar dan bentuk jaring – jaring bangun ruang kubus, maka simaklah materi dibawah ini :

Gambar Jaring Jaring Kubus

Jaring-jaring pada bangun raung kubus ini terdiri atas enam buah model bangun datar persegi dan bujur sangkar.

Adapun berikut ini adalah beberapa model jaring – jaring pada bangun ruang kubus yaitu :

Perhatikanlah Gambar Kubus ini

Gambar kubus di atas merupakan sebuah gambar dari kubus yang ingin di cari bentuk jaring-jaringnya, Sebuahwarna yang berupa hijau itu ialah sebuah tutup sedangkan warna yang berupa biru ialah sebagai alasnya. Ada 11 macam bentuk jaring-jaring kubus yang berbeda yang bisa disusun, yaitu adalah sebagai berikut :

Gambar Jaring - Jaring Kubus 1
Gambar Jaring – Jaring Kubus 1
Gambar Jaring - Jaring Kubus 1
Gambar Jaring – Jaring Kubus 1
Gambar Jaring – Jaring Kubus 1
Gambar Jaring - Jaring Kubus 4
Gambar Jaring – Jaring Kubus 4
Gambar Jaring - Jaring Kubus 5
Gambar Jaring – Jaring Kubus 5
Gambar Jaring – Jaring Kubus 6
Gambar Jaring - Jaring Kubus 7
Gambar Jaring – Jaring Kubus 7
Gambar Jaring - Jaring Kubus 8
Gambar Jaring – Jaring Kubus 8
Gambar Jaring - Jaring Kubus 9
Gambar Jaring – Jaring Kubus 9
Gambar Jaring - Jaring Kubus 10
Gambar Jaring – Jaring Kubus 10
Gambar Jaring - Jaring Kubus 11

Gambar Jaring – Jaring Kubus 11

Berdasarkan gambar di atas maka dapat kita simpulkan bahwa ada sekitar 11 model bentuk jaring – jaring yang di hasilkan dari satu buah bangun ruang Kubus.

Tata Cara Pembuatan Jaring Jaring Untuk Kubus

  1. Pertama sediakanlah pensil, gunting dan juga penggaris.
  2. Coba kalian gambar salah satu model jaring-jaring kubus yang sesuai dengan gambar yang ada di atas pada sebuah kertas
  3. Sesudah gambar selesai di buat, maka selanjutnya yaitu tinggal kalian gunting gambar jaring-jaringnya tersebut.
  4. Setelah selesai digunting, maka selanjutnya adalah bagian yang bergaris pada masing-masing ditekuk – tekuk.
  5. Sesudah ditekuk-tekuk, maka selanjutnya adalah tinggal hubungkan saja pada masing-masing tekukannya itu dan maka akan terbentuk sebuah kubus.
  6. Suatu jaring-jaring kubus yang telah jadi maka akan berwujud seperti pada gambar di atas.

Unsur-Unsur Kubus Dan Penjelasannya

Sebagaimana yang kita telah pahami diatas bahwa pengertian dari bangun raung kubus ialah sebuah bangun ruang yang mempunyai enam buah sisi yang berbentuk persegi dan mempunyai 12 rusuk yang mana penjangnya adalah sama.

Dibawah ini adalah beberapa macam unsur – unsur dalam bangun ruang kubus.

Gambar Bangun Ruang Kubus ABCD - EFGH
Gambar Bangun Ruang Kubus ABCD – EFGH

Unsur – Unsur pada Kubus

Dibawah ini adalah beberapa unsur – unsur dalam bangun ruang kbus yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Cara Mencari FPB Dengan Pohon Faktor (Mudah + Cepat)

Sisi atau Bidang

Suatu sisi kubus yaitu suatu bidang yang dapat membatasi bangun ruang kubus. Apabila kita perhatikan pada gambar kubus ABCD – EFGH diatas secara seksama, maka kita bisa simpulkan dari gambar tersebut bahwa kubus ialah suatu bangun ruang yang mempunya 6 buah sisi yang seluruhnya memiliki bentuk persegi.

Berikut ini adalah sisi-sisi dari kubus diatas yaitu :

  1. Pada Sisi bawah (ABCD)
  2. Pada Sisi atas (EFGH)
  3. Pada Sisi depan (ABFE)
  4. Pada Sisi belakang (DCGH)
  5. Pada Sisi samping kiri (BCGF)
  6. PadaSisi samping kanan (ADHE)

Rusuk

Rusuk pada kubus ialah berupa garis potong di antara dua sisi bidang pada kubus dan dapat terlihat seperti buah kerangka yang menyusun suatu kubus. Tetap pada gambar kubus dengan model yang sama yaitu : sebuah kubus yang tersusun ABCD.EFGH yang mempunyai susunan 12 rusuk, yaitu : AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

Titik sudut

Suatu titik sudut ialah sebuah titik potong antara dua atau pun tiga buah rusuk. Pada sebuah gambar kubus yang sama yakni sebuah kubus ABCD.EFGH dapat terlihat bahwa gamabr kubus tersebut mempunyai 8 buah sudut, yakni : A, B, C, D, E, F, G dan H.

Diagonal pada Bidang atau Diagonal Sisi

Pertama kita gambar terlebih dahulu kubus dengan ABCD – EFGH seperti di atas, lalu apabila kita menginginkan untuk menarik garis pada masing-masing sudut yang berhadapan pada suatu tiap sisi ataupun bidang, maka kita nantinya akan menemukan suaut garis yang akan membentuk sebuah segitiga yang sama kaki, pada garis tersebut bisa disebut dengan diagonal bidang atau pun diagonal sisi. Pada kubus model ABCD.EFGH mempunyai 12 diagonal bidang atau juga diagonal sisi yakni sisi AF, BE, BG, FC, CH, DG, AH, DE, BD, AC, EG dan HG.

Diagonal pada Ruang

Diagonal pada ruang ini yaitu suatu garis yang menghubungkan antara dua titik sudut yang dapat saling berhadapan di dalam satu ruang. Pada bangun ruang kubus yakni ABCD.EFGH ini terdapat 4 buah diagonal ruang, yakni : garis diagonal BH, DF, AG, dan EC.

Baca Juga :   Pengertian dan Trik Jitu Mencari Invers Matriks Secara Mudah

Bidang Diagonal

Pada bidang diagonal yaitu suatu bidang yang dibentuk oleh dua garis diagonal pada bidang dan dua buahrusuk kubus yang mengarah sejajar. Pada bangun kubus ABCD – EFGH tersebut juga mempunyai 4 buah bidang diagonal, yakni : bidang diagonal yakni : ACGE, DBFH, ABGH dan EFCD.

Sifat-Sifat Kubus

Didalam sebuah gambar kubus yakni ABCD.EFGH tersebut di atas mempunyai suatu sifat-sifat yakni sebagai berikut :

Berbentuk Persegi pada SEmua Sisi Kubus

Apabila kita perhatikan, mengenai sisi pada sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF dan juga seterusnya, maka akan mempunyai bentuk persegi dan juga mempunyai luas yang sama.

Ukuran Sama Panjang Pada Semua Rusuk Kubus

Pada rusuk-rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE dan seterusnya mempunyai suatu ukuran yang sama panjang.

Ukuran Diagonal pada Bidang Kubus Adalah sama Panjangnya

Coba perhatikanlah ruas garis pada BG dan CF dalam Gambar kubus ABCD.EFGH di atas. Pada kedua bentuk garis tersebut ialah sebuah diagonal bidang kubus ABCD.EFGH dalam bidang BCGF yang mempunyai sebuah ukuran sama panjang.

Ukuran Ruangan pada Kubus yang Sama

Berdasarkan pada gambar kubus ABCD.EFGH tersebut di atas , ialah terdapat 4 bauh diagonal ruang, yakni : HB,DF, AG dan CE yang seluruhnya yaitu berukuran sama panjang.

Bentuk Diagonal pada Kubus adalah Persegi Panjang

Dan coba perhatikan pada bidang diagonal ACGE dalam suatu Gambar kubus ABCD.EFGH di atas. Akan terlihat dengan jelas bahwa suatu bidang diagonal tersebut mempunyai bentuk seperti persegi panjang.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Jaring – Jaring Kubus. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: