Jazakumullah Khairan Katsiran Tulisan Arab

Posted on

Jazakallohu, Jazakillahu, Jazakumullah Khairan Katsiran Tulisan Arab Dan Artinya – Hallo sahabat, semoga kita selalu dalam rahmat dan lindungan oleh ta’alaa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang salah satu ungkapan terimakasih yang biasa di ucapkan dalam bahasa Arab. Yaitu ungkapan Jazakallohu, Jazakillahu, Jazakumullah Khairan Katsiran.

Ungkapan sebagai wujud terimakasih ini merupakan salah satu ungkapan yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. yang diterangkan dalam sebuah hadits yaitu :

ุนูŽู†ู’ ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุฒูŽูŠู’ุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ู…ูŽู†ู’ ุตูู†ูุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูŽุนู’ุฑููˆููŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูููŽุงุนูู„ูู‡ู ุฌูŽุฒูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุจู’ู„ูŽุบูŽ ููู‰ ุงู„ุซูŽู‘ู†ูŽุงุกู

 Usamah bin Zaid berkata : โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: โ€œJazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.โ€ (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jamiโ€™, no. 6368)

Untuk mengetahui penjelasannya lebih lanjut, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini !

Tulisan Arab Jazakallahu Khairon

Bagaiaman tulisan Arab dari ungkapan Jazakallohu khairon ?

Berikut ini kita akan jelaskan :

Ungkapan jazakalloh ini memiliki beberapa macam tergantung dari si pengucap tersebut. Ada yang pendek dan ada yang panjang dan lengkap dari segi arti dan maknanya. Macam – macam ungkapan tersebut yaitu :

  • Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู  dibaca : Jazakalloh yang artinya “Semoga Allah membalasmu”. Ungkapan ini ditujukan untuk kaum Laki – Laki yang berjumlah 1 orang .
  • Kemudian ุฌูŽุฒูŽุงูƒู ุงู„ู„ู‡ู dibaca : Jazakilloh yang artinya “Semoga Allah membalasmu”. Yang mana ungkapan ini hanya ditujukan untuk kaum perempuan yang berjumlah tunggal atau 1 orang.
  • Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒูู…ู ุงู„ู„ู‡ู dibaca : Jazakumullah yang artinya adalah “Semoga Allah membalas kalian”. Ungkapan ini di tujukan kepada kaum Laki – laki atau perempuan yang berjumlah banyak lebih dari 1.
Baca Juga :   Huruf Hijaiyah Titik - Titik

Itu tadi merupakan ungkapan yang pendek, namun dari segi makna dirasa kurang sempurna, karena masih menimbulkan pertanyaan.

Selanjutnya adalah ungkapan terimakasih bahasa Arab yang sedang, tidak panjang dan tidak pendek, serta dari segi maknanya sudah bisa diterima dengan baik atau jelas, yaitu :

  • Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง dibaca : Jazakallohu khoiron yang artinya adalah “Semoga Allah membalasmu dengan Kebaikan”. Ungkapan ini ditujukan untuk laki – laki yang berjumlah 1 orang
  • Selanjutnya ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒู ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง dibaca : Jazakillahu khoiron yang artinya adalah “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”. Ungkapan ini ditujukan untuk kaum perempuan yang berjumlah tunggal atau 1 orang.
  • Kemudian Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒูู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง dibaca : Jazakallahu khoiron yang artinya adalah “Semoga ALlah membalas kalian dengan kebaikan”. Ungkapan ini di tujukan kepada kaum Laki – laki atau perempuan yang berjumlah banyak lebih dari 1.

Selanjutnya adalah ungkapan terimakasih bahasa Arab yang panjang, serta dari segi maknanya dapat dikatakan lebih sempurna , yaitu :

  • Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูƒูŽุซููŠู’ุฑู‹ุง dibaca : Jazakallahu khoiron katsiiroo yang artinya adalah “Semoga Allah membalasmu dengan Kebaikan yang banyak”. Ungkapan ini ditujukan untuk laki – laki yang berjumlah 1 orang
  • Ungkapan ุฌูŽุฒูŽุงูƒู ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูƒูŽุซููŠู’ุฑู‹ุง. dibaca : Jazakillahu khoiron katsiiroo yang artinya adalah “Semoga Allah membalasmu dengan Kebaikan yang banyak”. Ungkapan ini ditujukan untuk perempuan yang berjumlah 1 orang.
  • Yang ketiga yaitu ungkapan  ุฌูŽุฒูŽุงูƒูู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูƒูŽุซููŠู’ุฑู‹ุง dibaca : Jazakumullahu khoiron katsiiroo yang artinya adalah “Semoga Allah membalas kalian dengan Kebaikan yang banyak”. Ungkapan ini ditujukan untuk orang yang lebih dari satu atau jamak baik laki – laki maupun perempuan.

Demikianlah tulisan dan makna dari ungkapan Jazakallohu, Jazakillahu, Jazakumullah Khairan Katsiran Tulisan Arab Dan Artinya. Sebagai umat muslim, sudah selayaknya kita menerapkan ungkapan jakallah ini pada kehidupan kita sehari – hari terkhusus untuk sesama muslim.

Baca Juga :   Soal UN SD Matematika

Sebab, disamping memiliki makna yang baik, ungkapan jazakallah ini juga memiliki beberapa keutamaan atau nilai tambah tersendiri. Keutamaan tersebut yaitu :

Sebagai Ungkapan Yang Paling Baik Terhadapa Si Pemberi

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadits berikut :

ุนูŽู†ู’ ุฃูุณูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุฒูŽูŠู’ุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู…ูŽู†ู’ ุตูู†ูุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูŽุนู’ุฑููˆููŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูููŽุงุนูู„ูู‡ู ุฌูŽุฒูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุจู’ู„ูŽุบูŽ ููู‰ ุงู„ุซูŽู‘ู†ูŽุงุกู

 Usamah bin Zaid berkata: โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: โ€œJazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.โ€ (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: โ€œhadist ini hahihโ€)

Sebagai Ungkapan Doa

Rasullulah bersabda :

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽู†ูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู‹ุง ููŽูƒูŽุงููุฆููˆู‡ู ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฌูุฏููˆุง ู…ูŽุง ุชููƒูŽุงููุฆููˆู†ูŽู‡ู ููŽุงุฏู’ุนููˆุง ู„ูŽู‡ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽุฑูŽูˆู’ุง ุฃูŽู†ูŽู‘ูƒูู…ู’ ู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงููŽุฃู’ุชูู…ููˆู‡ู

“Dan barangsiapa yang berbuat kepada kalian kebaikan maka balaslah, jika ia tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah ia, sampai kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud.)

Berdasarkan hadits diatas, ungkapan jazakallah juga merupakan salah satu ungkapan doa untuk seseorang yang telah berbuat kebaikan untuk kita.

Baca : Bahasa Arab Terima Kasih

Demikianlah pembahasan makalah tentang Ungkapan Jazakallohu, Jazakillahu, Jazakumullah Khairan Katsiran Tulisan Arab Dan Artinya. Semoga bermanfaat ya ….