Kamus Angka Bahasa Arab

Posted on

Kamus Bahasa Arab Tentang Angka 41 Sampai 49 Dan Kaidah – Kaidahnya Serta Terjemahannya – Hallo sahabat, baigaimana kabarnya ? semoga kita dalam lindungan Allah ta’ala ya …

Angka Arab, menurut sejarah, angka Arab merupakan hasil adopsi angka-angka dari negara india dan sistem angka hindu arab yang dikembangkan oleh matematikawan India. Sedangkan angka arab barat itu sendiri merupakan hasil turunan dari angka arab timur.

Bangsa Arab yang pertama kali menulis tentang teks tentang bilangan Arab yang diadopsi dari India yaitu bernama : Al-KhwarizmiAl-Khwarizmi inilah yang kemudian diklaim sebagai penemu angka nol (0).

Selanjutnya, konsep barisan angka – angka dalam bidang ilmu matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran biasa disebut Bilangan.

Bilangan dalam bahasa Arabnya yaitu adad (عَدَد) atauالأعْدَاد.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan tentang materi bilangan Angka Arab dari angka 41 sampai angka 49 serta menjelaskan tentang kaidah – kaidah penerapannya yang berkaitan dengan ‘adad (pembilang) dan ma’dud (terbilang) secara mendetail dan jelas.

Misal : ( ثَلَاثَةُ كُتُبٍ ) tsalaatsatu (‘adad) kutubin (ma’dud) = 3 buku.

Baiklah, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini !

Kamus Angka Arab

Angka Arab Dari 41 Sampai 49

Dibawah ini adalah bilangan angka Arab dari angka 41 sampai 49 bahasa Arab dan terjemahannya serta bentuk – bentuknya yaitu Muzakkar dan Muannats, yaitu :

Baca : Bahasa Arab Bilangan Angka 31 – 39

Kosakata AngkaTerbilangBentuk MudzakkarBentuk Muannats
41Empat puluh satuوَاحِدٌ وَأَرْبَعُوْنَإِحْدَى وأَرْبَعُوْنَ
42Empat puluh duaاِثْنَانِ وَأَرْبَعُوْنَاِثْنَتَانِ وَأَرْبَعُوْنَ
43Empat puluh tigaثَلَاثٌ وَأَرْبَعُوْنَثَلَاثَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
44Empat puluh empatأَرْبَعٌ وَأَرْبَعُوْنَأَرْبَعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
45Empat puluh limaخَمْسٌ وَأَرْبَعُوْنَخَمْسَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
46Empat puluh enamسِتٌّ وَأَرْبَعُوْنَسِتَّةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
47Empat puluh tujuhسَبْعٌ وَأَرْبَعُوْنَسَبْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
48Empat puluh delapanثَمَانٍ وَأَرْبَعُوْنَثَمَانِيَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
49Empat puluh sembilanتِسْعٌ وَأَرْبَعُوْنَتِسْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

Baca : Angka Hijaiyah Bilangan dalam Bahasa Arab 1 Sampai 50

Baca Juga :   Contoh Soal Ips Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Kaidah – Kaidah

Setelah kita mengetahui tentang bilangan angka mulai dari angka Arab 41 sampai 49 dari tabel diatas, selanjutnya mari kita simak beberapa kaidah – kaidah tentang penerapannya dalam bahasa Arab, yaitu :

  1. Ma’dud pada angka 41 sampai 49 harus dalam bentuk mufrad (tunggal), dan kedudukannya ialah sebagai tamyiz dan berharokat fathah.
  2. Pada angka 41 dan 42, antara ‘adad dan ma’dud harus sama dari segi tadzkir dan ta’nits. Sehingga, apabila ‘adad mudzakkar, maka ma’dud harus mudzakkar juga, begitu pula sebaliknya.
  3. Adapun pada angka 43 sampai 49, maka kaidahnya sama persis seperti kaidah pada bilangan angka 3 – 9, yaitu : antara ‘adad dan ma’dud harus berseberangan. Dan apabila ‘adad berbentuk mudzakkar, maka ma’dud harus muannats, dan juga begitu terus sebaliknya.
  4. Adapun harakat awal dari angka – angka di atas dapat berubah – ubah, tergantung posisinya di dalam suatu kalimat.

Itulah beberapa dari kaidah – kaidahnya. Seanjutnya mari kita simak beberapa contoh dari kaidah – kaidah diatas dalam sebuah kalimat.

Baca : Bahasa Arab “Angka Arab”

Contoh Penerapannya Dalam Sebuah Kalimat

Contoh dibawah ini untuk memperjelas pemahaman kita tentang kaidah – kaidah diatas yaitu :

  1. Aku punya empat puluh satu pedang
    Bahasa Arabnya :لِي وَاحِدٌ وَأَرْبَعُوْنَ سَيْفًا ) Cara bacanya : lii waahidun wa arba’uuna saifaa.
  2. Aku membeli empat puluh satu sapi betina
    Bahasa Arabnya :أَشْتَرِي وَاحِدَةً وَأَرْبَعِيْنَ بَقَرَةً ) Cara bacanya : Asytarii waa hidatan wa arba’iina baqoroh.
  3. Khadijah punya empat puluh dua meja
    Bahasa Arabnya :عِنْدَ خَدِيْجَةَ اِثْنَانِ وَأَرْبَعُوْنَ مَكْتَبًا ) Cara bacanya : ‘Inda khodiijata itsnaani wa arba’uuna maktabaa.
  4. Khansa melihat empat puluh dua papan
    Bahasa Arabnya :رَأَتْ خَنْسَاءُ اِثْنَتَيْنِ وَأَرْبَعِيْنَ لَوْحَةً ) Cara bacanya : Ro ats khonsaa u itsnataini wa arba’iina lauhah.
  5. Raihan punya empat puluh tiga sawah
    Bahasa Arabnya :عِنْدَ رَيْحَانَ ثَلَاثٌ وَأَرْبَعُوْنَ مَزْرَعَةً ) Cara bacanya : ‘Inda roihaana tsalaatsun wa arba’uuna mazro’ah.
  6. Raihana melempat empat puluh empat anak panah
    Bahasa Arabnya :رَمَتْ رَيْحَانَةُ أَرْبَعَةً وَأَرْبَعِيْنَ سَهْمًا ) Cara bacanya : Romats roihaanatu arba’atan wa arba’iina sahmaa.
  7. Umar punya empat puluh lima kipas angin
    Bahasa Arabnya :عِنْدَ عُمَرَ خَمْسٌ وَأَرْبَعُوْنَ مِرْوَحَةً ) Cara bacanya : ‘Inda ‘umaro khomsun wa arba’uuna mirwahata.
  8. Amira menjahit empat puluh enam jilbab
    Bahasa Arabnya :خَاطَتْ أَمِيْرَةُ سِتَّةً وَأَرْبَعِيْنَ خِمَارًا ) Cara bacanya : Khoothots amiirotu sittatan wa arba’iina khimaaroo.
  9. Hasan punya empat puluh tujuh karangan
    Bahasa Arabnya :عِنْدَ حَسَنٍ سَبْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ مُؤَلَّفًا ) Cara bacanya : ‘Inda hasanin sab’atun wa arba’uuna mu allafaa.
  10. Hasanah menulis empat puluh delapan kisah
    Bahasa Arabnya :كَتَبَتْ حَسَنَةٌ ثَمَانِيًا وَأَرْبَعِيْنَ قِصَّةً ) Cara bacanya : Katabat hasanatun tsamaaniyan wa ar ba’iina qosshoh.
Baca Juga :   Soal Biologi Kelas 12

Baca : Bahasa Arab Angka Arab 1 – 100

Demikianlah pembahasan kita tentang ‘adad atau bilangan 41 sampai 49, dan beberapa contoh penggunaannya dalam suatu kalimat serta terjemahannya. Dalam tulisan ini mungkin masih banyak yang kurang, untuk itu mohon di maklumi dari para pembaca yang budiman. Akhirnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat membantuk teman – teman dalam proses mempelajari ilmu bahasa Arab …