Komponen CPU

Posted on

Komponen Cpu- Pengertian, Unit Kontrol, Register,, ALU, Bagian, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang Pengertian Komponen CPU dan beberapa Contoh Komponen – komponennya dengan disertai penjelasannya.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian pembahasannya di bawah berikut ini:

Pengertian CPU

CPU atau kepanjangannya adalah Central Processing Unit merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang memproses dan melaksanakan perintah dari komputer serta tempat penyimpanan data dari perangkat lunak komputer.

CPU ini memiliki istilah sebutan yang lain yaitu : Mikroprosesor. Mikroprosesor ini ialah sebuah CPU yang di buat di dalam sistem sirkuit terpadu.Mikroprosesor sirkuit terpadu ini semenjak tahun 1970 sudah umum di pakai serta di jadikan sebagai aspek yang penting dalam sebuah pelaksanaan CPU.

Berikut adalah gambarnya :

CPU (Central Processing Unti)

Komponen – Komponen dari CPU

Ada beberapa komponen yang tersusun didalam CPU ini, di bawah ini adalah gambarnya :

Setelah kita perhatikan gambar di atas, selanjutnya mari kita simak beberapa penjelasan dari masing – masing komponen yang ada dalam CPU tersebut !

Unit Kontrol

Fungsi dari unit kontrol ini adalah yang mengatur sebuah jalannya program. Sebuah komponen ini tentu ada pada semua CPU. Pada CPU tersebut bertugas untuk mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi di antara komponen akan bekerja dalam menjalankan fungsi nya sebagai operasi. Dan juga termasuk dari tanggung jawab unit kontrol yaitu untuk mengambil perintah, mengambil instruksi dari memori utama dan untuk menentukan sebuah jenis instruksi.

Apabila pada instruksi bagi aritmatika atau yang ainnya seperti perbandingan logika, maka unit kontrol itu akan mengirim instruksi ke sistem ALU. Hasilnya dari pengolahan data tersebut dibawa oleh unit kendali kepada memori utama agar disimpan, hingga waktu akan disajikan ke pada alat output.

Maka, dengan demikian tugas dari unit kendali tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Mengontrol serta mengatur pada alat input (masukan) dan pada alat output (keluaran).
  2. Menerima sebuah instruksi dari pada memori utama.
  3. Menerima data yang berasal dari memori utama (apabila diperlukan) agar diproses.
  4. Mengirimkan sebuah instruksi ke ALU apabila terdapat perhitungan aritmatika dan juga perbandingan logika, kemudian mengawasi kerja dari sistem ALU.
  5. Menyimpannya hasil dari proses kedalam memori utamanya.
Baca Juga :   Contoh Teks Ulasan

Register

Pengertian dari register ialah sebuah perangkat penyimpanan kecil yang mempunyai sebuah akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang bisa di pakai untuk menyimpan beberapa data dan beberpa instruksi yang sedang di kerjakan. Pada memori ini akan bersifat sementara, dan biasanya dipakai untuk menyimpan sebuah data pada saat diolah ataupun pada data yang untuk diproses lebih lanjut.

Register ini dapat di analogikan sebagai memori yang ada di dalam otak pada saat kita akan melakukan pengolahan secara manual. Sedangkan CPU dapat di ibaratkan sebagai otak tersebut.

Unit ALU

Sistem unit ALU ini berfungsi untuk melakukan sebuah operasi aritmetika dan juga operasi logika berdasarkan instruksi yang telah ditentukan. ALU ini juga sering disebuts dengan bahasa mesin disebabkan pada bagian ini terdapat dua bagian, yaitu : bagian arithmetika satuan dan bagian boolean unit logika, yang mana dari masing – masing mempunyai spesifikasi pekerjaan tersendiri.

ALU memiliki tugas untuk melakukan semua perhitungan tentang aritmatika yang terjadi sesuai dari perintah program. ALU ini akan melakukan semua operasi aritmatika dengan berdasar penjumlahan sehingga pada sirkuit elektronik yang digunakan tersebut di namakan Adder.

Ada tugas yang lain dari ALU ini ialah untuk membuat sebuah keputusan dari pada operasi logika sesuai dengan perintah suatu program. Pada operasi logika tersebut yang meliputi suatu perbandingan dua operand dengan memakai sebuah operator logika tertentu,yakni seperti : sama dengan (=), kurang dari (<), tidak sama dengan (¹), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lainnya.

CPU Interconnections

CPU Interconnections ini ialah sebuah sistem koneksi dan bus yang mana dapat menghubungkan suatu komponen internal CPU, yakni : ALU, unit kontrol dan juga unit register-register serta juga dengan bus-bus eksternal CPU yang bisa menghubungkan dengan system yang lainnya. Contohnya seperti : piranti masukkan atau keluaran dan memori utama.

Bagian-Bagian dari CPU

Mari kita perhatikan gambar di bawah berikut ini :

Setelah kita perhatikan gambar di atas, selanjutnya mari kita simak penjelasannya dibawah berikut ini!

Baca Juga :   Surat Al Fiil Beserta Artinya

Casing

Casing ialah suatu bagian paling luar yang ada dari PC yang mana sering disebut dengan CPU ini. Fungsi dari casing ini adalah sebagai penutup, pelindung dan tempat dudukan suatu komponen lain serta berfungsi untuk menghalau kotoran yang mungkin bisa masuk dan menempel pada komponen – komponen CPU tersebut.

Processor

Processor adalah ibarat otak atau pusat pemrosesan pada komputer. Kecepatan pemrosesan dalam komputer tergantung pada tipe processor tersebut.

Motherboard

Motherboard adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai tempat dudukan atau papan sirkuit tempat dimana komponen elektronik akan di tempatkan.

Fungsi yang paling utama pada motherbiard ini adalah untuk menghubungkan tiap – tiap komponen kepada komponen lainnya supaya bisa saling berkomunikasi dan bertukar data dengan komponen lainnya.

RAM

Pengertian RAM atau Random Access Memory adalah sebuah memori utama pada komputer yang berfungsi untuk sebagai tempat penyimpanan sebuah data yang sudah diproses oleh processor ayng sebelum dilanjutkan kepada bagian lain yang membutuhkannya. Oleh karena itu RAM juga sering biasa disebut sebagai memori penyimpanan data untuk sementara.

Harddisk

Harddisk memiliki fungsi sebagai suatu tempat penyimpanan data secara konvensional yang mana umum untuk digunakan. Pada umumnya harddisk pada saat ini mempunyai sebuah kapasitas penyimpanan yang cukup sangat besar, yaitu mulai dari ratusan GB hingga mencapai tingkat TB. Contohnya seperti : data yang disimpan di dalam harddisk adalah seperti : lagu, foto, video, gambar, dokumen dan lain sebagainya termsuk aplikasi.

VGA Card

Istilah VGA (Video Graphic Editor) Card ialah sebuah komponen yang memiliki suatu fungsi untuk mengolah data berbentuk grafis yang akan di tampilkan pada monitor. VGA Card ini ialah salah satu dari beberapa komponen penting pada saat menjalankan suatu aplikasi dan menampilkan grafis di monitor. Contohnya seperti : video, game, dan lain – lain.

Sound Card

Sound Card atau kartu suara memiliki fungsi untuk mengolah suatu data berupa audio atau suara yang berasal dari perangkat ke perangkat keras yang terkaitcontohnya seperti pada : mic dan speaker.

Optical Disk Drive

Optical Disk Drive atau biasa lebih sering disebut dengan nama CD/DVD Room adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai alat pembaca dan menulis pada sebuah piringan kaset CD / DVD.

9. Power Supply

Komponen Power Supply berfungsi agar untuk meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke pada tiap komponen komputer supaya bisa beroperasi.

Fungsi dari CPU

Cpu berfungsi sebagai pengolah suatu data operasi arimatika dan logika dalam sebuah data yang di dapat dari sebuah memori ataupun dari sebuah informasi yang di masukkan lewat beberapa perangkat keras misalnya : mic, keyboard, scanner, mouse dan tuas control.

Baca Juga :   Percakapan Bahasa Arab Tentang Kesehatan

Cpu ini adapat di berikan intruksi melalui sebuah perangakt lunak pada komputer.

Cara Kerja dari CPU

Pada saat data atau instruksi telah dimasukkan ke dalam processing-perangkat, pertama kali yang akan ditempatkan adalah pada MAA yaitu melalui input storage. Apabila dalam bentuk instruksi telah disimpan oleh Control Unit pada Program storage namun data yang di simpan masih dalam dalam Working storage.

Kemudian apabila register telah siap untuk menerima pelaksanaan suatu pekerjaan, maka Control Unit tersebut akan mengambil sebuah instruksi dari Program storage untuk kemudian ditampungkan ke dalam Instruction Register, sedangkan pada alamat memori yang telah berisi instruksi yang disimpan didalam program counter. Sedangkan sebuah datayang diambil oleh Control Unit Kerjastorage untuk kemudian ditampung pada register tujuan umum atau dalam hal ini di Operand daftar.

Apabila pengerjaan yang dilaksanakan oleh instruksi dalam aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih sebuah operasi yang harus dikerjakan berdasarkan pada set instruksi. Lalu hasilnya akan disimpan dalam sebuah akumulator. Apabila hasil pengolahan tersebut telah selesai, maka Control Unit yang akan mengambil hasil dari pengolahan pada akumulator untuk ditampung kembali ke dalam Working storage.

Kemudian apabila pembangunan secara keseluruhan sudah selesai, maka Control Unit tersebut akan mengambil pengolahan Kerja penyimpanan untuk kemudian ditampung kedalam Output storage. Dan kemudian nanti output storage, hasil pengolahannya akan ditampilkan ke dalam perangkat output terakhir.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Komponen CPU. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :