Lompat Jauh

Posted on

Lompat Jauh – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Lompat Jauh yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Daftar Isi Artikel :

Apa Itu Lompat Jauh ?

Lompat Jauh Ialah Salah satu bentuk melompat dan menaikkan kaki di atas depan untuk tetap fokus selama mungkin di udara. Ini terjadi dengan cepat dan dengan mendorong satu kaki untuk mencapai jarak sebanyak mungkin. Istilah lompat jauh disebut dalam bahasa Inggris sebagai lompat jauh.

Gerakan lompat jauh adalah salah satu perkembangan dari kemampuan gaya gerak dari satu tempat ke tempat lain. Dalam lompat jauh, ada juga 3 jenis gaya, yaitu: gaya lompat jauh jongkok atau (tuck), kemiringan gaya lompat jauh atau (style hang) dan gaya lompat jauh berjalan di udara atau (berjalan di udara).

Konsep dan juga gaya lompat jauh mengatur postur saat melayang di udara. Teknik lompat jauh karena itu sering disebut sebagai gaya lompat jauh.

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh selama 13 abad. Olahraga ini ada sejak 708 AD, ketika ada Olimpiade kuno di Yunani. Long Jump juga satu-satunya acara olahraga musim semi yang diadakan di Olimpiade Kuno. Menurut catatan saat itu, lompat jauh dilakukan oleh peserta Sparta dengan lompatan hingga 7,05 meter.

Awalnya, semua acara di Olimpiade Kuno harus menjadi bentuk pelatihan perang militer. Diyakini bahwa kemunculan olahraga ini merupakan latihan bagi kelincahan para pejuang untuk melompati berbagai rintangan seperti parit atau jurang.

Pada saat itu, teknik dan jenis lompat jauh sangat berbeda dari yang saat ini digunakan. Dibuat dalam bentuk jamak di zaman kuno. Pada saat ini Springer hanya dapat menggunakan start pendek. Selain itu, pelompat juga harus berlari saat membawa beban di kedua tangan, yang juga disebut sebagai halter dengan berat antara 1 dan 4,5 kg.

Baca Juga :   Mengetahui Pengertian, Dasar Hukum, Tugas Dan Fungsi Perwakilan Diplomatik Terlengkap

Setelah bukti dalam bentuk lukisan lama, dalam bentuk tembikar, yang diproduksi pada waktu itu, teknik lompat dilakukan berkali-kali, seperti halnya dengan lompatan ganda, rangkap tiga atau rangkap tiga.

Secara historis, atlet Olimpiade kuno paling populer, Chionis, telah berhasil melompat lebih dari 5 kaki (7 meter) dengan 656 jet Olimpiade. Sekarang lompatan panjang sejak penampilan pertama balapan ini pada tahun 1896 telah menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade. 1914 akhirnya dengan nama Dr. Harry Eaton Stewart merekomendasikan agar lompat jauh standar dibuat untuk atlet wanita sehingga mereka juga dapat melewati kompetisi lompat jauh ini. Akhirnya, rekomendasi diperhitungkan dan diterapkan. Begitu juga atlet dapat berpartisipasi dalam lompat jauh di tingkat Olimpiade.

Meskipun olahraga ini adalah bagian dari Olimpiade kuno, itu tidak sampai 1896, ketika Olimpiade modern pertama, olahraga lompat jauh, secara resmi diperebutkan, sedangkan untuk wanita itu tidak sampai 1948.

Teknik Dari Lompat Jauh

Teknik Dari Lompat Jauh

Ada empat jenis teknik lompat jauh:

Awalan (pendekatan).
Awalan adalah gerakan dalam lompat jauh, di mana, sebelum upaya tolak, dijalankan secepat mungkin untuk mencapai kecepatan tertinggi. Awalan juga dapat diartikan sebagai upaya untuk mendapatkan kecepatan horizontal tertinggi sehingga dikonversi menjadi kecepatan vertikal pada tolakan (Drs. Eddy Suparman, 1999).

Penolakannya.
Tolak adalah pergeseran kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal yang sangat cepat dan kuat untuk mengangkat tubuh dan melayang di udara (1998: 45). Untuk olahraga lompat jauh, tolakan terkuat biasanya dicapai dengan kaki, yang didukung dengan mengayunkan kaki dan mengayunkan kedua tangan ke depan dan ke atas.

Jika pelompat dapat menggabungkan kecepatan awal dan kekuatan tolakan kaki, ia membawa beban seluruh tubuh diarahkan ke depan dan ke atas mengambang di udara. Sehingga pelompat dapat mengangkat pusat gravitasi dan melayang di udara untuk waktu yang lama.

Baca Juga :   Letak Astronomis Indonesia

Beberapa hal berikut harus diperhatikan jika Anda menjijikkan:

  • Penolakan dilakukan dengan kaki yang kuat. Sementara tumit adalah bagian terkuat dari kaki tempat ia bersandar, ia berakhir terlebih dahulu di ujung kaki.
  • Ketika Anda pergi, postur agak miring ke belakang
  • Sisanya harus tepat di alas
  • Saat istirahat maka kedua lengan harus diayunkan ke atas ke depan.
  • Dengan lutut ditekuk, angkat kaki ke depan di bagian melengkung ke pinggang.

Postur di udara (penerbangan).
Menurut pendapatnya (Drs. Eddy Suparman, 1995), ia berspesialisasi dalam squat untuk melakukan bodywork ketika kaki kiri ada di udara. Dengan cara ini, kaki kanan diputar ke depan dengan sangat cepat. Ketika mencapai titik tertinggi, postur dan kaki seperti duduk atau jongkok. Setelah bergerak ke bawah, kaki harus direntangkan ke depan, lalu perhatian harus diarahkan ke lokasi pendaratan.

Bagaimana saya melakukannya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada saat bersamaan penolakan, maka kaki diayunkan ke depan ke atas.
  • Saat tubuh meledak, kaki diturunkan. Pada saat yang sama, pinggul harus didorong ke depan, maka kepala harus dimiringkan dan dada harus ditiup keluar dan kedua tangan harus ditarik ke atas.
  • Untuk mendarat, kaki Anda harus diayunkan ke depan, dan kemudian posisi tubuh diturunkan, dengan kepala ditundukkan, untuk mendarat.

Mendarat (landing).
Pendaratan adalah tahap akhir dari gerakan lompat jauh. Berdasarkan pendapat (Drs. Eddy Suparman, 1999) berbagai hal harus diperhitungkan, termasuk:

  • Harus disadarkan agar gerakan yang tidak perlu dihindari.
  • Untuk menghindari rasa sakit atau cedera saat mendarat, gunakan kaki Anda sejajar dengan tumit sebelum mendarat di pasir yang posisinya terperangkap.
  • Tetapi sebelum tumit kaki Anda menyentuh pasir, kedua kaki harus direntangkan ke depan / diregangkan. Usahakan untuk tidak menjaga jarak antar kaki terlalu jauh. Karena semakin besar jarak antara kedua kaki, semakin jauh jaraknya.
  • Untuk menghindari duduk terlalu jauh di pantat, lebih baik jika tumit berada di pasir, maka kedua lutut harus ditekuk, dengan tubuh masih bersandar jauh ke depan.
  • Jangan keluar setelah pendaratan dan jangan kembali ke posisi awal ketika Anda melangkah ke area pendaratan di podium.
  • Dengan teknik ini, para atlet juga harus berusaha mendarat sebaik mungkin. Hindari jatuh kembali ke tubuh atau lengan Anda. Pendaratan di tangki lompat dimulai pada posisi tumit dan kaki cukup kencang.
  • Gerakan saat mendarat juga harus dilakukan dengan kedua kaki. Saat mendarat, pastikan kedua kaki mendarat pada saat yang sama, diikuti dengan pakan panggul. Dengan cara ini, tubuh tidak akan jatuh kembali sehingga bisa mematikan.
Baca Juga :   Sumber Daya Alam

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Lompat Jauh. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Lompat Jauh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar